me

10 Tips Memilih dan Merawat Velvet Bag

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

blibli.com
Simak dulu tips memilih dan merawat velvet bag ini sebelum beli!

outfit cewek bumi, ootd cewek bumi earth tone wanita

Bahan velvet atau beludru terkesan anggun dan elegan, biasanya dijadikan aksesori untuk pergi ke pesta atau acara formal lainnya. Nah, kalau Blibli Friends berencana pakai velvet bag untuk undangan pesta, pastikan cek dulu tips memilih dan merawat velvet bag di bawah ini!

Baca juga :


Tips Memilih Velvet Bag

Mau beli velvet bag dari 9 to 12 atau merek lainnya? Ada beberapa tips yang perlu jadi perhatian Blibli Friends supaya bisa dapat yang terbaik. Yuk, cek cara memilihnya di bawah ini:

Pilih Velvet Bag yang Tenunannya Rapat

blibli.com

Secara umum, teknik tenun yang digunakan untuk bahan velvet adalah tenunan datar dan tenunan bertumpuk. Kain tenunan yang lebih rapat pada dasarnya bakal lebih tahan lama dibandingkan yang tenunannya longgar. 

Pilih Velvet Bag dari Serat Campuran

Pilih Velvet Bag dari Serat Campuran
blibli.com

Bahan velvet pada dasarnya bisa terbagi menjadi serat velvet alami, serat sintetis, dan serat kombinasi atau campuran keduanya. Saat memilih mana yang terbaik, paling aman pilih bahan velvet yang merupakan perpaduan keduanya, serat alami dan serat sintetis, karena dianggap lebih kuat. 

Pilih Velvet Bag dengan Grade Tinggi

Pilih Velvet Bag dengan Grade Tinggi
blibli.com

Bahan velvet tersedia dalam beragam grade atau tingkatan. Biasanya, bahan velvet dari serat alami harganya lebih tinggi dibandingkan serat sintetis. Supaya velvet bag Blibli Friends tahan lama, disarankan pilih yang terbuat dari bahan velvet grade tinggi. Di antaranya adalah Silk Mark dan Global Recycleds Standard atau GRS. 

Pilih Velvet Bag yang Jumlah Benangnya Lebih Banyak

Pilih Velvet Bag yang Jumlah Benangnya Lebih Banyak
blibli.com

Jumlah benang di dalam kain dihitung per inci persegi. Semakin banyak jumlah benangnya, artinya serat kainnya lebih rapat, sama juga dengan kain beludru. Sepotong kain beludru dengan jumlah benang yang lebih banyak pasti kekuatan dan daya tahannya lebih tinggi. 

Kalau velvet bag benangnya banyak, ini juga jadi penanda bahwa tas tersebut terbuat dari bahan yang ditenun dengan rapat, jadi lebih tahan dan nggak gampang rusak. Kain beludru yang benangnya banyak paling baik dijadikan bahan utama velvet bag. 

Pilih Velvet Bag yang Lebih Berat

blibli.com

Tahu nggak sih, berat kain beludru itu bisa menentukan daya tahan kain? Tenunan bahan beludru yang padat dan jumlah benang yang lebih tinggi biasanya lebih tahan lama dibandingkan kain yang nggak terlalu padat. Bisa disimpulkan, kain velvet yang lebih berat adalah yang kualitasnya lebih baik. Kalau lebih ringan, justru kualitasnya dipertanyakan. 

Pilih Ukuran dan Kapasitas Tas yang Tepat

Pilih Ukuran dan Kapasitas Tas yang Tepat
blibli.com

Apa pun jenis tasnya, penting banget mempertimbangkan ukuran dan kapasitas tas, sesuai dengan kebutuhan Blibli Friends. Begitu juga halnya dalam memilih velvet bag. Kalau kamu terbiasa bawa banyak barang, maka sebaiknya pilih velvet bag ukuran medium hingga besar. 

Sementara itu, kalau sehari-hari kamu lebih suka bawa barang sedikit dan tipe yang simpel banget, ukuran kecil sampai medium bisa kamu pilih. Bahkan sekarang juga ada ukuran micro bag yang super kecil, cocok banget dipakai ke pesta. 

Tips Merawat Velvet Bag

Sudah dapat velvet bag dari 9 to 12 Official Store? Supaya tas bisa tahan lama dan nggak gampang rusak, pastinya Blibli Friends perlu tahu cara merawatnya yang baik dan benar. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Bersihkan Velvet Bag Sesuai Instruksi Label

istockphoto.com

Bisa nggak sih bahan beludru dicuci? Ada yang bilang bisa, tapi ada juga yang bilang bahan ini cuma bisa dibersihkan di dry cleaner saja. Dua-duanya ada benarnya, kok, tergantung dari produksi bahan tersebut. Jadi, sebelum membersihkan velvet bag milikmu, lebih baik cek dulu label instruksi yang ada di bagian dalam tas. 

Untuk tas dengan label “Dry Clean Only” atau “Do Not Wash,” artinya memang nggak bisa kamu cuci sendiri di rumah. Tas ini cuma bisa kamu bawa ke dry cleaner untuk membersihkannya. Sementara untuk yang diperbolehkan untuk dicuci, maka jangan lupa gunakan bahan penghilang noda yang dibuat khusus untuk kain-kain lembut. Setelah itu, sebaiknya velvet bag dicuci secara manual. 

Steam Velvet Bag dengan Cara yang Tepat

Steam Velvet Bag dengan Cara yang Tepat
carousell.com

Khusus untuk velvet bag yang nggak bisa dicuci, kamu bisa membersihkannya dengan steamer atau bersihkan area yang bernoda saja. Untuk membersihkan noda, bisa dengan cara membasahi area yang bernoda dengan kain lembap, lalu tambahkan 1-2 tetes produk penghilang noda yang terbuat dari bahan-bahan lembut. 

Gosok bagian yang bernoda tadi dengan kuas noda yang sikatnya lembut. Setelah itu, hilangkan sabun dan kotoran dari bahan beludru menggunakan kain katun bersih. Pastikan nggak ada sisa air dan sabun yang tersisa sebelum dikeringkan. Basahi kain seperlunya saja. Kamu bisa ulangi proses ini sampai benar-benar bersih. 

Sementara itu, untuk menggunakan steamer memang perlu berhati-hati. Gantung velvet bag dan posisikan steamer nggak terlalu dekat dengan tas. Setelah itu, gerakkan perlahan sampai semua bagian tas benar-benar sudah kamu lewati. Penggunaan steamer ini berguna untuk menghilangkan residu dan debu, sehingga velvet bag jadi lebih bersih. 

Cuci Manual untuk Velvet Bag yang Boleh Kena Air

Cuci Manual untuk Velvet Bag yang Boleh Kena Air
carousell.com

Khusus untuk velvet bag yang bisa dicuci dengan air, disarankan cuci manual alias pakai tangan saja. Tips pertama adalah pilih sabun yang kandungannya dari bahan-bahan lembut. Setelah itu, siapkan baskom yang ukurannya cukup untuk merendam tas dan isi dengan air dingin. 

Rendam velvet bag selama sekitar 20 menit. Setelah itu, tambahkan sabun dan remas bahan beludru dengan tangan secara lembut saja. baru bilas dengan air bersih. Pastikan air sisanya sudah nggak mengandung sabun lagi. 

Simpan Velvet Bag dengan Tepat

carousell.com

Bahan beludru itu termasuk salah satu yang cukup sensitif, jadi menyimpannya pun perlu hati-hati. Sebaiknya memasukkan tas ke dalam dust bag dari bahan katun dan hindari meletakkannya di dekat klip atau bahan yang berat, karena ini bisa meninggalkan bekas di bahan beludru. Hindari menyimpan velvet bag di dalam plastik karena berisiko merusak warnanya.

Selain itu, bahan beludru itu gampang banget menarik debu dan serat kain, jadi meskipun disimpan bisa saja kotor. Kalau punya beberapa barang yang terbuat dari beludru, sebaiknya sediakan sikat pakaian supaya bisa membersihkan velvet bag secara teratur. 


Baca juga :

Itu dia 10 tips memilih dan merawat velvet bag yang tepat supaya tahan lama dan nggak mudah rusak. Bakal tetap terlihat anggun terus, pastikan kamu cek label instruksi tas untuk perawatan yang paling tepat. Nah, kalau Blibli Friends baru mau beli velvet bag, yuk meluncur ke laman Fashion Wanita Blibli dan pilih tas yang paling kamu suka sekarang juga!