Persiapan Mudik dengan Motor, Cek Kelengkapannya Sebelum Mudik

Apr 01, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Persiapan Mudik dengan Motor – Hayo, siapa, nih, yang masih suka mudik dengan sepeda motor? Well, kita semua tahu, ya, Blibli Friends, mudik menggunakan motor sebenarnya nggak dianjurkan oleh pemerintah, tapi sepertinya hal itu nggak serta merta menghentikan pemudik untuk pulang kampung naik sepeda motor karena beberapa alasan tertentu, seperti lebih irit, kehabisan tiket atau ingin berkeliling di kampung halaman pakai motor.

Nggak dipungkiri, mudik naik motor emang jadi pilihan banyak orang. Nah, untuk kamu yang mengalami kondisi serupa dan tahun ini ingin mudik dengan mengendarai sepeda motor, ada banyak persiapan mudik dengan motor yang harus kamu perhatikan agar perjalanan bebas kendala dari mulai berangkat hingga tiba di kampung halaman. Apa saja?

BACA JUGA : OOTD Sepatu Converse Hijab, Comfy dan Cantik!

—————————————————————————————————————————————————————

Eits, sebelum mengupas tuntas apa saja persiapan mudik dengan motor yang harus dilakukan, yuk, intip keuntungan mudik naik sepeda motor berikut ini, Blibli Friends!

Kelebihan Mudik Naik Motor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mudik Lebaran naik motor lebih banyak untungnya ketimbang ruginya. Berikut ini adalah sebagian kecil kelebihan yang cuma bisa kamu rasakan kalau mudik ke kampung halaman dengan mengendarai motor:

  1. Bebas Mengantri dan Nggak Perlu Berdesakan

Untuk yang berangkat dari kota-kota besar, seperti Jakarta, akan ada jutaan pemudik lain yang memadati terminal, stasiun atau pun bandara, di hari jelang Lebaran. Bisa dibayangkan betapa sesaknya suasana saat itu, kan? Belum lagi antrian yang mengular di loket pemeriksaan tiket atau urusan administrasi. Mimpi buruk seperti ini nggak akan kamu temukan kalau mudik dengan motor.

  1. Bebas Mengatur Perjalanan

Selain bebas dari yang namanya rasa nggak nyaman karena jumlah pemudik yang begitu padat di satu titik, keuntungan lain dari mudik menggunakan sepeda motor adalah kamu nggak terikat jadwal tiket transportasi umum. Kamu juga nggak perlu takut tertinggal kendaran umum karena datang terlambat. Kamu bebas berangkat dan istirahat kapan pun sesuai keinginan. Nggak perlu buru-buru lagi.

  1. Lebih Ekonomis

Hemat menjadi alasan banyak orang memilih naik motor sebagai kendaraan untuk mudik ke kampung halaman. Jika dibandingkan dengan harga tiket transportasi umum, ongkos perjalanan dengan motor itu sangat-sangat irit, lho, Blibli Friends. Kamu bisa berhemat hingga 50% untuk biaya keperluan mudik atau perbekalan. Wah, lumayan banget, kan?

Kekurangan Mudik Naik Motor

Meski punya kelebihan, tapi mudik naik sepeda motor juga menyimpan kekurangan, lho. Kira-kira apa saja, ya?

  1. Aspek Keselamatan

Sayangnya, faktor keselamatan masih sering diabaikan oleh para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Padahal, tubuh kita lebih terekspos saat berkendara dengan motor. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, pastikan kamu selalu menerapkan safety riding di sepanjang perjalanan dan jangan lupa mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat, Blibli Friends.

  1. Kapasitas Bagasi Terbatas

Biasanya, saat mudik kita akan membawa banyak barang bawaan. Mulai dari pakaian selama kita menginap di kampung halaman, buah tangan untuk sanak dan saudara dan tentunya perbekalan untuk di perjalanan. Nah, mudik dengan motor berarti kamu harus siap membawa barang dalam jumlah yang terbatas. Agar ringkas, kemas semua bawaanmu di dalam ransel, ya.

  1. Kondisi Tubuh Rentan Sakit atau Kelelahan

Berkendara dengan sepeda motor menempuh jarak jauh itu bisa bikin tenaga dan pikiran kita terkuras habis, lho, guys. Agar terhindar dari kecelakaan, pemudik yang naik motor dituntut punya kondisi fisik dan tingkat fokus yang prima. Bukan cuma itu, di perjalanan dengan sepeda motor tubuh kita rentan terpapar panas sinar matahari atau hujan. Jadi, pastikan cukup istirahat sebelum mudik, ya, guys.

Persiapan yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mudik Lebaran dengan Menggunakan Motor

Dari tahun ke tahun, pemerintah nggak capek-capeknya menghimbau pemudik agar nggak melakukan mudik dengan naik sepeda motor. Tapi faktor murahnya biaya mudik dengan motor bikin masyarakat lebih memilih mudik dengan motor ketimbang moda transportasi lainnya.

Nah, agar perjalanan mudik jarak jauh kamu aman dan nyaman sampai tujuan, yuk, catat apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat mudik dengan sepeda motor, guys!

  1. Jaga Agar Tubuh dalam Kondisi Sehat Bugar sebelum Mudik

Persiapan pertama yang harus kamu perhatikan sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik ke kampung halaman adalah menjaga agar tubuh dalam kondisi sehat dan bugar. Pasalnya, kita akan berhadapan dengan cuaca yang nggak bisa diprediksi di sepanjang perjalanan. Nah, hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Jika memaksakan mudik saat tubuh nggak prima, bisa bahaya.

  1. Periksa Kondisi Motor secara Menyeluruh

Mulai dari oli mesin, ban, rem, lampu dan komponen lainnya harus diperiksa secara menyeluruh sebelum kamu berangkat mudik. Kalau nggak memungkinkan memeriksa kesiapan seluruh komponen pada sepeda motor sendirian, kamu tinggal membawa motor kesayanganmu ke tempat service terpercaya untuk memastikan kondisi kendaraanmu benar-benar layak untuk dibawa mudik.

  1. Jangan Lupa Siapkan Segala Perlengkapan Pendukung

Berkendara dengan motor berarti kita harus berteman dengan kondisi cuaca yang sering berubah. Jas hujan adalah barang yang nggak boleh ditinggalkan kalau akan menempuh perjalanan jauh untuk mudik. Pastikan bawa jas hujan model celana dan baju agar bisa tetap berkendara dengan nyaman dan aman. Bawa juga perlengkapan pribadi dan kotak P3K yang berisi obat-obatan seperti penghangat badan.

  1. Kenakan Helm yang Sudah sesuai dengan Standar

Pengendara sepeda motor diwajibkan mengenakan helm full face yang memenuhi aturan standar nasional Indonesia (SNI). Nggak terkecuali saat kamu mudik dengan motor, Blibli Friends. Helm dengan model full face dapat melindungi kepala dari benturan. Selain itu, jika kamu ngotot pakai helm selain yang berstandar SNI, hati-hati kena tilang pak polisi.

  1. Bawa Perbekalan yang Cukup

Supaya nggak menghabiskan waktu tempuh perjalanan mudik Lebaran, kebanyakan pemudik motor membawa perbekalan, baik makan atau pun minum, dari rumah. Untuk menjaga stamina tubuh selama di jalan, sebaiknya bawa bekal buah dan sayur. Hindari makanan tinggi karbohidrat karena justru akan bikin tubuhmu cepat kelelahan saat berkendara. Jangan lupa bawa cukup air.

Itulah beberapa persiapan mudik dengan motor yang harus kamu cek jauh hari sebelum keberangkatan. Terutama untuk kamu yang gampang masuk angin karena perjalanan jauh, sebaiknya, selain memakai jaket, kamu juga mengenakan rompi dada agar paru-parumu terlindungi dari hempasan angin yang nggak bersahabat. Pilih yang bahannya nyaman agar nggak mengganggu gerak gerikmu di atas motor.

————————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Kelebihan Sandal Birkenstock yang Bikin Kamu Susah Berpaling

Gimana, nih, Blibli Friends? Makin nggak sabar menempuh perjalanan jauh demi bertemu dengan keluarga dan saudara sekampung halaman di Hari Lebaran, kan? Agar perjalanan mudikmu makin nyaman tanpa kendala sedikit pun, ikuti Promo Ramadhan yang diadakan Blibli, ya, guys. Ada banyak banget produk dengan harga menarik untuk menambah semarak Hari Rayamu bareng keluarga tercinta.

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel