me

Resep Es Lumut Nutrijel, Manis-Manis Seger!

Apr 23, 2024.By
Bagikan

kuyou.id
Mumpung akhir pekan, yuk cobain resep es lumut Nutrijel di bawah ini.

Beberapa waktu yang lalu, sempat viral di media sosial minuman segar yang manis dan murah meriah. Namanya adalah Es Lumut Nutrijel. Saking viralnya, banyak banget lho, yang menjual minuman ini di pinggir jalan dengan harga yang super murah hanya 5 ribuan aja per gelasnya. Walaupun beli emang praktis, tapi bikin sendiri di rumah bisa lebih sesuai dengan selera.

Mumpung akhir pekan nih, nggak ada salahnya kamu mencoba resep Es Lumut Nutrijel yang lagi banyak disuka. Apalagi di musim kemarau begini yang mataharinya terik banget kalau siang. Es Lumut Nutrijel bisa menjadi pelega dahaga sekaligus penambah tenaga karena rasanya yang manis. Nggak usah berlama-lama, berikut adalah resepnya. Simak baik-baik, ya. 

Baca juga: 39 Ide Menu Buka Puasa yang Wajib Kamu Coba (Updated 2024)


Tentang Es Lumut Nutrijell

Tentang Es Lumut Nutrijell
sukabumiupdate.com

Kamu tahu nggak sih, kenapa ada kata “lumut” dalam Es Lumut Nutrijel? Tenang, nggak pakai campuran lumut, kok. Namanya demikian karena Es Lumut Nutrijel berwarna hijau yang berasal baik dari pewarna makanan atau daun pandan. Visual yang menarik seperti ini bukan hanya menyegarkan mata namun juga bikin nggak sabar buat mencicipi. 

Kalau ditanya lebih baik menggunakan daun pandan atau pewarna makanan buat memberikan nuansa kehijauan pada Es Lumut Nutrijel, jawabannya tergantung kebutuhanmu. Menggunakan daun pandan bisa memberi aroma yang lebih harum dan warna alami, tapi persiapannya emang ribet karena harus mencari daun pandan dulu kemudian mengekstraknya supaya warna hijaunya keluar.

Kalau menggunakan pewarna makanan tentunya jauh lebih simpel. Sayangnya, aroma wangi pandannya pasti nggak ada. Tenang, kedua opsi ini sama-sama bagus kok, sebenarnya. Baik menggunakan daun pandan atau pewarna makanan semua oke dan nggak akan banyak memengaruhi rasa selama kamu membuat Es Lumut Nutrijel dengan resep yang benar.

Resep Es Lumut Nutrijel

Resep Es Lumut Nutrijell
fimela.com

Salah satu alasan Es Lumut Nutrijel goes viral adalah cara pembuatannya yang super mudah dan bahannya yang juga super murah. Makanya, langsung aja siapkan alat dan bahan di bawah ini kemudian ikutan cara pembuatannya. Jangan lupa siapkan gelas saji yang cantik ya, biar penampilannya makin menarik!

Alat yang Dibutuhkan

  • Mixing bowl ukuran besar
  • Panci 
  • Sendok sayur untuk mengaduk adonan
  • Gelas saji

Bahan-Bahan

  • 1 bungkus Nutrijell rasa melon
  • 700 ml air matang
  • 100 gr gula 
  • 200 ml susu cair full cream
  • Kental manis putih, secukupnya
  • Pewarna makanan hijau atau sari daun pandan dari 30 lembar daun pandan
  • 1 buah es batu (bukan ice cube), jangan diserut atau dihancurkan

Cara Membuat

Seperti yang kamu lihat di atas, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Lumut Nutrijel nggak ribet dan murah, kan? Bahkan sebagian besar pasti udah tersedia di dapur jadi tinggal pakai aja. Nah, di bawah ini adalah langkah pembuatannya. Ikuti dengan seksama supaya Es Lumut Nutrijel sukses besar!

  1. Siapkan panci, lalu masukkan sebungkus Nutrijell rasa melon, gula pasir, serta air ke dalamnya
  2. Letakkan panci di atas kompor, nyalakan api sedang
  3. Aduk –aduk sampai semua bahan tercampur
  4. Beri beberapa tetes pewarna makanan hingga mencapai kepekatan warna hijau yang diinginkan. Kamu juga bisa mengganti pewarna makanan dengan perasan daun pandan
  5. Aduk-aduk terus hingga semua bahan larut, tercampur dan adonan matang. Biarkan mendidih
  6. Matikan kompor
  7. Siapkan mixing bowl ukuran besar dan masukkan bongkahan es batu ke dalamnya
  8. Siramkan adonan Nutrijell melon ke es batu secara berulang-ulang sampai adonan berubah tekstur lebih keras dan nampak seperti potongan lumut yang tipis
  9. Kalau udah tampak seperti potongan lumut, aduk-aduk es lumut supaya adonan Nutrijell tadi tidak menggumpal menjadi satu.
  10. Tambahkan susu cair full cream ke dalam mixing bowl
  11. Tambahkan juga kental manis putih sesuai selera
  12. Dengan sendok sayur, ambil Es Lumut Nutrijel dan tuangkan dalam gelas saji
  13. Es Lumut Nutrijel siap disantap dingin

Mengingat pembuatan Es Lumut Nutrijel udah menggunakan es batu, ketika menyajikannya kamu nggak perlu menambahkan ice cube lagi karena pasti udah dingin banget. Lagi pula, menambahkan es batu lagi dalam gelas saji akan membuat rasa manisnya jadi nggak terasa. Es Lumut Nutrijel paling nikmat disantap siang hari saat matahari sedang terik. Segarnya bikin nagih!

Tips Anti gagal Membuat Es Lumut Nutrijell

Tips Antigagal Membuat Es Lumut Nutrijell
cirebonnetwork.com

Kendati langkahnya mudah, bukan nggak mungkin terjadi kegagalan saat membuat Es Lumut Nutrijel. Pasalnya, ada banyak hal yang memengaruhi keberhasilanmu baik dari segi konsentrasi adonan es lumut hingga teksturnya ketika disajikan nanti. Supaya percobaan pertamamu sukses besar, jangan lupa lakukan tips berikut ini.

Pakai air secukupnya

Tips pertama yang membuat adonan es lumut memiliki konsentrasi yang pas, nggak terlalu kental ataupun cair adalah air yang cukup. Seringkali penggunaan air ini diremehkan. Padahal, terlalu sedikit atau terlalu banyak sama-sama bikin adonan nggak sesuai harapan. Daripada menggunakan perkiraan, lebih baik kamu mengikuti yang tertulis di resep yaitu 700 ml.

Emang kenapa sih, kalau adonan es lumut terlalu encer atau kental? Kalau terlalu encer, nantinya ketika dituang ke atas es, adonan nggak bisa membentuk “lumut” karena kelewat lembut. Jadinya akan seperti serpihan lumut hancur begitu. Sedangkan jika terlalu kental, “lumut” yang terbentuk akan menjadi potongan besar dan nggak cantik lagi.

Gunakan api sedang

Tips kedua adalah gunakan api sedang ketika memasak adonan. Hindari penggunaan api besar selama proses ini. Walaupun membuat adonan cepat masak atau mendidih, namun kemungkinan gosong atau mengerak di dasar panci jadi lebih besar. Selain memengaruhi rasa, gosong seperti ini juga akan membuat warna hijaunya nggak cantik lagi.

Aduk-aduk selama memasak adonan

Selanjutnya, setelah memerhatikan besar api yang digunakan, pastikan kamu juga selalu mengaduk adonan selama berada di atas kompor. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggumpalan dan juga pengendapan adonan di dasar panci. Selain itu, mengaduk-aduk juga membuat gula cepat larut dan semua bahan tercampur dengan sempurna.

Pakai bongkahan es batu

Kamu tahu nggak fungsi bongkahan es batu pada pembuatan Es Lumut Nutrijell? Fungsinya adalah untuk memecah adonan es lumut sehingga bisa membentuk potongan yang kecil-kecil dan halus. Hasil seperti ini nggak bisa kamu dapatkan kalau menggunakan es yang udah dihancurkan atau diserut.


Baca juga: Resep Makanan Sehat yang Mudah dan Praktis

Bikin Es Lumut Nutrijell itu gampang banget. Makanya, nggak perlu nunggu nanti buat bikin. Dapatkan semua bahannya termasuk Nutrijel melon di Blibli yang menjamin pengiriman tercepat. Dengan banyak metode pembayaran, kamu bisa menyelesaikan pemesanan dengan mudah. Buruan belanja sekarang, mumpung lagi banyak diskonnya juga!

Tag: