me

Ngeringin Hape yang Kecebur Pake Hair Dryer Bisa Bikin Rusak

May 24, 2021.By Jarvis
Bagikan

Photo via pexels.com

HP jaman sekarang uda banyak yang waterproof, jadi kalo kena air mah masih aman. Tapi masih banyak juga yang HP-nya belom waterproof jadinya kudu hati-hati. Nah, kalo kecemplung atau kesiram air gimana yak? Hadeh kudu cepet-cepet diatasin sih ini. Eits, tapi jangan panik, saya ada cara buat ngatasin HP kecemplung. Cus disimak! 

  • Langsung matiin hape secepet mungkin biar gak konslet 
Photo via pexels.com

Pas hape uda kena air, pasti yang langsung dicek layarnya masih nyala atau mati. Biarpun layarnya masih nyala pas kena air, itu kudu langsung dimatiin secepet mungkin. Soalnya, biar hape gak konslet yang malah bisa bikin hape jadi rusak total.

  • Lepasin sim card sama kartu memori
Photo via pexels.com

Abis itu, langsung deh tuh buru-buru lepasin sim card sama kartu memori yang kepasang di hape, biar sim card sama kartu memori gak ikutan rusak. Kalo ada penutup port charger sama headset juga bisa langsung dilepas.

  • Keringin hape pake lap, jangan hair dryer 
Photo via pexels.com

Kalo bagian dalem hape uda kelar diamanin, abis itu kudu keringin bagian luar hape pake kain kering. Hal yang kudu banget diperhatiin nih, jangan keringin pake hair dryer atau jemur di bawah matahari, soalnya malah bisa bikin hape rusak gara-gara kena suhu tinggi.

  • Masukin ke dalem beras
Photo via pexels.com

ah, ini salah satu jurus ampuh andelan buat ngeringin hape. Beras gampang nyerap air sama kelembapan, makanya air yang ada di hape juga bisa ilang. Caranya juga gampang, tinggal masukin hape, sim card, sama kartu memori ke beras. Biar airnya keserep semua, saya saranin buat ngediemin selama dua sampe tiga hari.

  • Terakhir, coba nyalain hape buat mastiin masih berfungsi apa gak 
Photo via pexels.com

Kalo uda ngelakuin semua cara di atas, waktunya masuk ke tahap paling deg-deg ser, yang nentuin hape bisa nyala atau gak. Kalo gak bisa nyala, berarti harus dibawa ke tempat service atau gak kudu terima kenyataan buat beli hape baru huhuhu. Nah, kalo hape masih nyala, bisa langsung ngecek layar, speaker, tombol, sama port-nya masih berfungsi atau gak.

Itu tadi cara-cara yang bisa dilakuin kalo hape kecemplung air. Gampang kan? Biar gak gitu lagi, lain kali hati-hati aja kalo main hape, apalagi kalo hapenya emang gak didesain tahan sama air.  Kalo masih nyala mah syukur, kalo gak ya ikhlasin aja ngerogoh kocek buat beli hape baru di Blibli, klik di sini!

Tag: