me

Perbandingan iPhone 15 Plus vs iPhone 15 Pro Max

Mar 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

youtube.com
Ini dia perbedaan iPhone 15 Plus vs iPhone 15 Pro Max untukmu!

Cicilan 0% Gadget

Kamu perlu tahu tepatnya pada tanggal 12 September 2023 lalu menjadi sejarah penting penantian panjang mengenai peluncuran iPhone 15 series. Banyak orang yang dilema untuk membeli salah satu variasi dari series tersebut mengingat spesifikasi dan fitur unggulannya juga berbeda. Dua variasi yang banyak dibandingkan adalah iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max. 

Kamu bisa banget cek perbandingkan iPhone 15 Plus vs iPhone 15 Pro Max sebagai pertimbangan terlebih dahulu biar nggak sampai salah membelinya.  

Baca Juga :


iPhone 15 Series, Ada Apa Saja?

forumterkininews.id

iPhone 15 series yang banyak ditunggu perilisannya ini terdiri dari empat pilihan yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Tentunya dari keempat pilihan tersebut bakalan memberikan keunggulan fitur, spesifikasi dan juga perbedaan yang meskipun nggak terlalu signifikan namun mempengaruhi performa ponselnya. 

Uniknya keempat model pada iPhone 15 series tersebut sudah dilengkapi dengan penerapan Dynamic Island yang memang kekinian banget. Terlebih fitur ini awalnya hanya ada pada iPhone 14 jadi ketika sudah diterapkan lagi pada versi lanjutannya maka membuat orang-orang menjadi lebih senang dan nggak sabar menggunakannya. 

Jika dilihat sekilas keempat model ini memang terlihat sama namun jika dilihat dengan detail keempatnya punya perbedaan kualitas bahan, berat dan juga ukuran dimensi. Untuk variasi Pro sampai Pro Max cenderung lebih tinggi dan besar. Sementara untuk variasi basik dan Plus cenderung lebih minimalis. 

Rentang harga dari iPhone 15 series ini juga dianggap masih aman di kantong mulai dari Rp16 jutaan untuk varian yang paling basik. Harga ini sesuai dengan fitur dan masing-masing spesifikasi unggulan yang ada pada varian iPhone 15 tersebut. Saat ini iPhone 15 ini sudah siap dibeli langsung di reseller Apple resmi di Indonesia. 

Perbandingan iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max

Kamu dilema mau membeli iPhone 15 Plus atau iPhone 15 Pro Max? Nggak masalah karena kamu bisa langsung cek penjelasan detail mengenai perbandingannya lengkap di bawah ini!

Bodi

phonearena.com

Hal pertama yang perlu kamu tahu dari iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max ini adalah mengenai bodinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua variasi iPhone 15 ini sudah didukung dengan pengadaan Dynamic Island di dalamnya. Terlebih bagian bezelnya dibuat simetris dan layar yang tipis jadi tetap bakalan super nyaman dalam genggaman. 

Kemudian jika ditinjau dari frame atau body frame, ponsel ini menggunakan tipe datar alias flat meskipun jika dilihat dari bagian belakang nggak ada bedanya dengan variasi iPhone yang sebelumnya. Kedua variasi ini sudah menggunakan material atau bahan titanium untuk bodinya hanya saja untuk variasi Pro standarnya sudah seperti badan pesawat terbang. 

Nggak heran kalau ketahanannya bakalan lebih baik dan cenderung lebih ringan untuk dipegang. Kemudian untuk bagian kacanya sudah dibekali dengan kaca Ceramic shield dan juga finishing matte untuk bagian belakangnya. Kedua variasi ini memiliki pilihan warna yang berbeda disesuaikan dengan tipe kualitas material dan juga kebutuhan pangsa pasarnya. 

iPhone 15 Plus punya beberapa pilihan warna ponsel seperti Biru, Hitam, Hijau, Kuning, dan Pink. Kemudian untuk yang Pro Max pilihannya berupa: Black Titanium, White Titanium, Blue Titanium, dan Natural Titanium. Perbandingkan bodi antara iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max yang lebih detail bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

