Rekomendasi Kalung Kucing yang Cocok dengan Kucingmu

kalung kucing

Punya hewan peliharaan emang bisa dijadikan teman setia saat berada di rumah. Selain anjing, kucing juga merupakan salah satu anak bulu yang banyak disukai, nih. Bahkan nggak jarang orang sanggup memelihara kucing lebih dari satu. Walaupun harus menyediakan waktu dan bujet khusus untuk merawat dengan benar, tapi hal tersebut nggak menyurutkan orang-orang buat memelihara hewan yang memiliki bulu lembut dan suka manja pada pemiliknya ini. 


Baca juga: Lucu! Berikut Aksesoris Kucing Wajib yang Kamu Miliki

Apa kamu salah satu majikan anak bulu yang lucu ini? Apa sih yang buat kamu tertarik sama kucing? Nah, berikut ada berbagai alasan yang membuat orang kesengsem untuk memelihara kucing, antara lain karena:

  • Kucing termasuk hewan yang menggemaskan.
  • Menjadi hiburan karena kucing suka bertingkah lucu.
  • Membantu menghilangkan stres.
  • Cara memeliharanya mudah.
  • Sebagai teman atau mengurangi rasa sepi di rumah.
  • Hewan peliharaan yang aman untuk anak-anak.
  • Hewan peliharaan yang cerdas.

Dari 7 alasan ini berapa nih yang cocok banget sama jawaban kamu? Selain itu, supaya kucing bisa tumbuh dengan baik dan sehat selain perlu menyediakan makanan, minuman dan tempat yang layak, kamu juga perlu melengkapinya dengan beragam aksesori. Mulai dari tempat makan dan minum, mainan, tempat menggaruk, peralatan kebersihan, sisir kucing, pasir kucing sampai kalung kucing. 

Pasti yang paling bikin kamu bingung adalah memilih kalung-kalung yang lucu dan cocok buat si kucing. Nah, ini dia rekomendasi kalung kucing yang cocok dengan kucingmu. Jangan khawatir, kamu bisa dapatein semua pilihan kalung lucu ini dengan mudah, kok, simak aja dulu, yuk, ulasan berikut. 

Mengintip Manfaat Kalung Kucing

kalung kucingBuat pencinta kucing mendandaninya dengan aksesori emang bisa membuat hewan peliharaan semakin menggemaskan, salah satunya dengan kalung kucing. Aksesori ini hadir dengan model dan warna menarik sesuai selera. Mulai yang model sederhana, kalung berlonceng yang klasik, kalung dengan ukiran nama, kalung glow in the dark sampai kalung yang dapat mencegah kutu, tungau dan serangga. Adapun manfaat dari kalung kucing antara lain:

  1. Memberi Tanda pada Kucing

Dengan mengenakan kalung bisa memberi tanda bahwa hewan tersebut ada pemiliknya. Jadi ketika kucing kamu berkeliaran di luar rumah atau hilang, orang lain akan tahu bahwa kucing tersebut mempunyai tuan bukan kucing liar. Sehingga orang yang nemuin akan lebih mudah mengidentifikasi dan bisa segera menghubungi kamu. Untuk itu, ada baiknya kamu pilih kalung dengan ukiran nama kucing yang dilengkapi nomor telepon sang pemilik.

  1. Lebih Mudah Mengetahui Dimana Kucing Berada 

Dengan kalung kamu bisa mengetahui kucing kesayanganmu sedang berada dimana. Terlebih bila ada anggota keluarga yang alergi atau takut kucing, sehingga begitu bunyi loncengnya terdengar mendekat, anggota keluarga tersebut bisa lebih hati-hati atau pergi menjauh. Wah, menarik bukan?

  1. Kucing Terlihat Lebih Menarik

Kalung kucing hadir dengan bahan, model dan warna cantik yang bisa membuat hewan peliharaanmu terlihat lebih menggemaskan. Warnanya juga bisa disesuaikan dengan warna kucing kamu. Contohnya bila warnanya hitam legam, bisa memilih kalung berwarna kontras seperti merah atau putih polos yang dilengkapi dengan gesper dan lonceng. Paling disarankan, kamu pilih kalung yang terbuat dari bahan polyester, soalnya bahan satu ini akan membuat kucing kamu tetap nyaman dan nggak terganggu.

  1. Kucing Lebih Aman

Jika kucing kamu termasuk suka berkelana di malam hari, bisa memilih kalung yang bisa menyala dalam gelap karena bisa meminimalkan terjadinya kecelakaan. Kalung ini bisa memantulkan cahaya bila terkena sorotan lampu dari kendaraan baik dari jarak dekat maupun jauh. Terbuat dari bahan poliester dengan pilihan warna menarik.

  1. Kucing Bebas Kutu

Seperti sudah disinggung di atas, saat ini juga tersedia kalung kucing anti kutu, tungau dan serangga. Umumnya pada kalung tersebut dilengkapi bahan aktif anti kutu dari bahan herbal yang aman, anti air dan aromanya tidak menyengat. Namun pastikan kamu tahu kapan masa kadaluarsanya dan cek berapa lama masa perlindungannya. Kalau udah lewat masa efektifitasnya segera lepas dan ganti dengan yang baru, ya!

Begini Tips Memakaikan Kalung pada Kucing

Setelah memilih kalung yang tepat memasangkannya pada kucing juga nggak boleh sembarangan, terlebih jika kali pertama kucing tersebut mengenakannya. Adapun tip nya adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Waktu yang Tepat

Memakai kalung untuk pertama kalinya, akan menjadi suatu pengalaman yang baru buat kucing. Jadi, supaya dia bisa tetap nyaman dan nggak terlalu melawan memilih waktu yang tepat adalah penting. Contohnya saat waktu bermain atau makan sehingga perhatiannya bisa teralihkan. Bisa juga memilih waktu saat kucing sedang tenang atau sedang bermanja-manja dengan kamu.

  1. Ajak Kucing Mengenal Kalungnya

Kamu bisa meletakkan kalung di dekatnya atau sering menempelkan pada lehernya supaya kucing terbiasa melihatnya. Bisa juga dengan menempelkan aroma tubuh kucing pada kalung dengan cara menggosokkan kalung pada tempat tidurnya. Cara ini bisa membuat kucing merasa lebih nyaman karena mengenali aroma tubuhnya sendiri.

  1. Pasang Kalung dan Jangan Dipaksa

Jika kucing sudah mulai tenang dan suasana hatinya sedang baik, kamu bisa mulai memasangkan kalung dengan lembut dan perlahan. Jika sudah berhasil terpasang sempurna, beri kucing hadiah berupa makanan. Cara yang lembut bisa menjadikan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menimbulkan trauma. 

Untuk pertama kali kucing mungkin akan mencakar kalung tersebut dan berusaha melepasnya. Jika dia mulai gelisah, setelah beberapa menit terpasang kamu bisa coba buat melepasnya. Kemudian keesokan harinya bisa memakaikan kembali namun dengan waktu yang lebih lama. Ulangi terus sampai kucing mulai terbiasa dan nyaman mengenakan kalung sepanjang hari. 

  1. Beri Hadiah

Ya, kamu bisa memberinya hadiah berupa makanan bila kucing kamu berhasil memakai kalung sepanjang hari tanpa berusaha melepasnya. Namun, jika si kucing bisa melepasnya sendiri, segera pakaikan kembali namun jangan diberi hadiah.

  1. Rutin Periksa Ukuran Kalung

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kucing selalu nyaman memakai kalungnya. Sebab, kucing bisa bertambah atau berkurang berat badannya seiring bertambahnya usia sehingga ukuran kalung yang dipakai sudah nggak nyaman lagi. Jika terlalu longgar atau terlalu ketat segera sesuaikan lagi, ya!

Jenis Kalung Kucing yang Cocok Sesuai dengan Warna Kucing

Kalung kucing emang termasuk aksesori yang banyak dicari. Di pasaran bahan yang digunakan juga beragam. Ada yang terbuat dari kulit sapi, poliester, nilon, rantai, karet dan lainnya dengan harga bervariasi. Dan rekomendasi kalung kucing yang cocok dengan kucingmu antara lain:

  1. Kalung dari Bahan Kulit Sapi

Set Sails Leather Kulit Sapi Asli Kalung Kucing Coklat
Set Sails Leather Kulit Sapi Asli Kalung Kucing Coklat

Material dari kulit sapi umumnya hadir dengan warna cokelat dan menjadi favorit karena paling mudah dipadukan dengan warna kucing kamu. Kucing dengan warna hitam akan terlihat cocok, kucing dengan campuran warna abu-abu dan putih pun tetap terlihat menggemaskan. Warnanya yang netral selain bisa memberi kesan elegan, bahan ini juga awet, nyaman dikenakan dan nggak bikin gatal. Untuk perawatannya bisa menyekanya dengan kain lap lembap lalu keringkan sampai benar-benar kering. 

  1. Kalung dari Bahan Poliester

Pet Kalung Kucing
Pet Kalung Kucing

Jenis kalung kucing ini juga termasuk banyak diminati karena hadir dengan pilihan warna cantik. Mulai dari warna-warna netral seperti hitam, cokelat, abu-abu sampai warna yang lebih ceria seperti orange, kuning terang, pink, ungu dan lainnya. Dengan banyaknya pilihan warna membuatmu bisa lebih mudah mencocokkannya dengan warna kucing kamu. 

Selain itu, bahannya juga halus, nggak gatal, nggak berbau dan yang penting adalah nyaman digunakan. Ada juga yang dilengkapi lonceng, lho, sehingga kalau hewan peliharaanmu suka ngumpet bisa segera ketahuan karena bunyi loncengnya. Umumnya, hadir dengan ukuran yang cocok dipakai untuk anak kucing sampai kucing dewasa. Harga yang ditawarkan tidak membuat kantong bolong, kok.

  1. Kalung Pita Karakter

Kalung kucing pita lonceng karakter
Kalung kucing pita lonceng karakter

Jenis kalung ini tersedia dalam berbagai macam desain dengan karakter lucu dan unyu-unyu. Ada Hello Kitty, Keroppi, Snoopy dan masih banyak lagi. Warnanya juga menarik yang umumnya tampil dengan warna terang. Dilengkapi dengan pita yang bisa membuat kucing kamu tampil semakin cantik dan beda.

  1. Kalung Custom Nama

Kalung Kucing Custom Nama Lonceng Size Gendut Kalung Anjing Musang Kulit Asli
Kalung Kucing Custom Nama Lonceng Size Gendut Kalung Anjing Musang Kulit Asli

Kalung kucing dengan custom nama memang bisa membuat kucing kesayangan kamu semakin terlihat istimewa. Selain pilihan warnanya beragam (mulai warna netral sampai warna ceria), bahan untuk strap juga dari kulit sintetis berkualitas yang awet, tahan air, ringan, nyaman dan aman. 

Sedangkan bahan untuk nametag dari gravoply. Kamu juga bisa request desain model nametag, desain isi tulisan sampai jumlah lonceng yang kamu inginkan. Warna loncengnya juga bisa dipilih yang selaras dengan warna kucing kamu. 

  1. Kalung Motif Unik

kalung kucing kalung anjing pet collar motif jejak kaki 1
kalung kucing kalung anjing pet collar motif jejak kaki 1

Nah, buat yang bosan dengan kalung kucing polos, bisa memilih yang memiliki motif unik, contohnya motif jejak kaki kucing. Hadir dengan warna-warna cantik membuatnya semakin terlihat unik. Diantaranya ada warna biru terang, hijau muda, kuning ceria dan lainnya. Kalung ini ukurannya bisa disetel untuk disesuaikan dengan kebutuhan. 

  1. Kalung Bentuk Dasi Kupu-kupu

Dasi Natal Anjing Dasi Natal Kucing Dasi Natal Hewan Kalung Anjing
Dasi Natal Anjing Dasi Natal Kucing Dasi Natal Hewan Kalung Anjing

Hewan peliharaan bisa juga tampil fashionable, lho, salah satunya dengan kalung kucing berbentuk dasi kupu-kupu. Selain corak warnanya yang terlihat manis, bahannya juga berkualitas sehingga tidak gatal saat dipakai. Untuk mempermanis, kalung ini juga dilengkapi dengan lonceng mungil pada bagian tengahnya.

  1. Kalung Motif Garis-garis

KALUNG KUCING STRIPES LINES ASSORTED COLOR
KALUNG KUCING STRIPES LINES ASSORTED COLOR

Bisa sebagai alternatif bila suka hewan peliharaanmu terlihat lebih ceria dan fresh. Ada yang hadir dengan perpaduan warna pink, putih, kuning dan hijau terang. Ada juga yang hadir dengan warna lebih lembut yakni perpaduan putih, biru muda dan abu-abu. Oleh karena warnanya sudah meriah maka kalung motif garis-garis ini lebih cocok dikenakan pada kucing yang memiliki satu warna.

  1. Kalung Anti Kutu

Kalung Anti Kutu Anjing Kucing Kelinci Collar Obat Kutu Hewan
Kalung Anti Kutu Anjing Kucing Kelinci Collar Obat Kutu Hewan

Sesuai namanya bisa untuk mencegah penyebaran kutu dan tungau pada kucing dengan daya kerja selama 3-6 bulan. Cocok untuk semua jenis kucing.

  1. Kalung Glow in The Dark

Image Source: bukalapak

Untuk menjaga keamanan kucing terutama yang suka jalan-jalan di malam hari. Karena kalung ini bisa menyala jika tersorot cahaya.

  1. Kalung Bahan Nilon

Kalung Motif Kalung nilon motif lonceng untuk anjing kucing kelinci 5
Kalung Motif Kalung nilon motif lonceng untuk anjing kucing kelinci 5

Bahan ini juga nyaman digunakan dan mudah dibersihkan. Warnanya juga bervariasi sehingga lebih mudah untuk dicocokkan dengan warna kucing.


Baca juga: Mainan Kucing yang Menghibur sekaligus Melatih Motorik

Itulah beberapa rekomendasi kalung kucing yang cocok dengan kucingmu. Yang pasti pilih yang bahannya nggak membuat iritasi, nggak berbau, sesuai ukuran, aman dan nyaman. Untuk mendapatkan kalung kucing dengan kualitas terbaik dan banyak pilihan pastikan hanya ke toko online Blibli. Di sini kamu bisa menemukan berbagai kalung kucing dengan promo menarik, lho. Yuk, ke Blibli aja!

Temukan Berbagai Kalung Kucing Lucu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY