Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Kucing Hamil

Source by pinterest.com

CIRI-CIRI KUCING HAMIL — Kehamilan memang jadi salah satu hal yang paling dinanti-nantikan. Nggak terkecuali buat kamu yang punya kucing betina. Kalau kamu sudah lama mendambakan anak-anak kucing yang lucu dan serupa dengan meongmu, kehamilan kucing itu pasti jadi kabar gembira. Supaya kehamilan si meong lancar, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan. Salah satunya adalah menyediakan makanan yang kaya akan nutrisi. Kamu bahkan harus memperbanyak porsi makanannya.

Soalnya, nutrisi dari makanan tersebut juga akan dibagi untuk mendukung tumbuh kembang janin kucing yang ada di dalam rahimnya. Buat kamu yang baru saja punya kucing betina mungkin merasa penasaran. Apa saja sih ciri-ciri kucing hamil? Nah, simak ulasan lebih lengkap berikut ini, yuk.

BACA JUGA: Tips Memilih Makanan yang Tepat untuk Kucing

___________________________

  1. Perut yang Membesar

Salah satu ciri-ciri kucing hamil yang paling terlihat adalah perutnya yang membesar. Perut kucing betina yang lagi hamil biasanya akan membesar dalam jangka waktu 5 minggu setelah proses pembuahan. Jadi, kalau tiba-tiba perut kucing membesar, jangan keburu panik! Bisa jadi, kucingmu sebenarnya sedang hamil. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut si meong bakal semakin membesar. Berat badannya pun juga akan bertambah dalam waktu cepat. Kamu nggak perlu khawatir, ya. Cukup berikan saja makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

  1. Bulu Kucing yang Rontok

Gejala kehamilan pada kucing lainnya adalah bulu yang rontok. Saat kucing hamil, tubuh mereka bakal mengalami perubahan hormon yang cukup drastis. Ya, kurang lebih sama deh dengan kehamilan yang dialami manusia. Pergolakan hormon itu bikin kulit kucing jadi lebih berminyak. So, nggak heran kalau bulu kucing itu jadi lebih gampang rontok atau kelihatan lebih tipis daripada biasanya. Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Soalnya, gejala ini biasanya cuma terjadi 1 – 2 minggu saja di masa kehamilan. Kejadian ini wajar banget, kok.

  1. Perubahan Warna pada Puting Kucing

Lagi-lagi sama seperti manusia, kucing betina juga akan mengalami perubahan warna puting saat sedang hamil. Kalau kamu amati dekat-dekat, Blibli Friends bakal menyadari kalau warna puting kucingmu kelihatan lebih merah dibandingkan biasanya. Perubahan fisik ini terjadi biasanya di usia akhir kehamilan. Kalau puting kucingmu sudah mengalami perubahan warna, berarti dalam jangka waktu 2 – 3 minggu lagi, dia akan melahirkan. Sebagai owner, sebaiknya kamu fokus untuk mempersiapkan tempat melahirkan yang nyaman buat si meong. Karena kucing biasanya melahirkan di tempat yang sepi, pilihlah lokasi yang tersembunyi dan membuat kucingmu merasa aman.

  1. Morning Sickness

Eits, kucing ternyata juga bisa terkena morning sickness, lho. Kucing yang terkena morning sickness biasanya menunjukkan gejala muntah sesekali, tapi dengan periode yang lama. Nah, hanya saja gejala satu ini nggak bisa dijadikan pertanda pasti. Soalnya, muntah-muntah pada kucing juga disebabkan banyak faktor. Hanya saja, kalau kucingmu muntah-muntah, tapi juga punya nafsu makan yang meningkat dengan berat badan yang semakin bertambah, maka bisa jadi dia sebenarnya sedang hamil.

  1. Perubahan Perilaku

Kucingmu mendadak jadi manja banget ke kamu. Misalnya, dia jadi lebih sering mengeong manja atau minta untuk dielus-elus. Bisa juga dia selalu minta untuk digendong. Atau, justru sebaliknya. Kucingmu yang aslinya manja jadi lebih suka menyendiri. Masing-masing kucing bisa saja menunjukkan perubahan perilaku yang berbeda, ya.

___________________________

BACA JUGA: Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama

Itulah ulasan ciri-ciri kucing hamil. Buat memenuhi kebutuhan nutrisi si meong, pastikan buat memberikan dia makanan kucing yang berkualitas. Kamu bisa beli makanan kucing khusus untuk induk yang hamil seperti Royal Canin Mother and Kitten di Blibli. Selain Royal Canin, Blibli juga menawarkan banyak banget produk makanan kucing yang bagus buat dikonsumsi induk kucing yang lagi hamil. Nggak perlu khawatir mahal. Apalagi dengan adanya layanan free ongkir dari Blibli. Yuk, kawal kehamilan kucingmu hingga ia melahirkan nanti.

BELI MAKANAN KUCING TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY