me

Manfaat Obat Ivermectin untuk Manusia, Mekanisme Kerjanya, dan Dosis

Jul 02, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : mediaindonesia.com

Manfaat Obat Ivermectin —Belakangan ini, nama obat Ivermectin sering banget terdengar. Ya, dengan makin meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia, ada beberapa pihak yang menyarankan penggunaan obat Ivermectin buat mengobati pasien penderita COVID-19.

Untuk saat ini, penggunaan obat Ivermectin untuk penderita COVID-19 masih berupa opini. Tapi, penggunaan Ivermectin di dalam dunia medis memang sudah jamak banget. Yuk, cari tahu apa saja sih manfaat obat Ivermectin sekaligus cara kerja dan dosis yang dibutuhkan.

BACA JUGA: APA ITU PPKM DARURAT DAN ATURAN YANG HARUS DIPATUHI?

————————-

Manfaat Obat Ivermectin

Ivermectin adalah obat anti parasit yang sering dipakai buat meredakan infeksi cacing gelang. Manfaat lain dari obat Ivermectin ini dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan parasit kulit, seperti scabies dan ringworm.

Kondisi medis lainnya yang bisa ditangani dengan obat Ivermectin ini antara lain: Cutaneous Larva Migrans, Ascariasis, Filariasis, Strongilodiasis, dan Onchocerchiasis.

Selain meredakan infeksi parasit, obat Ivermectin juga punya kandungan anti inflamasi, alias meredakan peradangan. Sehingga, obat ini juga banyak banget dipakai dalam treatment buat mengatasi ruam kulit atau rosacea.

Nah, Ivermectin juga dikabarkan punya khasiat layaknya obat antiviral. Obat ini dikatakan bisa menghambat perkembangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, orang yang terinfeksi virus tersebut cuma akan punya gejala ringan.

Obat ini juga bisa dipakai buat mencegah dampak yang lebih parah untuk penderita COVID-19 dengan gejala berat. Tapi sayangnya, penelitian tentang efek Ivermectin terhadap virus COVID-19 ini masih belum dilakukan pada manusia.

Obat Ivermectin ini hadir dalam 3 bentuk kemasan, yaitu tablet, lotion, dan krim.

Komposisi Obat Ivermectin

Nah, sudah tahu kan manfaat obat Ivermectin? Tapi, Blibli Friends juga wajib tahu komposisi yang terkandung di dalam obat ini. Ivermectin adalah jenis obat oral yang diproduksi dari hasil fermentasi bakterium Streptomyces avermitis. Tersedia dalam kemasan 3 mg, obat ini mengandung sari pati pregelatinized, bubuk asam sitrat, selulosa mikrokristalin, hidroksianol, dan magnesium stearat.

Mekanisme Kerja Obat Ivermectin

Nah, Blibli Friends pastinya juga penasaran, kan? Gimana sih cara kerja obat Ivermectin ini di dalam tubuh manusia?

Obat anti-parasit ini memang diformulasikan khusus buat membunuh parasit cacing hingga tuntas sampai telur-telurnya yang masih ada di dalam tubuh. Cara kerja obat ini adalah dengan melumpuhkan dan membunuh larva cacing yang ada di dalam tubuh atau kulit hingga tuntas.

Selain itu, obat ini juga bisa dipakai buat meredakan peradangan akibat infeksi parasit.

Ivermectin bisa mengikat dan menghambat protein khusus yang dibutuhkan oleh virus buat menyerang tubuh. Khasiat ini sudah terbukti dalam pengobatan penyakit virus yang disebarkan oleh nyamuk, seperti demam Zika, demam kuning dan malaria.

Itulah yang bikin para ilmuwan makin penasaran, siapa tahu Ivermectin juga punya efek yang sama buat menangkal COVID-19. Tapi, cara kerja obat ini dalam menghadapi virus ini memang masih dalam tahap penelitian.

BACA JUGA: VITAMIN C YANG BAGUS UNTUK DAYA TAHAN TUBUH

Dosis Obat Ivermectin

Ivermectin adalah obat yang hanya bisa dikonsumsi dengan resep dokter saja. Jadi, Blibli Friends nggak boleh asal beli dan mengonsumsi obat ini, ya.

Untuk jenis penyakit infeksi parasit, dosis Ivermectin yang berlaku juga berbeda-beda.

Misalnya, buat penderita infeksi parasit Strongyloidiasis, dosis yang berlaku buat orang dewasa dan anak-anak dengan bobot badan ≥15 kg adalah sekitar 200 mcg/kgBB buat dikonsumsi selama 1 – 2 hari.

Berbeda untuk penderita infeksi cacing Ochocerca volvulus. Dosis Ivermectin yang dibutuhkan adalah sekitar 150 mcg / kgBB untuk dosis tunggal.

Dosis ini berlaku buat anak-anak dengan berat badan ≥15 kg dan orang dewasa, ya. Buat kamu yang menderita rosacea, bisa pakai Ivermectin kemasan krim.

Oleskan krim itu secukupnya saja di area yang terdampak sebanyak 1 kali sehari selama 4 bulan.

————————-

Jika Blibli Friends membutuh obat dan vitamin penunjang di masa pandemi, Blibli menyediakan berbagai obat dan multivitamin loh. Yuk jangan lupa untuk selalu minum vitamin ya biar aktivitas selalu lancar.