  • Berat dari iPhone 15 Pro Max mencapai 221 gram sementara untuk variasi iPhone 15 Plus hanya sekitar 201 gram saja.
  • Varian iPhone 15 Plus bahannya terbuat dari aluminium yang ringan sementara untuk iPhone 15 Pro Max kualitas materialnya lebih bagus yakni menggunakan titanium. Titanium terkenal dengan ukurannya yang lebih berat namun jangan khawatir karena bahan ini nggak mudah menghantarkan panas. 
  • Kedua variasi ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 sehingga sudah aman dari debu yang menempel maupun air. iPhone ini tetap aman kedalaman 6 meteran air selama 30 menitan. Jadi, ketika kamu nggak sengaja membawanya bepergian kemudian kehujanan maupun jatuh nggak perlu terlalu khawatir bakalan rusak. 
  • Presisinya memang dibuat lebih bagus dengan tampilan yang elegan tanpa meninggalkan ciri khas dari iPhone yang selama ini memang membuat penggunanya jatuh cinta. Variasi warna yang berbeda dari kedua iPhone ini juga disesuaikan dengan jenis bahannya biar tetap serasi saat digunakan. 
  • iPhone 15 Plus memang lebih ringan dan kecil dibandingkan dengan iPhone 15 Pro Max. Jadi, kamu yang lebih suka dengan ukuran minimalis bisa banget memilih iPhone 15 Plus. Namun bukan berarti iPhone 15 Pro Max kurang efisien karena sebenarnya masih aman di dalam genggaman penggunanya. 

Display

phonearena.com

Perbandingan kedua yang perlu kamu pahami dari iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max adalah mengenai display atau tampilannya. Kedua variasi ini memang sudah dibekali dengan tipe layar yang HD dan jernih hanya saja bedanya untuk variasi iPhone 15 Pro Max sudah menggunakan LTPO Super Retina XDR OLED. 

Hal ini memungkinkan kemampuan untuk refresh rate adaptif 120 Hz. Sementara untuk tipe iPhone 15 Plus dibekali dengan Super Retina XDR OLED dengan refresh rate sekitar 60 Hz. Kamu harus tahu kalau refresh rate menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah ponsel terutama iPhone. Semakin tinggai refresh rate maka kemampuan responsif geraknya juga bakalan lebih baik. 

Refresh rate ini besar banget kaitannya dengan tampilan terlebih jika kamu suka main game atau memutar banyak hiburan seperti video pendek atau bahkan film. Bagusnya semua iPhone 15 series ini sudah mampu menunjang kebutuhan untuk 1600 nit ketika memutar video HDR sebagai kecerahannya. Kecerahan ini bisa bertambah sampai 2000 nit saat di luar ruangan. 

Lanjut untuk resolusinya, kamu perlu tahu untuk variasi iPhone 15 Plus sudah dilengkapi dengan kapasitas 1290 x 2796 piksel dan diagonal 6,7 inci. Sementara untuk iPhone 15 Pro kapasitas resolusi yang diberikan adalah sekitar 1179 x 2556 piksel, dengan diagonal 6,1 inci. Adapun perbandingan lain yang bisa kamu pahami langsung cek semuanya di bawah ini!

  • Dari segi kecerahan keduanya memang sama-sama bisa sampai dengan 1000 nit dan untuk luar ruangan sampai dengan 2000 nit. Namun bedanya untuk variasi iPhone 15 Pro Max ini ketika menggunakan mode HDR10 maka tingkat kecerahannya bakalan menjadi lebih tinggi sampai dengan 4000 nit. 
  • Kedua ponsel ini sudah dibekali dengan adanya face ID sehingga tingkat proteksi keamanannya juga bakalan lebih baik nantinya. 
  • iPhone 15 Plus dibekali dengan 88.0% dan rasio resolusi 19.5 : 9 untuk rasionya sementara untuk iPhone 15 Pro Max memiliki rasio yang lebih tinggi termasuk rasio resolusinya. Rasio yang besar ini erat banget hubungannya dengan efisiensi dan kenyamanan layar untuk bekerja terlebih bagi yang melakukan multitasking. 
  • Kedua variasi ini sudah dibekali dengan Dolby Vision yang memungkinkan gelap terang, cahaya dan kontras dari video maupun gambar yang dilihat menjadi lebih seimbang. Tentu saja kamu yang bermain game maupun banyak menggunakan Hp untuk hiburan bakalan merasa lebih puas dengan tampilan iPhone 15 ini. 

Chipset

nextpit.com

Perbandingan berikutnya yang nggak kalah penting diperhatikan adalah mengenai penggunaan chipset di dalamnya. Untuk variasi iPjone 15 Pro Max sudah dilengkapi dengan penggunaan jenis chipset Apple A17 Pro. Jenis ini adalah tipe yang baru dikeluarkan oleh Apple dengan susunan enam core CPU, enam core GPU, dan 16 core neural engine yang menawan banget. 

Nggak heran kalau tipe chipset Apple A17 Pro ini memang memiliki kemampuan kapasitas dan performa yang oke banget untuk digunakan. Secara umum chipset ini terbagi menjadi dua cluster yakni dual core dan empat core yang bisa ditimbang sesuai tipe ponselnya. Variasi iPhone 15 Pro Max juga didukung dengan pengadaan RAM 8GB 2 tingkat lebih tinggi dari variasi sebelumnya. 

Lanjut untuk variasi iPhone 15 Plus masih menggunakan Apple A16 Bionic sama seperti chipset pada iPhone 14. Namun jangan khawatir karena tipe chipset ini sudah dibekali dengan fabrikasi 4 nm tentu saja mengenai kecepatannya sudah nggak perlu diragukan. Secara umum komposisinya meliputi CPU enam inti, GPU lima inti, dan neural engine 16 inti.

Dapur pacuan ini bakalan lebih bagus performanya dengan dukungan RAM sampai dengan 6 GB di dalamnya. Ukuran ini juga lebih besar dibandingkan dengan pengembangan dari seri sebelumnya. Adapun penjabaran lebih lengkap mengenai chipset iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max bisa kamu cek semuanya di bawah ini!

  • iPhone 16 Plus memiliki chipset A16 Bionic setara dengan apa yang digunakan pada iPhone 14 lalu. Chipset ini sudah mampu memberikan performa yang oke banget seperti menunjang permainan game dan juga kebutuhan hasil kamera yang lebih HD. Hanya saja tetap bak lebih unggul chipset A17 yang digunakan pada iPhone 15 Pro Max. 
  • Chipset A17 pada iPhone 15 Pro Max memang bagus banget apalagi performa yang diberikan bisa 10 persen lebih bagus dibandingkan dengan iPhone 15 Plus. Kamu yang banyak menggunakannya untuk kebutuhan hiburan, kamera maupun untuk game bisa banget memilih iPhone 15 Pro Max. 
  • Kelebihan pada chipset A16 Bionic ini adalah sudah dilengkapi dengan 16 miliar transistor, yang merupakan peningkatan sebesar 6.7%. Ukuran ini sudah dianggap cukup banget sesuai rentang harga iPhone 15 termasuk spesifikasi lain yang ada di dalamnya. 
  • Sementara untuk iPhone 15 Pro Max sudah dilengkapi dengan kemampuan Neural Engine sebanyak 2x yang memungkinkan pengadaan Personal Voice dan Auto Correct yang lebih mumpuni untuk digunakan. 
  • Kemudian mengenai kecepatan maka A17 lebih unggul dibandingkan dengan tipe A16 Bionic tersebut seimbang dengan komponen lain yang ada di dalam ponselnya. 

Memori Penyimpanan

pronusantara.com

Perbandingan berikutnya yang perlu kamu simak adalah tentang memori penyimpanan pada kedua ponselnya. iPhone memang biasanya nggak banyak memberikan alternatif penyimpanan namun mulai dari generasi iPhone 14 mereka sudah sangat memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan penting dari penggunanya yakni penyimpanan yang lebih banyak. 

