Wajib Tahu! Ini Ciri dan Jenis Ikan Cupang Avatar

Jenis Ikan Cupang Avatar
Source by pinterest.com

Tahun 2020 ini memang tahunnya orang mager. Buat kamu yang nggak betah banget tinggal di dalam rumah pasti deh cari aktivitas yang menarik. Mulai dari bercocok tanam tanaman puluhan juta rupiah hingga memelihara ikan. Belakangan ini, tren ikan hias kembali populer, lho. Kali ini, ikan cupang avatar jadi primadona buat penggemar ikan hias.

Tren ini memang bukan tergolong hal yang baru. Soalnya, di tahun 2019 kemarin juga sempat booming hobi memelihara ikan cupang jenis Black Mamba. Kali ini, jenis ikan cupang Avatar jadi sorotan. Penasaran apa saja sih sisi menarik dari memelihara jenis ikan cupang ini? Simak dulu ulasan ciri dan jenis ikan cupang avatar di bawah ini.

BACA JUGA: Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Sudah Tahu?

______________________

Ciri-Ciri Ikan Cupang Avatar

Salah satu hal yang jadi kesalahan utama saat kamu memutuskan buat pelihara ikan cupang adalah, kamu nggak kenal ciri-cirinya. Ibarat jatuh hati dengan seseorang, nggak mungkin kan kamu menjalin hubungan asmara tanpa tahu wujud asli mereka? Nah, hal yang sama juga perlu Blibli Friends perhatikan sebelum pelihara ikan cupang avatar ini. Sekilas, ikan cupang ini memang punya penampilan yang kurang lebih sama dengan ikan cupang lain pada umumnya. Tapi, ikan cupang ini punya karakteristik khusus yang bikin nama “avatar” tersematkan padanya, lho.

Ciri khas yang paling populer dari ikan cupang avatar ini adalah tampilan sisiknya yang berwarna hitam dengan totol-totol berwarna biru. Saat melihatnya, kamu jadi serasa melihat isi galaksi yang luas dan cantik banget. Nggak heran, nama asli dari ikan cupang avatar ini adalah black star galaxy. Sedangkan asal nama “avatar” juga berasal dari variasi warna yang dimiliki ikan cupang ini. Ya, perpaduan warnanya memang mirip banget dengan tokoh alien biru di dalam film “Avatar”. Coba deh, kamu bandingkan sendiri. Kelihatan mirip, kan?

Ikan cupang avatar ini merupakan salah satu contoh dari perkawinan silang atau cross breeding yang sukses. Jadi, ikan ini memang nggak kamu temui secara alami di alam, melainkan lewat rekayasa genetika. Ikan cupang avatar adalah hasil dari persilangan antara ikan cupang Black Mamba dan Cupang Koi Galaxy dari kelas Cupang Koi.

Jadi, jangan kaget kalau Blibli Friends lihat ada beberapa kemiripan dari 2 spesies ikan cupang itu. Proses persilangan ini juga nggak langsung sukses, lho! Breeder harus berusaha beberapa kali hingga menemukan kombinasi warna cupang yang cocok. Karena proses persilangan yang lumayan rumit, jangan kaget kalau harga ikan cupang avatar juga mahal banget.

Jenis-Jenis Ikan Cupang Avatar

Awalnya, ikan cupang avatar memang cuma punya 1 variasi warna, yaitu hitam dan biru. Tapi, ada banyak breeder yang berhasil menyilangkan ikan cupang avatar dengan variasi cupang lainnya. Sehingga, muncul deh jenis-jenis ikan cupang avatar dengan variasi warna yang lebih beragam.

Ada cupang avatar red yang punya ciri-ciri kombinasi warna hitam dengan semburat merah dan totol-totol biru yang kelihatan seperti butiran mutiara. Ada juga ikan cupang avatar gordon dengan dominasi warna hitam dan semburat warna biru. Warna merah yang dihasilkan ikan cupang ini lebih samar. Ada juga variasi ikan cupang avatar gold yang kelihatan elegan banget dengan perpaduan warna hitam dan kuning emas.

______________________

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Kucing Hamil

Itulah ulasan singkat tentang ciri dan jenis ikan cupang avatar. Ingin beli bibit ikan cupang avatar? Atau mungkin, kamu butuh beli makanan ikan dan vitamin supaya ikan cupangmu tetap sehat? Blibli Friends bisa langsung beli di Blibli. Toko online ini tawarkan diskon menggiurkan khusus buat kamu. Nggak cuma itu, Blibli juga punya layanan free ongkir dan voucher yang bisa bikin belanjamu jadi lebih hemat. Kamu bisa jalankan hobi memelihara ikan cupang dengan lebih gampang dan leluasa.

TEMUKAN PERLENGKAPAN IKAN CUPANG TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY