Mengintip Laptop Gaming Keluaran Terbaru dengan Nvidia GeForce RTX 2080

Para gamers di seluruh dunia kembali dimanjakan dengan kehadiran kartu grafis terbaru Nvidia yang akan meningkatkan kepuasan gaming secara maksimal. Pada perhelatan CES 2019 lalu, Nvidia memperkenalkan kartu grafis RTX 2080 versi mobileyang dikhususkan untuk penggunaan di perangkat laptop.

Hampir serupa dengan versi desktop-nya, RTX 2080 juga dilengkapi dengan fitur Nvidia Turing GPU architecture, memori sebesar 8GB GDDR6, dan dukungan AI yang sanggup meningkatkan kemampuan grafis. Perbedaannya hanya ada di tingkat kecepatannya saja. Nvidia harus mengurangi kecepatan core-nya untuk menjaga mobilitas kartu grafis ini (sekitar -7% untuk boost-nya dan -9% untuk base-nya).

Meskipun demikian, Nvidia mengklaim kartu grafis ini tepat bisa menjalankan game pada 60 fps tanpa adanya hambatan. Fitur Deep Learning Super Sampling (DLSS) juga sangat menarik. Tak seperti teknik grafis laainnya, fitur ini mampu meningkatkan kualitas visual pada resolusi yang tinggi tanpa harus berkompromi dengan performanya.

Kartu grafis RTX 2080 pun memiliki satu seri lainnya, yaitu RTX 2080 Max-Q GPU yang memiliki daya konsumsi lebih rendah dan memiliki bentuk yang lebih kecil. Oleh karena itu, Max-Q dapat diintegerasikan di dalam laptop gaming yang lebih tipis dan ringan. Dibandingkan dengan seri sebelumnya (RTX 1080 Max-Q), RTX 2080 Max-Q memiliki performa 20 persen lebih baik dengan tingkat efisiensi 40 persen lebih baik.

Para produsen laptop gaming pun telah merilis produk unggulan mereka yang telah dibekali dengan prosesor terbaru ini. Mau tahu apa saja laptop gaming yang telah dibekali RTX 2080 ini? Simak rekomendasinya berikut ini.

Acer Predator Triton 500, laptop gaming tipis dan powerful

Acer meramaikan pasar laptop gaming dengan desain yang ringan lewat Predator Triton 500 ini. Dengan dukungan kartu grafis GeForce RTX 2080 Max-Q 8GB GDDR6, Acer sanggup mengurangi bobot produknya ini hingga berat totalnya hanya sekitar 2 kg saja. Bobot ini jelas berbeda jauh dengan rata-rata laptop gaming yang berdesain bulky.

Meskipun ringan, Triton 500 tetap menggunakan layar sebesar 15 inci dengan tampilan yang luas. Dengan spesifikasi seperti ini, Triton 500 menargetkan pasar para gamers yang cukup mobile dan suka membawa laptop mereka saat berpergian. Saingan terdekat mereka adalah MSI GS65 8RF, Asus Zephyrus S GX531 GS sampai Razer Blade 15 dan Gigabyte Aero 15. Hanya saja laptop-laptop tersebut masih menggunakan seri RTX yang terdahulu.

LIHAT DI SINI UNTUK BISA MEMBELI ACER PREDATOR TRITON 500.

Asus ROG Zephyrus GX531GX, alternatif laptop sultan lainnya

Laptop lainnya yang mengusung RTX 2080 Max-Q adalah Asus ROG Zephyrus GX531GX. Berkat kartu grafis ini, Asus bisa menjaga laptop bobot laptop ini tetap nyaman sebagai perangkat mobile. Apalagi Asus bisa menjaga suhu temperatur CPU/GPU mereka tetap lebih rendah dibandingkan para rivalnya. Kondisi penting saat pengguna ingin bermain game dalam durasi yang cukup lama agar performa laptop bisa lebih stabil.

Namun, laptop ini pun memiliki beberapa kekurangannya. Desain keyboard-nya yang cenderung kecil bisa membuat pengguna kurang nyaman saat menggunakannya tidak di atas meja. Apalagi ruang trackpad-nya cukup kecil dibandingkan dengan pesaingnya. Manfaat maksimal bisa didapatkan saat pengguna menggunakannya di atas meja dengan kondisi dicolok ke sumber daya.

CEK DI SINI UNTUK BISA MERASAKAN BERMAIN GAME DENGAN ASUS ROG ZEPHYRUS GX531GX

MSI GE63 8SG, gacoan terbaru dari Taiwan

Sebagai salah satu produsen yang terkenal lewat laptop gaming-nya, tentu MSI tak ingin ketinggaalan dengan para pesaingnya. Mereka pun memperkenalkan MSI GE63 8SG dengan dukungan kartu grafis Nvidia GeForce 2080. Berbeda dengan dua laptop di atas, laptop ini memiliki desain layaknya laptop gaming lainnya, yaitu bertubuh bulky.

Mereka pun memperkental identitas laptop gaming-nya dengan penawaran LID cover yang menyala yang disebut dengan Mystic Light Cover. LID cover ini mampu menghadirkan warna-warna iluminasi yang memikat berkat kombinasi 16,8 juta warna.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI MSI GE63 8SG

Gigabyte AERO 15 Y9, compact dan bertenaga

Seri Aero 15 dari Gigabyte memang dikenalkan desainnya yang ringkas dan tetap menawarkan performa yang maksimal. Oleh karena itu, tak heran jika Aero 15 Y9 menggunakan GeForce RTX 2080 Max-Q sebagai kartu grafis pendukung performanya. Selain itu, laptop ini juga didukung dengan CPU Core i908959HK dan RAM hingga 64GB. Buat gamers yang suka melihat laptop gamingdengan desain yang kokoh tapi tetap ringkas dan ringan dibawa ke mana-mana, Aeor 15 Y9 ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

LIHAT DI SINI UNTUK MEMBELI GIGABYTE AERO 15 Y9

Nvidia GeForce RTX 2080 menawarkan pengalaman terbaik untuk bermain game saat ini. Tak hanya bisa menghemat daya lebih besar, tapi performanya pun tetap bisa terjaga dengan baik sehingga penggunanya tidak akan mengalami gangguan saat melawan raja terakhir yang sangat sulit dikalahkan di game.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY