me

10 Cara Hidup Sehat, Kunci Panjang Umur dan Bahagia

May 13, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Cara Hidup Sehat — Hayo, Blibli Friends, kapan terakhir kali kamu menerapkan healthy lifestyle, nih? Well, kamu pasti paham, kan, kalau menjaga pola hidup sehat itu kunci penting agar kita bisa mencapai kualitas hidup yang lebih baik, terhindar dari berbagai penyakit kronis dan merasa bahagia hingga usia lanjut. Agar bisa mewujudkan hal itu, ikuti rahasia dan cara hidup sehat di ulasan berikut, yuks!

Well, sejak beberapa tahun terakhir kondisi cuaca emang makin nggak menentu, bikin tubuh gampang sakit. Meski begitu bukan berarti kita pasrah menerima kondisi. Dan nggak perlu juga terlalu khawatir berlebihan. Kamu cukup menerapkan beberapa kebiasaan sebagai kunci panjang umur dan hidup bahagia, seperti berikut ini:

Baca Juga:


Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi
freepik.com/author/jcomp

Cairan adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Rahasia dalam pola hidup yang sehat adalah mencukupi asupan cairan harian kita. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air minum paling sedikit 2 liter dalam sehari. Tapi semakin berat aktivitas fisik yang kamu lakukan, maka semakin banyak pula kebutuhan tubuh akan cairan. Perhatikan jangan sampai mengalami dehidrasi.

Ketika kamu memperhatikan asupan cairan bagi tubuh, itu ternyata nggak cuma meredakan haus doang, lho. Tapi juga menyimpan manfaat lain yang nggak kalah penting, yakni melindungi tubuh kita dari serangan beberapa penyakit. Bahkan bagus buat yang lagi menjalani program diet, karena kebiasaan ini bisa membantu berat badan tetap ideal. So, it’s a win-win solution, kan?

Konsumsi Makanan Sehat

This image has an empty alt attribute; its file name is B140050-2-Konsumsi-Makanan-Sehat-1024x538.jpg
freepik.com/author/jcomp

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, hal lain yang nggak boleh kamu lewatkan dalam pola hidup positif adalah mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti sayuran dan buah. Dan meski lebih baik memasak sendiri, tapi sekarang sudah semakin banyak restoran atau catering yang menawarkan sajian sehat dengan cita rasa yang menggugah selera dan nagihin, lho.

Pastikan Waktu Tidur Mencukupi

Pastikan Waktu Tidur Mencukupi
freepik.com/author/pressfoto

Tubuh dan pikiran memerlukan istirahat yang cukup agar terjaga kesehatannya. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan tidur setiap hari selama 7 atau 9 jam. Pergilah tidur dan bangunlah di jam yang sama setiap hari. Begadang dan bangun siang bisa membawa dampak negatif pada kesehatan mental serta tubuh. So, hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga, ya.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang tenang, membaca buku atau bermeditasi. Hal-hal ini bisa membuat pikiran dan tubuhmu lebih rileks sekaligus membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga kamu nggak gampang terbangun di malam hari, Blibli Friends.

Membatasi Konsumsi Gula dan Garam

Membatasi Konsumsi Gula dan Garam
freepik.com/author/luis-molinero

Siapa, nih, yang demen banget menyantap makanan manis dan asin? Tahu nggak, sih, kalau gula dan garam jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit kronis? Kamu nggak mau, kan, di usia muda hingga tuamu harus berteman dengan berbagai penyakit berbahaya? So, kenapa nggak pakai Voucher Makanan Sehat sebagai bentuk menyayangi tubuh?

Belajar Mengelola Stres dengan Baik

Belajar Mengelola Stres dengan Baik
freepik.com/author/EyeEm

Eits, kesehatan tubuh ternyata nggak cuma dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari, lho. Kondisi mental juga bisa mengganggu kesehatan fisikmu. Ada beberapa risiko gangguan kesehatan yang lebih besar dialami oleh orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi, seperti GERD atau penyakit asam lambung.

Apabila kamu termasuk orang yang mudah stres, cobalah beberapa tips ini. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan berulang kali hingga kamu merasa lebih baik. Setelah pikiranmu rileks, lakukan aktivitas yang membuatmu merasa senang, seperti menonton film kesukaan, makan makanan lezat, membaca buku atau pergi ke salon.

Rumah Harus Terjaga Kebersihannya

This image has an empty alt attribute; its file name is B140050-6-Rumah-Harus-Terjaga-Kebersihannya-1024x538.jpg
freepik.com/author/ronnachaipark

Pola hidup sehat yang sering diabaikan adalah menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan sekitar. Rumah yang kotor menjadi sarang kuman dan penyakit. Selain memperhatikan kebersihan rumah, hal lain yang nggak kalah penting adalah memastikan akses cahaya dan ventilasi yang memadai di setiap ruangan, seperti kamar tidur, kamar mandi hingga dapur.

Gerakkan Tubuh secara Aktif

Gerakkan Tubuh secara Aktif
freepik.com/author/jcomp

Rajin olahraga seenggaknya setiap 3 kali seminggu juga penting dilakukan kalau kamu ingin punya tubuh sehat dan jiwa yang bahagia. Tenang, nggak perlu melakukan aktivitas fisik yang terlampau berat seperti latihan para atlet, kok. Cukup dengan jogging atau lari santai di taman kota, bersepeda ke pasar, naik tangga di kantor atau kampus hingga berenang.

Lakukan saja olahraga ringan dan yang paling kamu sukai sebagai awal. Dan nggak perlu juga terlalu lama. Cukup luangkan waktu paling nggak selama 20 menit per hari. Tujuannya adalah untuk membakar kalori berlebihan di tubuh sekaligus membantu oksigen agar lebih lancar mengalir ke seluruh bagian tubuh agar nggak gampang capek dan sakit, Blibli Friends.

Hindari Kebiasaan yang Berdampak Buruk

This image has an empty alt attribute; its file name is B140050-8-Hindari-Kebiasaan-yang-Berdampak-Buruk-1024x538.jpg
freepik.com/author/EyeEm

Cara hidup sehat selanjutnya yang wajib banget kamu terapkan sejak usia dini adalah meninggalkan semua kebiasaan negatif yang memiliki dampak buruk bagi kesehatanmu ke depannya. Mulai dari merokok, minum alkohol, begadang, yang dapat meningkatkan beberapa penyakit berbahaya, seperti stroke, penyakit paru-paru, jantung, kanker dan lain sebagainya.

Cuci Tangan Setelah dari Luar Rumah

Cuci Tangan Setelah dari Luar Rumah
freepik.com/author/pvproductions

Rajin mencuci tangan, sejak beberapa tahun terakhir, menjadi bagian penting dari kebiasaan hidup yang harus dilakukan jika ingin menjaga kesehatan diri dan orang-orang tersayang. Setiap kali baru dari luar rumah, pastikan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Lalu jangan lupa keringkan dengan handuk bersih.

Selain harus dilakukan saat baru beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan juga wajib sebelum makan, setelah dari kamar mandi hingga ketika habis menyentuh benda-benda tertentu. Dengan menjaga kebersihan tangan, maka kamu sudah mencegah penyebaran penyakit infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, virus dan kuman patogen lainnya.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin
freepik.com/author/freepik

Yang terakhir dalam pola hidup sehat adalah rajin-rajin memeriksakan kesehatan diri dan keluarga tercinta untuk mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing. Jadi kita bisa segera tahu kalau ada gangguan kesehatan tertentu yang diderita dan memberikan pengobatan sesegera mungkin sebelum penyakit semakin parah serta sulit diobati.


Baca Juga:

Gimana, ternyata cara hidup sehat nggak sulit untuk diterapkan, kan? Nah, buat yang ingin memberikan kado spesial bagi orang tersayang, Blibli punya banyak rekomendasinya, lho. Supaya nggak bingung-bingung mencari yang sesuai, berikan saja Voucher Olahraga sebagai bentuk kasih sayangmu pada mereka. So, semangat hidup sehat dan bahagia bersama, ya!