Perhatikan Langkah Ini supaya Tidak Salah Pakai Power Bank

Power bank sudah jadi aksesori wajib banyak pengguna smartphone. Untuk menjaga smartphone selalu on, perangkat power bank harus selalu dibawa ke mana-mana. Kamu pun sudah semakin mudah mendapatkan power bank, Friends. Ditambah lagi, sekarang pun power bank sudah banyak tipenya.

Pertanyaannya, apa kamu benar-benar tahu cara memakai power bank untuk smartphone? Pasalnya, power bank mengandung muatan listrik yang kalau tidak benar memakainya bisa bikin smartphone kamu rusak. Parahnya lagi, power bank juga bisa meledak dan merugikan orang lain di dekatnya juga.

Supaya tidak salah, Blibli Friends perlu tahu cara yang benar pakai power bank. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Menyamakan Input dan Output Power Bank

Langkah ini sebenarnya cukup dasar buat penggunaan teknologi dan semua informasinya sudah pasti ada di kemasan atau unit produk. Input berhubungan dengan besaran tenaga listrik yang akan kamu masukkan ke dalamnya. Sedangkan, output akan lebih berurusan dengan tenaga yang bisa dikeluarkan oleh power bank ke gadget lain, termasuk smartphone kamu.

Biarpun sebenarnya ini masalah sepele, kamu tidak boleh sampai melewatkannya. Menggunakan output yang berbeda dengan yang bisa ditangkap akan buat smartphone kamu kelebihan tenaga di bagian port charger. Bila hal ini diteruskan, bagian tersebut akan panas dan rusak.

POWER BANK KAPASITAS 10.000 MAH ADA DI SINI, YA!

2. Mengistirahatkan Smartphone saat Di-Charge dengan Power Bank

Via perfectmemory.com.au

Oke, guna power bank memang untuk mengisi daya di mana pun kamu berada. Namun, kamu sebaiknya tidak main smartphone saat di-charge dengan power bank. Pasalnya, aplikasi yang berjalan akan bikin temperatur smartphone semakin tinggi. Kamu pasti pernah dengar berita smartphone meledak saat di-charge, bukan? Nah, ini salah satu penyebabnya.

Jadi, kamu tetap harus lepas dulu smartphone dari tangan kamu untuk sementara. Kalau kamu bukan orang yang cukup sabar menunggu lama, coba saja pakai power bank dan smartphoneyang punya fitur fast charging. Jadi, nge-charge smartphone-nya enggak usah lama-lama tuh. Palingan 30 – 45 menit sudah siap buat dipakai lagi.

YUK, CARI POWER BANK DENGAN FITUR FAST CHARGING

3. Simpan Power Bank di Tempat yang Aman

Via guanhecase.com

Maksudnya, aman dari semuanya, ya! Aman dari pencuri, jadi kamu simpan dalam tas dengan ritsleting. Juga, power bank kamu harus aman dari faktor eksternal lainnya, yaitu suhu dan benturan. Untuk yang satu ini, kamu tinggal pakai case khusus untuk power bank. Kamu tinggal menyesuaikan dengan bentuk dan ukurannya, kok.

Di pasaran, ada beberapa pilihan case untuk power bank kamu. Ada soft case yang biasanya dilengkapi dengan busa di seluruh bagiannya. Tipe yang satu ini lebih ringan dan bisa kamu selipkan di sudut tas. Kalau mau yang lebih kuat, kamu tinggal pilih hard case. Walaupun akan lebih berat, power bank kamu akan lebih aman dengan guncangan dan benturan dari luar.

CARI CASE UNTUK JAGA POWER BANK KAMU DARI BENTURAN

4. Perhatikan Juga Cara Kamu Menge-Charge

Via easyacc.com

Kamu mungkin berpikir bisa mengisi daya power bank di mana saja. Eits, hati-hati Friends. Beberapa tempat mungkin akan bisa merusak power bank kamu, loh. Amannya memang menge-charge power bank di rumah karena punya tegangan listrik stabil. Namun, jangan ditinggal tidur, ya!

Biarpun sudah banyak power bank yang punya fitur safety charge dan akan memutus aliran listrik saat sudah penuh, kamu tetap harus mencabut colokan listriknya. Ya, kita memang bisa saja mengandalkan teknologi, tapi berhati-hati juga tidak ada salahnya, bukan?

Sebaiknya hindari mengisi daya power bank dari USB PC atau laptop, ya. Aliran listrik yang keluar dari situ sangat kecil. Selain kamu akan menunggu lama, perbedaan aliran listrik juga bisa mengganggu kerja power bank kamu, Friends.

JANGAN LUPA CARI COLOKAN KABEL POWER BANK JUGA, YA!

Itu dia cara aman pakai power bank untuk smartphone kamu. Nah, kira-kira sudah benar belum cara kamu selama ini? Apa jangan-jangan kamu belum punya power bank? Kalau meman belum, coba cek power bank Onpro di Blibli.com, deh.

Kamu bisa dapat power bank Onpro Special Band Edition dengan harga yang terjangkau. Ada band Pee Wee Gaskins, Burgerkill, dan Andra and The Backbone yang bisa kamu pilih. Yuk, segera kunjungi halaman ini dan dapatkan promo menariknya.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY