me

Manfaat Minum Teh, Penghilang Stress dan Pembuat Langsing

Sep 25, 2023.By Nadine
Bagikan

casadevalentina.com.br

KKE

Manfaat Minum Teh — Apa pilihan sarapanmu di pagi hari, Blibli Friends? Teh dan roti? Wah, berarti kamu ada di artikel Blibli Friends yang tepat, karena hari ini kita akan bahas soal konsumsi teh untuk sarapan di pagi hari, apa saja keuntungannya dan apa saja pantangan dari konsumsi teh di pagi hari? Yuk kita cari tahu bersama!


Jenis Breakfast Tea yang kita konsumsi sekarang adalah resep teh yang dibuat pada tahun 1892 oleh Robert Drysdale, yang awalnya dibuat khusus sebagai pendamping santapan traditional English breakfast yang kaya akan protein. Dilansir dari Diffords Guide, Robert adalah seorang pembuat teh profesional yang berasal dari Skotlandia.

Konsumsi Teh Menghilangkan Stress Hingga Mengurangi Risiko Stroke

Dari beberapa narasumber yang berbeda, konsumsi teh sebagai sarapan ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita, berikut penjelasannya manfaat minum teh:

1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian oleh Rurgers University menyatakan bahwa bagian dari teh hitam yang dikenal dengan nama Theaflavin-3’-monogallate, atau TF-2, dapat menyebabkan sel kanker kolorektal menghancurkan diri mereka sendiri tanpa merusak sel yang normal.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Banyak penelitian menyatakan bahwa kombinasi antara kafein dan L-Theanine, asam amino alami yang ditemukan dalam teh, dapat meningkatkan memori sekaligus meningkatkan fokus dan konsentrasi.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian Journal of Nutrition menyatakan bahwa konsumsi teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh orang dewasa. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa 5 dari 15 orang yang diteliti selama 3 minggu, mengalami penurunan kadar kolesterol sebesar 6,5% setelah mengonsumsi teh hitam setiap hari.

4. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Seorang peneliti di Boston University School of Medicine melakukan penelitian kepada 70 orang dengan keadaan arteri koroner yang tersumbat sebesar 70%. Setelah mengonsumsi teh hitam, fungsi pembuluh darah mereka meningkat hampir 50%, hal ini disebabkan oleh kadar flavonoid, senyawa tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah pembentukan plak di dinding arteri.

5. Ampuh menghilangkan stress

Sebuah penelitian oleh UCL menyatakan bahwa teh dapat mengurangi hormon kortisol atau hormon stress yang menyebabkan penimbunan lemak di perut dan membuat penuaan kulit lebih cepat terjadi. Orang-orang yang mengonsumsi teh dinyatakan lebih bisa mengurangi rasa stress daripada yang tidak, dan terbukti memiliki kadar hormon kortisol yang lebih rendah.

Disamping memiliki banyak keuntungan jika mengonsumsi teh, tetap ada beberapa hal yang harus kita sadari, salah satunya adalah teh tidak baik dikonsumsi secara langsung setelah kita bangun tidur.

Yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Teh

Teh memang adalah salah satu hal yang umumnya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, tapi perlu diingat bahwa beberapa jenis teh yang langsung dikonsumsi setelah kita bangun tidur di pagi hari juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Karena itulah, seperti yang sudah diinformasikan di awal, Breakfast Tea memang dirancang sebagai minuman pendamping pada saat sedang mengonsumsi sarapan.

Lalu bagaimana cara konsumsi teh yang benar di pagi hari? Times Now News menjelaskan bahwa kita dapat mengonsumsi teh setelah kita mengonsumsi makanan yang padat, seperti buah, sereal, dan bentuk sarapan lainnya. Pilihan jenis teh yang baik untuk dikonsumsi sebagai pendamping sarapan adalah teh hitam atau teh hijau.

Untuk banyaknya gelas teh yang dikonsumsi perhari sebenarnya tidak ada batasan, namun jika kita adalah orang yang baru mengonsumsi teh, konsumsi dua gelas teh perhari adalah awalan yang baik. Minum air hangat sebelum minum teh di pagi hari juga baik untuk mengatur kadar pH dalam perut.

Rekomendasi Teh Lokal

Untuk kamu yang mau coba konsumsi teh di rumah, ini dia beberapa produk teh lokal yang bisa kamu coba menurut Kompas.com:

  • Havel Tea: Memadukan teh asli Indonesia yang berkualitas tinggi dengan buah-buahan, bunga, dan rempah.
  • TEMA Tea: Artisan tel yang menyuguhkan aneka jenis teh berkualitas, ada paket siap seduh hingga bingkisan untuk hampers. TEMA Tea juga sering membuat workshop teh virtual yang bisa kita ikuti dari rumah.
  • Oza Tea: Teh spesial oleh tea master asal bandung yang diracik sendiri dan bisa kita beli versi siap minumnya.
  • Havilla Tea: Produk teh lokal yang terkenal memiliki kualitas tinggi dengan rasa yang nikmat dan kemasan yang cantik.
  • Singabera: Menyediakan beragam jenis teh berkualitas tinggi dan juga makanan sehat berbahan dasar rempah di Indonesia.

Wah, ternyata selain karena bisa disuguhkan dengan cantik, sarapan dengan mengonsumsi teh juga memiliki banyak manfaat ya, Blibli Friends! Kalau kamu suka sarapan dengan teh juga nggak nih?

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya