me

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Cek Lengkap di Sini!

Oct 04, 2022.By
Bagikan

Makanan sehat untuk ibu hamil  – Tahukah kamu, bahwa asupan nutrisi ibu hamil perlu dijaga untuk mendukung pertumbuhan calon bayi dalam kandungannya. Hal ini karena nutrisi dari asupan makanan yang dimakan oleh ibu tidak hanya berguna bagi tubuh ibu saja namun nutrisinya juga akan diberikan kepada calon bayi. Asupan nutrisi selama kehamilan harus terpenuhi secara optimal dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar.

Asupan nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan sehat dan segar, setidaknya makanan tersebut mengandung kalori yang cukup bagi kebutuhan tubuhnya. Untuk kadar kalori yang sebaiknya terpenuhi oleh ibu hamil adalah sebanyak 180 hingga 300 kalori sehari.  Tidak hanya sehat dan segam makanan ibu hamil juga harus dipastikan steril dari bakteri jahat.

Adapun kebutuhan nutrisi dan gizi bagi ibu hamil serta bayinya diantanya vitamin C, Protein, kalsium, zat besi, fosfat dan asam  folat. Nutrisi dan gizi janin bisa terpenuhi dengan baik melalui makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Oleh karena itu apabila Blibli Friends sedang mencari makanan sehat untuk ibu hamil, maka kamu bisa memilih makanan yang kaya akan nutrisi dan olahan makanan yang sehat.

Agar  Blibli Friends tidak bingung mengenai kebutuhan nutrisi untuk kebutuhan calon buah hati sebaiknya  BBF perlu mengetahui jenis makanan yang sehat dan segar serta bisa meningkatkan tumbuh kembang dan menjaga kesehatan janin secara optimal.


Baca juga: Produk-Produk Bermanfaat Spesial Untuk Hari Ibu 

Jenis-jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Lalu apa saja jenis makanan sehat untuk ibu hamil? Berikut adalah makanan sehat untuk ibu hamil lengkap disini!

1. Telur dan Daging

Telur merupakan makanan pokok yang hampir setiap hari kita konsumsi sebagai lauk pauk. Telur juga bisa dijadikan cemilan bagi ibu hamil, telur memiliki kandungan zat besi yang bergizi dan penting bagi kesehatan janin. Bahkan Blibli Friends  bisa menjadikan olahan menu makanan dengan berbahan dasar telur yang bervariasi dan menu hidangan yang menarik.

Sementara itu daging juga merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bagaimana tidak kandungan nutrisi pada daging sapi dan daging ayam sangat baik bagi pertumbuhan janin. Daging mengandung zat besi yang berfungsi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah.

Dengan mengkonsumsi daging dan telur secara rutin makan dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan janin dan ibu hamil secara berkala. Ketika mengolah olahan daging pastikan daging matang secara sempurna. Selama mengkonsumsi makanan ini sebaiknya diselingi dengan mengkonsumsi banyak minum air putih.

2. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah kacang-kacangan, ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, karena memang pada dasarnya ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi kacang-kacangan untuk memberikan nutrisi dan zat bergizi pada janin.

Adapun jenis kacang yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil meliputi kacang kedelai, kacang buncis, kacang tanah, kacang polong, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Kacang-kacangan ini mengandung banyak protein dan asam folat yang dibutuhkan oleh kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Nutrisi yang terdapat pada kacang-kacangan ini sangat penting bagi kesehatan ibu dan juga janinnya. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan baik olahan atau pun secara langsung maka dapat meminimalisir terjadinya kondisi cacat lahir pada janin.

3 .Brokoli

Tentunya  Blibli Friends sudah nggak asing lagi dengan dengan brokoli bukan? Sayuran hijau ini merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, dan tentunya sangat membantu untuk meningkatkan nutrisi kesehatan ibu hamil dan janin selama proses pertumbuhan. Kandungan pada brokoli sangat banyak mulai dari karotenoid yang baik untuk kesehatan mata, kalsium, asam folat, dan lain sebagainya.

Brokoli dapat dikonsumsi secara langsung dengan membuatnya menjadi jus sayuran atau diolah dengan membuat masakan bahan dasar brokoli. Agar tidak mengurangi kadar nutrisi yang dikandung oleh brokoli maka sebaiknya memasak brokoli tidak sampai lembek atau terlalu matang.

Dengan mengkonsumsi sayuran brokoli secara rutin maka  Blibli Friends sedang membantu tumbuh kembang janin agar tidak memiliki berat badan yang rendah atau cacat lahir, karena gizinya terpenuhi melalui asupan brokoli setiap harinya.


Rekomendasi Buah Segar untuk Ibu Hamil

Lalu apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi buah segar? Apa saja buah segar yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Ibu hamil tidak hanya perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan nutrisi saja, namun asupan nutrisi ibu hamil juga harus seimbang dengan kebutuhan serat dalam tubuh. Tubuh manusia terutama ibu hamil akan mendapatkan nutrisi berupa serat dari mengkonsumsi buah-buahan segar. Namun demikian tidak semua bah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena beberapa faktor tertentu. Apabila buah tersebut dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa pantauan dari dokter, maka dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu agar  Blibli Friends tidak bingung untuk mengetahui kebutuhan serat seperti apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka kamu perlu menyimak ulasan berikut.

Selama mengandung ibu hamil perlu memenuhi kebutuhannya akan serat dengan mengkonsumsi makanan yang aman untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, berikut ulasannya.

1. Apel Fuji

Rekomendasi buah segar selanjutnya yang aman dan ramah untuk dikonsumsi ibu hamil adalah apel fuji. Siapa yang tidak mengenalI jenis apel fuji satu ini yang memiliki rasa yang manis dan tekstur buah yang lembut. Apel fuji memiliki kandungan nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil serta kesehatan calon bayi.

Apel Fuji memiliki kandungan asam folat yang dapat meminimalisir terjadinya kecacatan saat lahir. Selain itu kalori yang dihasilkan oleh apel fuji adalah sebesar 58 kkal setiap 100 gramnya. Apel fuji juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang dan bermanfaat bagi kesehatan usus.

Tidak hanya itu apel fuji baik untuk kesehatan tubuh sang ibu untuk menghindari dari adanya kekurangan darah atau anemia. Kemudian apel fuji juga sehat uuntk kesehatan tulang dan gigi calon jabang bayi dan sangat membantu perkembangan serta pembetukan saraf bayi yang sedang dalam kandungan.

2. Pisang Sunpride Cavendish

Hampir semua kalangan manusia menyukai buah pisang karena memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Pada umumnya ibu yang sedang mengandung jabang bayi pasti sering merasakan mual dan tidak enak di bagian perut serta pinggang. Nah, buah pisang mampu meredakan rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil.

Tidak hanya itu pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi yang bermanfaat untuk mengatur kesehatan dan keseimbangan cairan serta elektrolit selama masa kehamilan. Bagi ibu hamil yang sering mengkonsumsi buah pisang juga dapat meminimalisir adanya wasir atau susah buang air besar selama kehamilan karena buah pisang ini memiliki kangan serat yang tinggi.

Buah pisang bisa dengan mudah  Blibli friends dapatkan di berbagai toko buah. Namun apabila kamu ingin mendapatkan buah pisang dengan kualitas terbaik maka kamu bisa membelinya di marketplace terpercaya seperti Blibli. Blibli menyediakan buah Pisang Sunpride Cavendise segar yang sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

3. Alpukat Mentega

Rekomendasi buah segar selanjutnya yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah Alpukat Mentega. Siapa sih, yang nggak kenal dengan buah satu ini? Buah alpukat merupakan buah yang paling banyak penggemarnya dan mudah untuk dijadikan kombinasi menu makanan sehat, dan tentunya aman untuk ibu hamil.

Buah alpukat mengandung nutrisi yang tinggi dan berguna bagi kesehatan ibu dan janin karena buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak ini berfungsi untuk mengurangi resiko bayi cacat dan mampu membantu untuk meningkatkan perkembangan otak dan jaringan tubuh bayi.

Alpukat juga penuh dengan kandungan nutrisi lain seperti serat Vitamin, B, Vitamin E, dan vitamin C, serta terdapat kandungan kalium yang mampu mengurangi kram kaki pada ibu hamil.  Bagi  Blibli Friends yang ingin mendapatkan buah alpukat mentega berkualitas, kamu bisa mendapatkannya di toko online terpercaya seperti Blibli dengan harga yang ramah di kantong.

4. Jeruk

Buah jeruk menjadi rekomendasi buah yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya. Seperti yang diketahui bahwasanya buah jeruk merupakan buah yang mengandung air cukup banyak bahkan hampir 90% kandungan dalam jeruk adalah air. Oleh karena itu buah jeruk bisa membantu menjaga kebutuhan mineral bagi ibu hamil.

Ada banyak jenis jeruk yang beredaran di pasar salah satunya adalah Jeruk Murcot, namun demikian manfaat ketika ibu hamil mengkonsumsinya tidak jauh berbeda. Alangkah lebih baik memilih jeruk dengan kualitas dan rasa yang manis untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Jeruk mengandung nutrisi berupa folat yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Selain itu nutrisi yang dikandung buah jeruk juga mampu meminimalisir terjadinya cacat lahir pada janin ibu hamil.

Baca juga: Rekomendasi Bra Menyusui yang Nyaman Dipakai


Nah, kira-kira itulah rekomendasi makanan sehat ibu hamil dan buah segar yang aman dikonsumsi.  Blibli Friends dapat memilih jenis buah segar sesuai dengan keinginan atau seleramu. Namun tetap harus dibarengi dengan asupan nutrisi dari makanan lain yang seimbang. Bagi kamu yang sedang mencari buah segar dengan kualitas terbaik, pastikan Blibli Friends membelinya di Blibli.

Tag: