me

Resep Coto Makassar, Kuahnya Segar Bikin Nagih!

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia resep coto Makassar lengkap untukmu!

Panas-panas memang cocok banget untuk makan makanan berkuah, salah satunya adalah coto Makassar. Makanan yang satu ini terdiri dari bumbu rempah yang kental dan juga campuran daging maupun jeroan sapi untuk isiannya. Penyajiannya didampingi dengan nasi putih hangat tau buras dan sambal cabai rawit sehingga membuat rasa dan aromanya makin menggugah selera. 

Baca juga: Makanan Praktis yang Jadi Andalan Pas Telat Sahur

Selain beli, kamu juga bisa menyiapkan coto Makassar dengan memperhatikan takaran dan cara pembuatan yang tepat. Untuk lebih jelasnya jangan lupa cek resep coto Makassar di bawah ini!


Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Air (secukupnya)
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • ½ sdm garam halus
  • ½ liter air cucian beras
  • 150 gram kacang sangrai (haluskan)
  • 400 gram daging sapi 

Bumbu Halus

  • ¼ sdt jintan halus
  • 1 sdt merica bubuk
  • ¼ sdm ketumbar halus
  • 3 butir kemiri (sangrai/goreng dulu)
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 3 batang serai (ambil bagian putihnya saja dan geprek)
  • 14 biji bawang merah
  • 9 siung bawang putih

Bahan Pelengkap

  • Buras/ketupat/nasi hangat (secukupnya)
  • Sambal cabai rawit (secukupnya)
  • Jeruk nipis (secukupnya)
  • Bawang goreng (secukupnya)
  • Daun seledri (potong kecil-kecil secukupnya)
  • Daun bawang (potong kecil-kecil secukupnya)

Alat-alat yang Diperlukan

  • Pisau
  • Talenan daging
  • Talenan sayuran
  • Panci
  • Teflon
  • Spatula
  • Mangkok besar untuk wadah

Cara dan Tip Membuat Coto Makasar

Cara Membuat Coto Makassar 

  1. Cuci bersih daging dan hilangkan bagian kolot (bagian alot) untuk mempermudah proses memasaknya. Marinasi sebentar dengan jeruk nipis dan lada agar aroma amisnya nggak terlalu berasa. 
  2. Siapkan panci untuk merebus daging menggunakan air secukupnya sampai empuk. Kemudian tiriskan dan angkat. Selanjutnya kamu bisa memotongnya dalam bentuk dadu agar lebih mudah untuk dimakan. 
  3. Sisa air rebusan jangan dibuang, kamu bisa menyisihkan separuhnya untuk kaldu agar lebih gurih. Setelah itu, masukkan air beras ke dalam sisa air kaldu daging dan rebus sampai mendidih. 
  4. Di kompor lain, siapkan teflon untuk menumis bumbu halus sampai aromanya wangi tercium. Jika sudah layu bumbunya kamu bisa memasukkan kacang yang telah dihaluskan ke dalamnya. Aduk kembali semua tumisan jangan sampai ada yang menggumpal. 
  5. Jika sudah matang tumisannya, kamu bisa memindahkan tumisan ke dalam panci yang berisikan kaldu dan air beras. Aduk semuanya sampai rata dan biarkan mendidih. 
  6. Koreksi rasa dengan menambahkan garam, merica, penyedap rasa dan gula (jika dibutuhkan). Kamu bisa memilih penyedap rasa apa saja (kaldu sapi, ayam maupun jamur).
  7. Jika sudah benar-benar sesuai selera dan mendidih kamu bisa mematikan kompor. 
  8. Siapkan mangkok saji, berikan bawang goreng, daun bawang, daun seledri dan beberapa daging untuk ditata. Barulah kamu bisa mengguyurnya dengan kuah coto Makassar yang tadi. 
  9. Hidangkan bersama buras/ketupat/nasi putih hangat dan sambal cabai rawit untuk rasa yang lebih enak. Berikan kucuran jeruk nipis sedikit untuk menambah sensasi segar pada coto Makassar milikmu. 

Tips Membuat Coto Makassar

Untuk mendapatkan rasa coto Makassar yang lebih mantab kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut!

Pilih Bagian Daging Sapi Bagian Perut

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan untuk membuat coto Makassar adalah mengenai daging sapi yang digunakan. Ternyata meskipun sama-sama daging sapi namun jika salah memilih bakalan bikin rasa coto kurang enak. Untuk memasak coto biasanya menggunakan bagian daging perut karena tekstur dagingnya kenyal namun mudah empuk. 

Selain itu, daging bagian perut sapi cenderung banyak lemaknya sehingga gurih banget ketika digunakan untuk kaldu kuah. Jadi, selain memperhatikan kesegaran daging yang dibeli kalau bisa kamu juga memilih daging bagian perut. 

Marinasi Daging

Beberapa orang lupa kalau daging sapi bakalan berbau amis kalau langsung direbus dengan air apalagi jika airnya dipakai untuk kaldu coto. Untuk menghindari hal tersebut jangan lupa marinasi daging terlebih dahulu sekitar 1 jam sebelum direbus. Bahan marinasi yang dipakai juga nggak berlebihan hanya butuh jeruk nipis, garam dan lada. 

Lumuri semua bagian daging dengan bahan marinasi sampai merata serta remas-remas agar masuk ke dalam pori-pori dagingnya. Kamu nggak perlu khawatir karena proses marinasi ini nggak bakalan mengubah rasa daging, justru akan membuatnya makin gurih dan mudah empuk. 

Pakai Panci Presto

Bagaimana cara untuk mendapatkan daging yang cepat empuk tanpa perlu merebus terlalu lama? Kamu bisa mengatasinya dengan panci presto. Panci ini memang dirancang untuk memberikan proses perebusan lebih cepat sehingga daging bisa cepat lunak. Kalau kamu punya panci ini silahkan dipakai karena bisa menghemat waktu. 

Iris Daging Melawan Seratnya

Lebih mudah mengiris daging memang setelah dalam kondisi matang agar nggak alot dan hasilnya rapi. Hanya saja beberapa orang masih merasa kesulitan untuk melakukannya, hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah arah mengirisnya. Usahakan untuk mengiris daging dengan arah melawan seratnya. 

Serat daging ini memang sangat alot sehingga akan mempersulitmu untuk membentuk potongan dadu yang sempurna. 

Perhatikan Besar Kecilnya Kompor

Tips penting kelima yang perlu kamu tahu adalah ketika memasak coto Makassar selalu perhatikan besar kecilnya nyala api kompor yang digunakan. Ketika merebus daging pastikan api dalam kondisi sedang untuk mendapatkan kematangan lebih merata sebelum airnya surut. Kemudian untuk menumis bumbu gunakan api yang kecil biar nggak mudah gosong.

Begitupula ketika merebus kuah coto Makassar pastikan menggunakan api yang kecil untuk mendapatkan kematangan yang sempurna. Menggunakan api besar bakalan merusak rasa kuah dan membuatnya lebih cepat kental.

Rebus Bawang Daun dan Seledri 

Untuk mendapatkan rasa lebih sedap dan otentik nyatanya kamu nggak cukup hanya dengan menaburkannya pada penyajian. Di akhir proses ketika kuah sudah mulai mendidih kamu bisa menaburkan daun bawang dan seledri di atas kuahnya. Sehingga daun nggak bakalan cepat layu namun aromanya bakalan keluar banget. 

Daun bawang dan seledri ini penting banget untuk dicuci terlebih dahulu biar lebih bersih dari sisa tanah maupun ulat yang menempel di dalamnya. Kupas dan potong bagian ujung bawang daun dan seledri kemudian cuci bersih di air yang mengalir. Barulah kamu bisa memotongnya kecil-kecil lembut biar lebih mudah dimakan. 

Sajikan Coto dalam Keadaan Panas

Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat kamu perlu menyajikan coto Makassar ini dalam keadaan panas. Sehingga sebelum dikonsumsi lebih baik dipanaskan terlebih dahulu untuk menghindari rasa amis maupun kaldu yang menggumpal di atas kuahnya. Kuah yang panas akan membuat daging kembali terasa juicy ketika dimakan.  


Baca juga: Ide Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Kamu tertarik untuk membuat coto Makassar yang enak? Jangan lupa untuk beli semua bahan dan kebutuhan alatnya di supermarket online Blibli saja. Pilihannya lengkap dan harganya terjangkau banget sehingga kamu juga bisa lebih hemat. Pasti untung belanja di Bliblimart!