Untuk variasi iPhone 15 Plus pilihan penyimpanan yang bisa digunakan adalah 128 GB, 256 GB, 512 GB. Lanjut untuk variasi iPhone 15 Pro Max bakalan lebih banyak pilihannya yakni 256 GB, 512 GB, 1 TB. Jadi, untukmu yang memang lebih suka menggunakan iPhone dengan penyimpanan besar maka lebih baik memilih menggunakan iPhone 15 Pro Max saja. 

Kamera

phonearena.com

Perbandingan selanjutnya yang cocok untuk diperhatikan adalah mengenai kapasitas dan resolusi kamera iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max ini. Bagusnya untuk variasi yang Pro Max kelengkapan kameranya cenderung lebih tinggi meliputi kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera telefoto. Sementara untuk yang Plus belum ada telefotonya. 

Pada tipe Pro Max resolusi kameranya sekitar 48 MP dengan bukaan f/1.8, yang ukuran sensornya 1/1,28 inci. Ukuran ini memang sama dengan iPhone 14 series Pro Max ditambah penggunaan sensor-shift OIS. Hanya saja pembeda yang mencolok adalah jenis tiga focal length yakni 24 mm, 28 mm, dan 35 mm yang sangat membantu kualitas jepretan gambarnya. 

Lanjut untuk variasi iPhone 15 Plus ukuran resolusi kameranya sekitar 48 MP dengan bukaan f/1.6 ditambah adanya sensor shift OIS yang mampu memberikan perbesaran optik sampai dengan dua kali lebih banyak. Meskipun perbesaran yang diberikan oleh iPhone 15 Pro Max bisa 3 kali lebih besar dari Plus namun nggak menjadi masalah yang besar. 

Begitu juga dengan kamerea ultrawide yang diberikan pada tipe Plus ini memiliki resolusi sekitar 12 MP dengan bukaan f/2.4, tanpa autofokus yang tertinggal jauh dari variasi Pro Max tentunya. Adapun perbandingan lain yang lebih detail kamu bisa langsung di bawah ini!

  • Keduanya sudah dilengkapi dengan tambahan fitur pada kamera belakang berupa Dual-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama). Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengambil jepretan dengan mode apapun sesuai dengan kebutuhan. 
  • Hasil rekaman video dari keduanya juga sama yakni 4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120/240fps. Sehingga cocok untukmu yang membutuhkan dokumentasi lebih detail termasuk video dengan detail yang lebih konsisten. 
  • Fitur untuk kamera depannya juga sama yakni HDR, Cinematic mode (4K@30fps). Sehingga untuk hasil jepretan meskipun dari kamera depan bakalan tetap bagus hasilnya. 
  • Untuk iPhone 15 Pro Max sudah dilengkapi dengan night mode yang lebih detail sehingga proses pengambilan gambar di ruangan atau lingkup yang minim cahaya sekalipun nggak bakalan menjadi masalah.
  • iPho15 Pro Max juga sudah dilengkapi dengan smart HDR yang mampu menyesuaikan gelap terang, cahaya dan kontras sesuai kebutuhan. Biasanya ketika menggunakan HDR hasilnya jadi aneh namun dengan adanya smart HDR ini nggak bakalan aneh. Hasilnya bakalan lebih natural mulai dari warna kulit, kontras dan detail lainnya yang lebih ada teksturnya. 
  • Proses rendering foto maupun video setelah proses edit juga bakalan lebih mudah tanpa membutuhkan waktu yang lama. 

Baca Juga :

Kamu tertarik untuk membeli variasi iPhone 15 ini? Jangan khawatir karena beli lebih mudah dan aman hanya di Blibli Apple Authorised Reseller saja. Harganya terjangkau dan keaslian produk tentu terjamin banget. Cek dan borong semuanya sekarang juga hanya di Blibli saja. 

Tag: