me

Makanan Khas Jepang Tapi Bebas Alkohol, Coba Resep Daging Sapi Teriyaki Ini!

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Coba resep daging sapi teriyaki non-alkohol di bawah inI!

Resep Daging Sapi — Indonesia memiliki banyak hidangan lauk pauk yang terbuat dari daging sapi. Ada rendang yang merupakan hidangan daging sapi yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Ada juga satu atau hidangan daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk pada tusuk sate, lalu dipanggang atau dibakar. Lalu, ada rawon yang dimasak dalam kuah yang diwarnai dengan rempah-rempah seperti kluwek. 

Dalam kreasi olahan daging sapi, ada juga menu yang namanya daging sapi teriyaki yang merupakan percampuran daging dengan bumbu khas Jepang. Makan ini telah populer di Indonesia semenjak banyak restoran Jepang yang beroperasi di sini. Rasanya juga enak sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia. Mau tau cara buatnya? Yuk intip resep dan tips membuat daging sapi teriyaki di bawah ini!

Baca juga: Intip Yuk, Resep Cake Coklat untuk Melengkapi Harimu


Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat daging sapi teriyaki:

  • 500 gram daging sapi sirloin (atau jenis daging sapi lainnya yang bisa digunakan untuk steak)
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok kecap inggris
  • 3 sendok saus tiram
  • Secukupnya saus teriyaki instan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 cm jahe, parut halus
  • 1 sendok makan minyak sayur (atau minyak wijen untuk rasa yang lebih kaya)
  • 2 Sendok larutan tepung maizena

Selain itu, Kamu juga membutuhkan bahan tambahan seperti nasi putih, sayuran segar (seperti wortel, kacang polong, atau brokoli), dan bahan pelengkap seperti wijen sangrai atau bawang bombay goreng untuk menyajikan daging sapi teriyaki.

Alat-Alat yang Diperlukan

Untuk membuat daging sapi teriyaki, kamu akan memerlukan beberapa alat dapur dasar seperti:

  • Pisau Dapur tajam
  • Mangkuk Besar
  • Wajan anti lengket
  • Spatula
  • Sendok
  • Pengaduk plastik
  • Garpu
  • Gelas Ukur
  • Cangkir
  • Sendok Nasi
  • Piring dan Mangkuk
  • Kompor gas

Cara Membuat Daging Sapi Teriyaki

Daging sapi teriyaki adalah hidangan Jepang yang terdiri dari daging sapi yang telah dimarinasi dalam campuran kecap manis, saus teriyaki, dan gula, kemudian dipanggang atau digoreng dan dilumuri dengan saus teriyaki yang kental dan manis. Berikut ini langkah-langkah membuat daging sapi teriyaki yang lezat:

  1. Campurkan kecap manis, saus teriyaki instan, kecap inggris, saus tiram, gula, bawang putih, dan jahe dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga gula larut.
  2. Tambahkan daging sapi yang telah diiris tipis ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata. 
  3. Biarkan daging sapi direndam dalam marinade selama minimal 30 menit (atau hingga semalaman untuk hasil yang lebih maksimal).
  4. Panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng. 
  5. Setelah minyak panas, masukkan daging sapi dan marinade ke dalam wajan. 
  6. Goreng daging sapi hingga matang dan permukaannya kecoklatan, sambil sesekali dibalik dan diaduk-aduk selama sekitar 5-7 menit.
  7. Tambahkan larutan tepung jagung dan air (maizena) ke dalam wajan dan aduk hingga merata. Masak selama 1-2 menit lagi atau hingga saus teriyaki mengental.
  8. Angkat daging sapi teriyaki dari wajan dan letakkan di atas piring. Siramkan saus teriyaki di atas daging sapi. Sajikan dengan nasi dan sayuran jika diinginkan.

Tips Membuat Daging Sapi Teriyaki Enak dan Legit

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu membuat daging sapi teriyaki anti gagal dan lezat:

Gunakan daging sapi yang baik kualitasnya

Pilihlah daging sapi yang segar dan berkualitas baik, daging sapi yang berkualitas biasanya memiliki warna merah muda atau merah tua. Warna ini menunjukkan bahwa daging segar dan mengandung cukup oksigen. Hindari memilih daging sapi yang memiliki warna keabu-abuan atau kecoklatan karena kemungkinan besar sudah tidak segar lagi.

Lemak pada daging sapi seharusnya berwarna putih dan merata di seluruh daging. Hindari memilih daging sapi yang terlalu banyak mengandung lemak berwarna kuning atau memiliki lemak yang terkumpul di satu bagian saja. Daging yang bagus akan membuat hidangan teriyaki kamu lebih lezat.

Pastikan untuk membeli daging sapi dari sumber yang terpercaya dan terjamin keamanannya. Banyak toko daging atau pasar tradisional yang menyediakan daging sapi yang berasal dari peternakan lokal. Sebaiknya pilih daging sapi dari sumber yang terjamin kualitas dan keamanannya.

Iris daging tipis

Potong daging sapi tipis-tipis agar lebih mudah menyerap rasa marinade dan cepat dimasak. Dengan mengiris daging tipis, maka daging akan lebih cepat matang saat dipanggang. Hal ini akan menghemat waktu memasak dan menghindari daging terlalu kering.

Dengan mengiris daging tipis, maka permukaan daging yang terpapar marinade akan lebih luas sehingga rasa marinade lebih meresap ke dalam daging. Selain itu, dengan mengiris tipis, daging akan lebih mudah menyerap rasa bumbu dan meresap ke dalam daging, sehingga rasa daging teriyaki akan lebih kaya.

Daging yang diiris tipis akan lebih mudah dipotong dan dikunyah, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut saat dimakan. Hal ini berbeda dengan daging yang diiris tebal, yang cenderung lebih sulit dikunyah dan memiliki tekstur yang keras.

Rendam daging sapi dalam marinade minimal selama 30 menit

Marinasi membantu meresapkan rasa pada daging sapi. Biarkan daging sapi merendam dalam marinade selama minimal 30 menit untuk hasil yang lebih baik. Marinasi membantu meresapkan bumbu dan cairan ke dalam daging. Selama 30 menit, bumbu dan cairan akan meresap ke dalam serat daging dan menghasilkan rasa yang lebih merata.

Dalam proses memasak, daging bisa kehilangan banyak cairan dan mengakibatkan kekeringan. Marinasi dapat membantu mengurangi kekeringan ini dengan menjaga kelembaban daging selama proses memasak. 

Daging sapi yang keras dan berlemak bisa sulit dimasak dan kurang enak saat dimakan. Marinasi dengan waktu yang cukup dapat membantu melunakkan serat daging, sehingga membuat daging lebih mudah dimasak dan lebih enak dimakan.


Baca juga: Resep Minuman Viral Ala Anak TikTok yang Bisa Kamu Coba

Itu tadi langkah-langkah dan tips membuat daging sapi teriyaki enak dan legit. Coba di rumah untuk makan siang atau bekalmu ke kantor dan sekolah. Jangan lupa masak untuk orang rumah juga biar mereka merasakan kelezatan dari daging sapi teriyaki yang kamu buat. Pastikan mengikuti resep daging sapi dan tips di atas biar masakanmu ga gagal ya!

Kalau kamu masih kekurangan bahan di dapur, lengkapi di supermarket online Blibli aja! Di supermarket tersebut tersedia banyak produk daging sapi segar dan bumbu dapur berkualitas. Semua produk dipastikan layak jual dengan harga paling bersahabat. So, tunggu apa lagi? Pesan bahan daging sapi teriyaki hanya di supermarket online Blibli! Pasti untung belanja di Bliblimart.