me

Perbedaan Gaming Laptop Vs Gaming PC, Apa Saja?

Dec 21, 2021.By Jarvis
Bagikan

Image Source : blog.bestbuy.ca

Perbedaan Gaming Laptop Vs Gaming PC – Bermain game lebih baik memakai laptop atau PC, sih? Nah, pertanyaan seperti itu kerap kali muncul dan membuat banyak orang merasa perlu mengetahui jawabannya. Pasalnya, sensasi yang dirasakan saat bermain game dengan memakai laptop dan PC tentunya akan berbeda. Jadi, pengalaman bermain game pun nggak akan terasa sama untuk pengguna pilihan perangkat gaming ini.

Apakah kamu juga merasakan hal seperti di atas? Kalau iya, nggak ada salahnya untuk mengetahui berbagai hal tentang gaming laptop vs gaming PC. Dengan begitu kamu bisa mengetahui perbedaannya untuk pemakaian lebih maksimal. Nah, supaya lebih jelas lagi, nggak ada salahnya kamu menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga: 5 Alasan Asus ROG Cetra Gaming Audio Cocok untuk Kamu

__________________________________________________

Gaming Laptop Vs Gaming PC

Perbedaan Gaming Laptop Vs Gaming PC
Image Source: uzone.id

Kalau kamu suka bermain game, maka bisa jadi laptop dan PC menjadi pilihan yang sulit untuk beberapa kesempatan. Pasalnya, tiap jenis perangkat pastinya akan memberikan pengalaman bermain game dengan yang bakal berbeda. Bukan hanya itu, ada juga kekurangan serta kelebihan yang bisa kamu temukan pada tiap perangkat gaming untuk memberi pengalaman menyenangkan.

Perbedaan sensasi dan beberapa hal tentang pemakaian laptop gaming dan PC gaming tentunya perlu kamu perhatikan. Maka dari itu, nggak ada salahnya kamu mengetahui dulu beberapa perbedaan gaming laptop vs gaming PC yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Kamu juga bisa menyimak ulasan tentang produknya secara umum. Ini dia ulasannya.

Perbedaan Modal Biaya Gaming Laptop Vs Gaming PC

Setiap orang biasanya akan bingung memilih laptop atau PC yang lebih cocok untuk bermain game. Nah, kalau kamu juga begitu, cek dulu dari segi modal biaya yang dibutuhkan. Hal yang satu ini sifatnya penting dan krusial, sebab akan membantu kamu mengetahui mana perangkat yang paling pas untuk digunakan bermain game maupun melakukan berbagai hal lain.

Kalau kamu melihat dari modal biaya, maka pastikan dulu bujet yang disiapkan kamu ketahui. Pasalnya, laptop gaming harganya lebih mahal daripada PC gaming. Alasannya adalah karena kamu bisa mendapat performa paling baik. Kemudian, kamu juga bisa membawa laptop gaming ke mana saja untuk dipakai sesuai dengan keperluan dan kepentingan.

Bukan hanya itu, pada sisi lain, PC gaming mungkin nggak mendukung mobilitas seperti yang dihadirkan oleh laptop gaming. Akan tetapi, harga yang dihadirkan tentunya lebih murah. Bahkan kamu juga bisa lho mendapatkan PC gaming yang spesifikasinya lebih tinggi. Jadi, kamu pun bisa menyesuaikannya terlebih dahulu dengan ketersediaan perangkat keras dan keadaannya di pasaran.

Ada Acer Nitro 5 AN515-57-79SC Gaming Laptop yang bisa kamu pilih. Harganya Rp 18.949.000. Prosesor yang digunakan Intel® Core™ i7-11800H. Memorinya adalah 16 GB DDR4. Lalu storage-nya 512 HB SSD. Kartu grafisnya memakai NVidia RTX 3060 6G. Lalu ada PC Gaming AMD A8-7680. Harganya Rp 2.589.000. Prosesornya memakai AMD A8 7680, dengan RAM 8 GB (4GBX2) 1600 Mhz.

Perbedaan Peralatan yang Dibutuhkan Gaming Laptop Vs Gaming PC

Kalau melihat dari segi peralatan yang dibutuhkan gaming laptop vs gaming PC, sebenernya nggak ada perbedaan mencolok dari keduanya. Secara umum, biasanya para gamers akan membutuhkan mouse gaming, headset gaming, kursi gaming, kacamata gaming, kamera web, serta monitor dual. Semua peralatan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, sehingga permainan pun maksimal.

Nah, ada pembeda peralatan yang dibutuhkan gaming laptop vs gaming PC. Perbedaan ini ada pada keyboard gaming. Jenis peralatan yang satu ini biasanya nggak wajib untuk para pemilik gaming laptop sebab udah tersedia dan langsung terpasang. Sementara untuk pemilik gaming PC, hukumnya biasanya wajib karena perlu dipasang secara manual, sehingga perlu untuk dibeli.

Kehadiran keyboard gaming tentu berbeda dengan yang biasa. Keyboard gaming punya banyak elemen yang berguna dalam meningkatkan performa permainan game. Lalu, lampu latarnya bisa juga ada lampu di bawah latar, sehingga kamu bakal tetap bisa melihat tombolnya dalam keadaan gelap. Penekanan tombolnya lebih cepat, ketahanan tinggi, dan sebagainya.

Contoh gaming adalah Msi Gaming Laptop Katana GF66 seharga Rp 14.999.000. Laptop gaming ini memakai CPU Intel® Core™ i5-11400H Processor (12M Cache, up to 4.50 GHz). Memori standarnya 8 GB DDR4. Sementara itu, Intel PC Gaming juga ada, dengan harga Rp 6.450.000. Prosesor yang digunakan i3 9100F Coffelake 3.6 Ghz 4Mb dan RAM-nya team Vulcan 8 GB (2 x 4 GB) DDR4 2666 MHz.

Kelebihan dan Kekurangan Gaming Laptop Vs Gaming PC

Setiap sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, hal ini juga berlaku pada gaming laptop dan gaming PC. Kamu bisa mengetahuinya juga sebagai bahan pertimbangan terlebih dahulu. Ini dia informasi lebih rincinya.

Performa

Kalau membahas tentang performa, laptop gaming memiliki komponen yang lebih kuat dan unggul. Misalnya saha RAM, prosesor, kartu grafis, media penyimpanan, dan berbagai fitur pendukung permainan game bakalan maksimal. Hal ini membuat banyak orang melirik dan menginginkannya untuk memberikan kepuasan dalam bermain game.

Eits, jangan salah. Kalau dibandingkan dengan PC gaming, sebenarnya performa laptop gaming masih kalah unggul, lho! Pada umumnya, gaming laptop memakai prosesor dengan varian mobile yang kartu grafis dan voltasenya lebih rendah dibandingkan kelas PC atau desktop.

Produsen laptop biasanya memangkas voltase dan VGA untuk menghadiri terjadinya overheat karena keterbatasan ruang suhu panas pada bodi laptop. Sementara itu, ruang gaming PC memungkinkan kamu meletakkan beberapa kipas angin.

Portabilitas

Perbedaan Gaming Laptop Vs Gaming PC
Image Source: blibli.com

Jika melihat dari segi portabilitas, tentunya laptop gaming lebih unggul. Pasalnya, pengemasan laptop lebih ringkas dibandingkan PC gaming. Kamu bisa membawanya ke mana aja tanpa ribet. Sementara itu, PC membuat kamu harus membawa CPU yang membutuhkan banyak ruang. belum lagi monitor, mouse, keyboard, speaker, dan berbagai perangkat lain yang juga harus dipasangkan.

Pada masa kini juga ada semakin banyak pilihan gaming laptop. Pilihan ini biasanya juga dihadirkan dengan bodi yang lebih ramping dan tipis. Sementara PC, sekali pun ada yang demikian, akan tetapi ruang yang dibutuhkan bakal tetap lebih banyak.

Grafis

Kalau melihat dari segi grafis, PC ternyata lebih unggul daripada laptop. Pasalnya, CPU bisa memberi sirkulasi udara yang lebih baik. GPU yang dipakai juga dihadirkan dengan jenis full bandwidth dibandingkan dengan laptop. Meski begitu, komponen GPU yang disematkan pada laptop makin hari makin canggih untuk bersaing dengan PC gaming. Maka, keduanya pun berbeda tipis dari segi grafis.

__________________________________________________

Baca Juga : 5 Laptop ASUS Core i5 yang Bisa Dibuat Bermain Game

Blibli Friends, itu dia perbedaan gaming laptop vs gaming PC. Kalau kamu ingin beli laptop gaming atau PC gaming, maka ke Blibli aja! Dengan begitu kamu bisa mendapat produk berkualitas, diskon, gratis ongkir, juga promo tanpa bikin tekor.

BELI LAPTOP GAMING TERBAIK DAN TERMURAH HANYA DI BLIBLI!