me

7 Cara Memilih Kulkas Mini yang Tepat untuk Kamar Kost

Apr 05, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/pixel-shot-com
Ini, lho cara memilih kulkas mini yang tepat untuk kamar kost.

Cicilan 0% KAM

Buat sebagian orang yang tengah merantau ke kota atau daerah lain baik untuk menempuh pendidikan maupun bekerja, tinggal di tempat kost sering dijadikan pilihan dengan berbagai alasan. Mulai ingin belajar hidup mandiri, mempunyai me time lebih banyak, praktis dan belajar untuk mengelola keuangan dengan baik.

Tinggal di tempat kost biayanya tentu bisa dipilih yang sesuai kebutuhan dan bujet karena di luaran banyak ditawarkan tempat kost biasa sampai tempat kost eksklusif dengan fasilitas komplit. Nah, selama nge-kost tentu butuh barang-barang tertentu supaya lebih nyaman, salah satunya kulkas mini. Sebelum beli, berikut cara memilih kulkas mini yang tepat untuk kamar kost.

Baca Juga :


Pilih Kulkas Mini yang Nggak Boros Listrik

Pilih Kulkas Mini yang Nggak Boros Listrik
freepik.com/artesiaid

Salah satu yang penting diperhatikan saat memilih kulkas mini adalah yang nggak boros listrik. Apalagi jika tempat kost di mana kamu tinggal daya listriknya terbatas. Nah, daya listrik yang terbatas tersebut jika dalam satu kost listriknya dipakai di banyak ruangan, bisa saja kejadian listrik tiba-tiba padam. Malu, kan kalau itu karena ulah kamu karena kulkas mini yang butuh daya besar?

Supaya hal ini nggak terjadi saat memilih pastikan cek dulu, kulkas tersebut butuh daya berapa banyak. Terlebih kulkas merupakan peralatan elektronik yang harus menyala selama 24 jam. 

Kulkas mini yang ada umumnya membutuhkan punya daya kurang lebih 100-200 Kwh. Bisa juga, sih yang dayanya lebih kecil tapi fitur yang ditawarkan terbatas. Bisa juga memilih kulkas mini yang nggak dilengkapi freezer

Pilih Kulkas Mini yang Materialnya Bagus

Pilih Kulkas Mini yang Materialnya Bagus
freepik.com/pixel-shot-com

Faktor-faktor dalam memilih kulkas mini yang nggak kalah penting diperhatikan adalah mempertimbangkan material yang digunakan. Biasanya material kulkas yang sering dipakai adalah tempered glass dan metal door. 

Kulkas dengan material tempered glass tampil lebih elegan dan premium. Sementara metal door walaupun tampilannya monoton tapi material ini yang paling banyak digunakan. Lalu mana yang lebih bagus? Tergantung kebutuhan, kalau untuk ditempatkan di kamar kost maka kulkas dengan material metal door bisa dipilih apalagi harganya lebih terjangkau.

Pilih Kulkas Mini yang Kapasitasnya Oke

Pilih Kulkas Mini yang Fiturnya Sesuai Kebutuhan
freepik.com/studioworkstock

Soal kapasitas kulkas mini juga nggak boleh luput dari perhatian. Umumnya, sih kulkas mini mempunyai kapasitas sekitar 50-100 liter yang mana kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan anak kost.

Yang nggak kalah penting, perhatikan tata ruang kompartemennya. Apakah kulkas tersebut hanya muat untuk menyimpan minuman dalam kaleng atau bisa untuk menyimpan botol minuman ukuran 1 liter. Ini penting, karena tinggal di kamar kost tentu membutuhkan tempat untuk menyimpan air dingin, susu atau minuman lainnya.

Supaya makanan atau minuman yang kamu simpan tetap dingin dan lebih awet, pastikan mengisi kulkas nggak melebihi kapasitasnya. Isi secukupnya saja, terlebih bila kamu sering beli makanan di luar atau katering.

Pilih Kulkas Mini yang Fiturnya Sesuai Kebutuhan

freepik.com/studioworkstock

Mempunyai lemari es yang menawarkan sejumlah fitur modern memang menarik. Namun akan lebih baik jika memilih kulkas mini yang dilengkapi fitur sesuai kebutuhan sebagai anak kost. 

