me

8 Makanan Khas India Ini Sayang Dilewatkan!

Jun 07, 2023.By Nadine
Bagikan

twitter.com/indianfooddishs

Simak dulu 8 makanan khas India ini sebelum berangkat liburan!

Blibli Friends penggemar makanan khas India yang rasanya unik? Atau mau liburan ke India dan penasaran apa saja makanan khas yang wajib dicoba selama ada di Negara Anak Benua ini? Nggak perlu penasaran lagi, yuk cek deretan makanan lezatnya di sini!

Baca juga: Makanan Khas Korea Selatan, Yuk Cobain!

Sekilas tentang India

Sekilas tentang India
Sumber: nationalgeographic.com

Berada di Asia Selatan, India adalah negara yang luasnya mencapai 3.287.263 km persegi. Dikenal di dunia dengan film dan musiknya, budaya India juga unik, menarik, dan disukai di berbagai negara lainnya, termasuk di Indonesia.

Tak hanya dunia hiburannya yang menarik, kuliner asal India juga sangat populer di berbagai belahan dunia. Menggunakan rempah-rempah yang aromanya kuat, ada cita rasa pedas yang khas, beda dengan hidangan nusantara.

Makanan Khas Negara India

Blibli Friends yang suka makan daging sampai vegetarian, bisa menemukan hidangan India yang lezat-lezat. Rasa masakan khas India cenderung merupakan perpaduan manis dan pedas. Mau tahu apa saja makanan tradisional India yang wajib dicoba? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Masala Dosa

Masala Dosa
Sumber: kyukyakaise.com

Hidangan ini menurut banyak orang merupakan hidangan khas India Selatan yang paling populer, karena dikenal di berbagai negara lain. Mirip dengan pancake, dosa adalah adonan tipis yang terbuat dari campuran beras, tepung dan lentil. Membuat dosa ternyata bukan hal mudah, adonannya saja harus disiapkan setidaknya 24 jam sebelumnya.

7H6M KASHMIR EXCLUSIVE WINTER NEW YEAR Start Jakarta

Rentang Harga: Rp 35.999.000 – Rp 36.100.000

Kalau sudah siap, adonan dituangkan ke dalam pan panas bernama tava, dengan bentuk yang mirip crepe dari Prancis. Secara tradisional, dosa dilipat jadi dua dan diisi dengan kentang, lalu disantap dengan sambar, semacam saus pedas.

Kalau Blibli Friends tertarik liburan ke India, bisa ikut paket tur 7H6M KASHMIR EXCLUSIVE WINTER NEW YEAR [Start Jakarta]. Paket sudah termasuk hotel 4 malam, house boat di Kashmir dan bagasi seberat 20 kg. Nikmati perjalanan ke New Delhi, Kashmir, Gulmarg, Srinagar dan Pahalgam.

2. Chaat

Chaat
Sumber: wikipedia.org

Rekomendasi makanan khas India yang kedua ini adalah makanan yang dijual di pinggir jalan. Populer banget, rasa chaat yang asin dan gurih disukai banyak orang. Nama chaat sendiri diambil dari bahasa Hindi yang artinya adalah makanan lezat. Nama ini dianggap cocok banget, karena memang rasanya selezat itu!

Chaat adalah semacam roti tipis yang renyah, di dalamnya ada kentang yang dipotong dadu dan buncis yang dipotong kecil-kecil. Di bagian atasnya ditaburi dengan potongan daun ketumbar, yoghurt dan jahe kering. Lalu disajikan dengan saus asam. Chaat bisa disajikan dalam keadaan digulung atau dilipat, ada juga yang disajikan dalam keadaan rotinya terbuka.

3. Dal Makhani

Dal Makhani
Sumber: archanaskitchen.com

Dal artinya adalah lentil, kacang-kacangan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan khas India. Penikmat makanan India biasanya sudah mencoba menyantap dal, tapi tak ada yang mengalahkan dal makhani yang dinikmati di negara asalnya!

Ada banyak hidangan lentil dari India, tapi dal makhani dianggap yang terbaik di antara yang terbaik. Biasanya dal makhani disajikan di acara perayaan, salah satunya pernikahan. Makhani berarti selembut mentega, jadi dal makhani adalah sup lentil yang teksturnya creamy dan selembut mentega. Kalau mau merasakan dal makhani yang paling nikmat, kamu bisa menuju ke India Utara, Punjab.

4. Vada Pav

Vada Pav
Sumber: greatbritishchefs.com

Cara mudah menggambarkan vada pav adalah burger untuk vegetarian. Kalau Blibli Friends nggak suka menyantap hidangan yang menggunakan daging dan produk hewani, harus coba hidangan yang satu ini. Vada pav pas dijadikan sarapan atau makan siang, karena kaya akan karbohidrat dan protein. Bisa jadi sumber energi buat aktivitas sehari-hari.

Vada pav adalah pangsit kentang goreng yang dimasukkan ke dalam roti bun berukuran kecil. Biasanya vada pav disajikan dengan sambal dari cabai hijau, tapi ada juga yang menyajikannya dengan chutney, saus yang dibuat dari buah-buahan. Kalau mau menyantap vada pav saja juga tanpa saus juga boleh-boleh saja. Vada Pav disebut juga Bombay burger dan bisa ditemukan di Mumbai.

5. Paratha

Paratha
Sumber: damdarrecipes.com

Sama dengan dal makhani, paratha juga berasal dari Punjab. Biasanya paratha diisi dan disantap saat sarapan. kata paratha sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya lapisan adonan yang dimasak. Adonannya harus didiamkan semalaman, lalu digoreng.

Cara menyantap paratha yang paling sering dilakukan di Punjab adalah mengisinya dengan kentang, yang dimakan aloo paratha. Ada juga methi paratha, yaitu paratha yang diisi dengan biji tanaman fenugreek. Paratha yang modern bisa diisi sesuai selera masing-masing.

6. Dhokla

Dhokla
Sumber: chefkunalkapur.com

Merupakan salah satu hidangan yang mewakilkan area barat laut India, Gujarat, dhokla adalah camilan vegetarian. Rasanya asin, terbuat dari beras dan kacang buncis yang dibelah. Kedengarannya kurang menarik, mungkin, tapi kalau dirasakan pasti langsung paham kenapa dhokla populer. Orang Gujarat menyantap dhokla untuk sarapan atau makan siang, kadang dijadikan camilan atau lauk.

Membuat dhokla juga membutuhkan persiapan selama berjam-jam, padahal tampilannya terlihat sederhana banget. Persiapannya termasuk merendam beras dan membelah buncis. Lalu ditambahkan cabai, ketumbar, jahe dan baking soda untuk rasa pedasnya. Biasanya dhokla disajikan dengan cabai hijau goreng dan chutney ketumbar. Menyantap dhokla biasanya mau tambah terus!

7. Tandoori Chicken

Tandoori Chicken
Sumber: foodandwine.com

Bisa dibilang, tandoori chicken adalah makanan khas India yang paling populer di dunia. Tandoori chicken adalah hidangan ayam yang dagingnya lembut banget dengan rempah-rempah yang selalu bikin kita kangen! Hidangan ini klasik banget dan bisa diandalkan kalau mengajak orang yang belum pernah menyantap makanan India sebelumnya. Setelah mencoba biasanya langsung suka!

Ayam untuk hidangan ini dibumbui dengan yoghurt, jahe, bawang putih dan beberapa rempah lainnya. Setelah dibumbui, lalu dipanggang dalam oven tanah liat. Tandoori chicken yang dipanggang di oven biasa, rasanya pasti beda. Selain ayam, sekarang juga ada tandoori yang dibuat dari udang dan ikan. Kalau mau coba semuanya, bisa pesan tandoori mixed grill berisi ayam, udang, ikan dan domba!

8. Pani Puri

Pani Puri
Sumber: gheespot.com

Disebut juga dengan gol guppa, makanan khas bagian utara India ini adalah camilan yang biasa dijual di pinggir jalan. Rasanya enak, jadi disukai sebagian besar orang India! Pani puri adalah bola-bola yang digoreng, terbuat dari semolina atau gandum. Cara menyantapnya unik. Bagian atas pani puri dipecah dengan sendok, lalu diisi sendiri dengan kentang pedas, buncis, atau air asam pedas. Jadi rasanya berbeda-beda.


Baca juga: Makanan Khas Vietnam dengan Cita Rasa Otentik

Dari 8 makanan khas India di atas, mana yang bakal kamu coba? Yang pasti, cek dulu Paket Tour India yang ada di Blibli. Menarik, paketnya lengkap, jadi tinggal siap-siap liburan saja! Ada promo cashback juga, lho!

Tag: