me

Pohon Natal dari Botol Bekas dan Cara Membuatnya

Apr 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

klikkalsel.com
Mudah bikinnya, cantik hasilnya, berikut cara membuat pohon natal dari botol bekas, yuk kita lihat caranya di sini.

Cicilan 0% KAM

Pohon natal dari botol bekas bisa menjadi ide yang brilian buat kamu nih. Khususnya, jika Blibli Friends sedang merayakan natal on budget. Nah, ide pohon natal ini juga cocok banget buat siapa aja yang nggak sempat pulang kampung. Jadi, perayaan natalnya simpel, tapi tetap bisa jadi berkesan.

Cukup menggunakan bahan sederhana dari botol bekas, berikut cara bikin pohon natal tersebut.

Baca Juga :


1. Mempersiapkan Semua Bahan

diyjoy.com

Pertama, kamu persiapkan dahulu ya semua bahannya. Tentukan apakah kamu ingin membuat pohon natal mini atau pohon natal lebih besar. Untuk pohon natal mini, kamu akan membutuhkan sekitar 5 botol bekas. Untuk pohon natal lebih besar, kamu perlu kurang lebih 25 botol bekas.

Botol bekas ini bisa yang berwarna hijau, sehingga kamu nggak perlu mengecatnya lagi. Akan tetapi, kamu boleh kok kalau ingin mengecatnya dengan warna hijau gelap, sehingga makin terlihat seperti daun yang asli dan estetik. Pastikan juga lengkapi bahan lainnya, terutama gunting dan lem yang kuat.

Kamu bisa pakai lem tembak atau lem UHU. Lalu, untuk pohon natal mini, kamu nggak memerlukan batang sebagai penyangga tempat tumpukan lapisan daun. Untuk pohon natal lebih besar, kamu perlu mempersiapkan batang untuk dijadikan tempat menumpuk lapisan daun pohon natal.

2. Memotong Botol Bekas

diyjoy.com

Kalau semua bahan sudah siap, sekarang waktunya memotong botol bekas untuk membuat daun pohon cemara artifisial. Caranya, potong botol bekas secara horizontal atau mendatar di bagian tengah botolnya. Jadi, biarkan dahulu tutup botol tetap pada tempatnya, menutup botolnya.

Kuncinya, kamu bedakan panjang potongan botol tersebut. Adapun ukuran panjangnya diukur mulai dari mulut botol yang ada tutupnya hingga ke bawah. Gunting dengan ukuran berbeda, buat potongan botol bekas mulai dari pendek hingga panjang, gunakan bagian atas yang ada tutup botolnya.

Kalau sudah, sisihkan dan buang saja setengah potongan botol bagian bawah, yang memang nggak akan digunakan untuk membuat pohon natal. Sekarang, kamu akan mempersiapkan gunting untuk mulai menggunting botol bekas untuk membuat daun pohon natal. Dari sini bakal makin asyik, nih.

3. Menggunting Botol Bekas

jogja.tribunnews.com

Sekarang, waktunya kamu menggunting botol bekas untuk menjadikannya daun pohon natal. Gunting botol bekas dari bawah ke atas menuju tutup botol. Beri jarak sekitar 0,3 – 0,5 cm untuk guntingan selanjutnya di sebelah guntingan tadi. Ulangi langkah yang sama dengan arah melingkar.

Kalau sudah, maka satu lingkaran penuh dari potongan botol tersebut akan tergunting. Hasil guntingan ini membuat potongan botol menjadi helai-helai plastik hijau tipis yang kemudian menyerupai daun. Dengan ujung pangkal berupa mulut botol, kamu bisa menekuk helai-helai daun tersebut.

Tujuannya untuk membuat tampilannya semakin hidup, dan bikin kesan kalau daunnya terlihat seperti daun pohon natal yang asli. Jadi, kamu bisa menekuk helai-helai daun tersebut ke arah atas atau ke arah tutup botol. Hasil tekukan ini membuat daunnya terlihat melengkung dengan cantik.

4. Membuat Batang Pohon Natal

zerowaste.id

Nah, seperti yang kita ketahui bahwa pohon natal dari botol bekas cocok untuk anak rantau, karena bahannya yang super simpel dan mudah didapat. Begitu pula dengan batang pohon natal tersebut. Apabila kamu membuat pohon natal mini, maka sebenarnya bisa tanpa menggunakan batang.

Namun, jika ingin lebih rapi dan nyaman dengan menggunakan batang, maka bahannya yang dipakai boleh sama. Jadi kamu bisa pakai kertas tebal yang kemudian digulung menjadi roll tipis, lalu kamu isolasi sehingga roll-nya nggak terlepas, menjadi kaku, dan nggak bisa ditekuk-tekuk lagi.

Untuk ukuran roll batang pohon ini, pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan mulut botol yang telah kamu gunting menjadi helai-helai daun tadi. Soalnya kamu bakal memasang mulut botolnya pada batang yang sudah kamu buat, untuk menumpuk helai-helai daun pohon natal tersebut.

5. Mempersiapkan Hiasan Pohon Natal

diyjoy.com

Selanjutnya, setelah daun dan batang pohon siap, maka kamu dapat mempersiapkan hiasan pohon natal. Untuk hiasan yang paling simpel anti ribet, dan cocok buat pohon natal mini, kamu bisa pakai lem yang menyala dalam gelap. Beli aja lem glow in the dark ini di toko-toko online pasti ada.

Di sisi lain, kalau kamu bikin pohon natal yang lebih besar, maka kamu bisa mempersiapkan hiasan berupa gantungan khas natal. Misalnya, gantungan bola, lonceng, bintang, Santa Claus, rusa, permen tongkat natal. Pastikan gantungan tersebut berukuran kecil-kecil aja ya, biar mudah digantung.

Sebab, kamu akan menggantungnya pada daun yang terbuat dari plastik yang tentunya nggak setebal daun pohon natal asli. Jadi, coba diperhatikan lagi aja, pakai gantungan yang nggak terlalu berat, agar bisa tergantung dengan baik, dan nggak akan mudah terlepas dari daunnya hingga terjatuh.

6. Menyusun Daun Pohon Natal

mobgenic.com

Sekarang langkah yang paling seru nih. Waktunya kamu menyusun daun pohon natal dengan cara memasang guntingan helai-helai daunnya pada batang yang sudah kamu persiapkan. Jadi, kamu buka semua tutup botol yang tadi masih terpasang pada mulut botol pada guntingan helai-helai daun.

Kalau sudah, pasang mulut botol tersebut dengan menumpuknya pada batang pohon. Caranya, tumpuk lingkaran helai daun yang paling besar terlebih dahulu, untuk menempatkannya di bagian bawah sendiri. Ulangi langkah ini dengan terus menumpuk helai-helai daun ke atas.

Urutkan dari lingkaran daun yang paling besar di bawah, hingga ke atas sendiri tempat lingkaran daun yang paling kecil. Saat semua lingkaran helai daun sudah terpasang dan tertumpuk, maka hasilnya akan terlihat seperti pohon cemara natal yang asli. Pemasangan daun-daun pun selesai.

7. Pohon Natal Siap Dipajang

diyjoy.com

Oh iya, untuk memajangnya, kamu akan memerlukan alas sesuai dengan ukuran pohon natal. Untuk pohon natal mini, maka kamu cukup menggunakan alas dari potongan botol bekas yang cara memotongnya sama dengan bahan untuk helai-helai daun, tapi tanpa digunting jadi helai-helai daun.

Jadi, kamu letakkan potongan botol tersebut di atas meja, dengan tutup botol mengarah ke atas sebagai tempat untuk menyambungkannya dengan bagian bawah pohon natal mini, sehingga pohonnya berdiri tegak, dan nggak akan terguling. Begitu pula dengan pohon natal yang lebih besar.

Buat pohon yang lebih besar, maka kamu bisa memasang batang pohonnya di dalam pot yang kamu letakkan di atas lantai. Lalu, tumpuk helai-helai daun pada batang pohon tersebut dan selesai. Hiasi pohon natal kamu dengan hiasan gantungan yang sudah kamu persiapkan. Pohon natal sudah jadi.


Baca Juga :

Demikian cara membuat pohon natal dari botol bekas. Simpel, bukan. Pohon natal yang sederhana tapi berkesan ini, bisa menciptakan nuansa spesial di hari yang istimewa. Kamu bisa juga melengkapi bahannya dengan beli semuanya di Blibli, di kategori home and living tersedia produk apa saja lengkap. Ada juga pohon natal yang sudah tinggal pasang. Beli sekarang dan dapatkan diskonnya!