Jika kulkas hanya untuk mendinginkan makanan atau minuman dan sering beli makanan di luar bisa memilih kulkas mini yang mampu menampung sampai 50 liter karena sudah lebih dari cukup untuk menjaga makanan nggak mudah basi.

Lain soal jika kamu termasuk sering memasak di tempat kost dan membutuhkan tempat untuk membekukan makanan maka kulkas mini yang dilengkapi freezer bisa dipilih. Namun lemari es mini yang dilengkapi freezer umumnya membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Pilih Kulkas Mini yang Suaranya Nggak Bising

Pilih Kulkas Mini yang Suaranya Nggak Bising
freepik.com/pixel-shot-com

Sudah jadi rahasia umum kalau kulkas mini biasanya mengeluarkan suara yang cukup bising yang sumbernya dari sistem kompresi penguapan. Hal ini nggak hanya bisa mengganggumu saat beristirahat tapi juga bisa mengganggu penghuni kost lainnya. 

Namun tenang saja, di pasaran masih ada kulkas mini yang nggak mengeluarkan suara bising. Namun kulkas mini yang suaranya lebih halus, kamu nggak bisa menyimpan makanan terlalu lama karena mempunyai kelemahan suhunya nggak terlalu dingin. Ini karena menggunakan pendingin termoelektrik dari kipas.

Jadi sebelum memutuskan membeli kulkas, cari info dulu sebanyak-banyaknya tentang kulkas yang jadi incaran kamu. Bila menggunakan kompresor berarti kudu siap dengan suara bisingnya.

Pilih Kulkas Mini yang Tahan Panas (Bagian Atas)

Pilih Kulkas Mini yang Tahan Panas (Bagian Atas)
freepik.com/newafrica

Maksudnya, bagian atas dari kulkas pilih yang tahan panas. Biasanya, sih kulkas yang seperti itu bagian atasnya dilengkapi semacam plat khusus. Hal ini tentu menguntungkan buat penghuni kost karena bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang tertentu. Terlebih bila kamar kost kamu ukurannya nggak terlalu luas.

Pilih Kulkas Mini yang Sesuai Bujet

freepik.com/artesiaid

Bagaimana juga harga jadi poin yang krusial saat memilih kulkas mini untuk kamar kost. Ada baiknya sebelum beli, tentukan dulu anggaran biayanya. Beda daya, merek, kapasitas, fitur dan material yang digunakan akan berpengaruh pada besarnya uang yang harus kamu siapkan. 

Saat ini di pasaran harga kulkas mini memang variatif. Namun secara garis besar dibanderol dengan harga 1 jutaan sampai 2 jutaan. Makin banyak fitur yang ditawarkan dan kecil daya listriknya maka akan semakin mahal harganya.

Jika sudah menentukan pilihan, supaya nantinya kulkas tersebut lebih awet jangan lupa untuk  merawatnya dengan tepat dan rutin. Selain membersihkan secara berkala, pastikan nggak menyimpan makanan atau minuman yang hangat atau panas di dalam kulkas karena bisa cepat basi. Pastikan juga kulkas selalu tertutup rapat untuk mencegah adanya kebocoran udara.

Hindari kebiasaan membuka tutup kulkas sebab kebiasaan kurang baik ini bisa juga mempengaruhi pada tagihan listrik, lho. Saat menempatkan kulkas, beri jarak antara kulkas dan dinding sekitar 10 cm supaya masih ada ruang untuk hawa panas dari kondensor bisa keluar. 


Baca Juga :

Seperti itulah panduan cara memilih kulkas mini yang tepat untuk kamar kost yang bisa Blibli Friends perhatikan. Nah, mendapatkan kulkas mini dengan harga istimewa, kamu tinggal merapat ke toko online terpercaya Blibli. Produk sudah pasti terjamin kualitasnya, dari merek-merek terpercaya dan harganya juga istimewa, jadi cocok banget buat anak kost.

Selain kulkas mini, Blibli juga menyediakan berbagai produk elektronik lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tinggal pilih yang kamu suka, lakukan pembayaran dan akan segera dikirim sesuai alamat tujuan. Makin mantap karena ada layanan proteksi terhadap produk elektronik. Jadi jika butuh kulkas mini dan peralatan elektronik lainnya, pastikan ke Blibli!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya