me

Konsumsi Daya Laptop vs. Komputer, Simak Yuks!

Jul 10, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

sportskeeda.com
Ini dia penjelasan konsumsi daya laptop vs komputer untukmu!

Cicilan 0% Gadget

Blibli Friends pernah kepikiran nggak sih apa bedanya konsumsi daya laptop vs komputer? Kira-kira bakalan besaran mana yang dibutuhkan? Ternyata keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dan menarik banget untuk diperhatikan. Buat lebih jelasnya, kamu bisa langsung cek penjelasan perbedaan konsumsi daya laptop vs komputer di bawah ini!

Baca juga: PC Gaming Terbaik, Mana Nih Jagoanmu?


Berapa Besarnya Konsumsi Daya Laptop?

laptop
nytimes.com

Sekarang ini lebih banyak orang menggunakan laptop dibandingkan komputer karena dianggap lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana. Laptop juga nggak kalah gahar untuk digunakan dalam kebutuhan game, editing, atau kebutuhan administrasi biasanya. Asalkan kamu memilih tipe yang tepat, maka nggak bakalan mengganggu sama sekali. 

Pertanyaannya adalah berapa besarnya konsumsi daya laptop ini? Berbeda dengan komputer, laptop sudah dibekali dengan baterai, baik tipe tanam maupun yang bisa dilepas pasang pada laptopnya. Laptop bisa hidup dengan baterai atau tanpa baterai (asalkan tetap dicolokkan ke kabel charger pengisian, biasanya digunakan untuk yang baterainya sudah rusak). 

Asus A416JP-VIPS551 Notebook - Silver

Laptop bisa hidup sampai dengan 10 jam dengan baterai (ketika kondisi baterainya masih prima) tanpa perlu repot cari sambungan listrik untuk mengisi dayanya. Kemudian, ketika baterainya habis maka dibutuhkan waktu sampai dengan 1 jam saja maksimal untuk menunggunya penuh kembali. Jadi, kamu memang nggak perlu menunggu lama untuk bisa menggunakannya lagi.

Jadi, jika disimpulkan laptop bakalan membutuhkan daya listrik lebih sedikit karena nggak selamanya mencolok di sambungan listrik. Hal ini berlaku untuk laptop yang performanya masih bagus terutama untuk bagian baterainya. Dengan menggunakan laptop kamu bakalan hemat lebih banyak listrik setiap bulannya meskipun tergantung penggunaan juga. 

Berapa Besarnya Konsumsi Daya Komputer?

komputer
usatoday.com/

Komputer memiliki kinerja yang mirip dengan laptop meskipun sebenarnya justru duluan komputer yang muncul dibandingkan laptop. Laptop muncul sebagai bentuk yang praktis dari komputer meskipun masih banyak orang yang merasa lebih enak menggunakan komputer karena lebih gahar dibandingkan dengan penggunaan laptop. 

Komputer merupakan jaringan yang kompleks mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunak semuanya saling berkesinambungan. Komputer nggak menggunakan baterai untuk hidup sehingga saluran listrik harus tetap tersambung. Jika salurannya mati atau terputus maka otomatis komputer juga bakalan mati nantinya. 

Hanya saja, komputer memang cocok digunakan untuk kinerja yang lebih berat seperti proses pembuatan lagu, video besar seperti film dan dokumenter bakalan lebih gahar menggunakan komputer dibandingkan laptop. Kekurangannya komputer nggak bisa dibawa bepergian dan harus menetap di dalam satu tempat. 

Mengenai besarnya konsumsi daya jelas saja komputer bakalan lebih besar dibandingkan dengan laptop. Hal ini jika kamu menggunakan komputer dalam waktu yang lama sehingga akan menyedot arus listrik yang lebih banyak. Besar dayanya bisa kecil jika kamu nggak terlalu menggunakan komputer untuk waktu yang lama.

Tips Hemat Listrik Saat Menggunakan Laptop dan Komputer

tips menggunakan komputer
unsplash.com

Bagaimana cara untuk bisa lebih hemat dalam menggunakan listrik saat mengakses laptop dan komputer? Kamu jangan khawatir karena bisa menggunakan beberapa tips penting di bawah ini!

  • Gunakan Sewajarnya

Tips pertama yang bisa kamu gunakan adalah tentu menggunakan dengan sewajarnya. Di sini kamu harus memperhatikan batasan waktu penggunaan komputer maupun laptopnya. Selain bakalan membuat listrik menjadi boros, penggunaan laptop dan komputer tanpa aturan juga bakalan mempercepat kerusakannya. 

Kamu perlu banget membuat jadwal yang jelas mengenai penggunaan perangkat milikmu seperti maksimal harus 5 jam saja sehari. Dengan begitu maka penggunaan listrik bakalan mudah dikontrol dan dimonitori dibandingkan dengan penggunaan yang asal mau saja. 

  • Perhatikan Colokan Kabel

Hal yang penting yang sering dilupakan adalah colokan kabel, terutama bagi yang menggunakan laptop. Kebanyakan ketika mereka mengisi ulang baterai laptop mereka lupa untuk mencabutnya lagi sehingga baterainya sudah terisi penuh namun saluran listriknya nggak keputus. Jelas saja tindakan ini bakalan bikin listrik menjadi boros. 

Selanjutnya, untuk yang menggunakan komputer biasanya sudah mematikan komputer namun sambungan ke prosesor atau motherboard nggak dimatikan. Akibatnya bakalan menyedot aliran listrik banyak dan boros banget padahal nggak digunakan. 

  • Isi Baterai Jika Sudah Waktunya

Tips ketiga ini cocok banget untukmu yang menggunakan laptop di mana kamu harus melakukan pengisian baterai ketika sudah waktunya saja. Jika baterainya belum benar-benar habis kamu nggak perlu mengisi ulang daya. Ukuran pengisian baterai yang bagus untuk laptop adalah sekitar 20 persen ke bawah. 

Kemudian, kamu bisa mencabutnya ketika baterai sudah terisi penuh sekitar 99 persen. Setelah itu, jangan lupa untuk mencabut pengisian dayanya. Cara ini bakalan membantumu untuk lebih hemat listrik ketika menggunakan laptop. 

  • Pahami Pengaturan Perangkat

Tips keempat yang bisa digunakan untuk hemat energi dalam penggunaan komputer dan laptop adalah pahami pengaturan perangkat. Baik komputer maupun laptop lebih baik dihidupkan dengan cahaya yang wajar jangan yang terlalu terang. Terutama bagi yang menggunakan laptop, cahaya yang terlalu terang bakalan membutuhkan daya lebih besar.

Selain itu, untuk penggunaan laptop kamu nggak boleh membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini bakalan menyedot tenaga baterai menjadi lebih cepat, akibatnya kamu perlu melakukan pengisian ulang terhadap bateraimu. Contohnya, jangan sampai membuka aplikasi musik bersamaan dengan video karena bakalan membuat dayanya cepat habis. 

  • Pahami Kemampuan Perangkat

Untukmu yang menggunakan laptop dan ingin hemat baterai bisa mematikan koneksi terutama yang tersambung dengan wifi internet. Alasannya adalah koneksi internet bakalan memakan baterai lebih banyak dibandingkan dengan yang nggak tersambungkan. Bakalan jadi cara penting juga ketika kamu nggak menemukan colokan listrik. 

Sebisa mungkin hindari penggunaan koneksi internet karena bisa menghemat bateraimu lebih baik. Cara ini penting banget diperhatikan terutama jika kamu hanya butuh untuk mengetik, edit naskah, atau kegiatan lain yang nggak membutuhkan koneksi internet. 

  • Selalu Perhatikan Penggunaan Elektronik Lainnya

Tips hemat listrik lainnya untuk penggunaan laptop dan komputer adalah hindari pemakaian colokan bersamaan dengan perangkat elektronik lainnya. Sebagai contoh, jika kamu sudah membuka laptop yang sedang dicolokkan untuk diisi baterainya jangan sampai menghidupkan televisi juga karena bakalan membuang tenaga listrik. 

Begitu juga untukmu yang menggunakan printer untuk mencetak dokumen, setelah nggak digunakan lagi lebih baik printer ini dicabut biar nggak memakan banyak tenaga listrik. Dengan begitu, daya listrik yang digunakan untuk laptop dan komputermu bakalan lebih maksimal. Cara ini juga bakalan menghindari adanya konsleting listrik karena penggunaan yang berlebihan. 

Kamu juga harus cek kemampuan daya listrik untuk elektronik yang terpasang di rumah. Termasuk di dalamnya jika kamu juga menggunakan mesin cuci, setrika dan perangkat lain yang berat. 


Baca juga: Perbedaan Gaming Laptop Vs Gaming PC, Apa Saja?

Blibli Friends sudah melihat, kan, konsumsi daya laptop vs komputer. Nah, Blibli Friends lebih tertarik untuk menggunakan laptop atau komputer, nih? Jangan lupa cek semua jenis dan penawaran menarik laptop dan komputer hanya di Blibli saja. Ada banyak banget pilihan produk menarik dengan gratis ongkir hanya untukmu. Cek semuanya sekarang juga yuks!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya