Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Sudah Tau?

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kalau ditanya, “ras kucing apa yang jadi favoritmu?”, kebanyakan orang Indonesia bakal tangkas menjawab “ras persia” atau “anggora”. Sepintas, kedua ras kucing ini memang sama-sama berbulu gondrong. Tapi, tahu nggak? Ternyata, kucing ras anggora dan persia punya perbedaan yang lumayan jauh. Sayangnya, hal ini banyak nggak disadari calon pemilik kucing. Apalagi, ada banyak banget breeder yang juga gagal mengidentifikasi keduanya. Padahal, kedua kucing ini butuh perawatan yang berbeda, lho. Supaya nggak salah paham, Blibli Friends wajib tahu perbedaan kucing anggora dan persia berikut ini.

BACA JUGA: Jenis Ras Kucing yang Populer di Indonesia

________________________

  1. Asal-Muasal

Tahu nggak kalau asal kucing anggora dan persia ternyata berbeda? Kucing anggora berasal dari kota Ankara yang berada di negara Turki. Kucing ini juga merupakan ras yang tertua di antara semua bangsa kucing. Secara spesifik, asal-muasal kucing anggora memang nggak terlalu jelas. Tapi, kemungkinan besar kucing ini merupakan keturunan dari kucing liar Afrika. Bulu kucing anggora yang panjang dan halus merupakan hasil mutasi alami sebagai bentuk adaptasi. Terutama, saat kucing ini mulai dibawa ke Eropa di sekitar tahun 1600-an.

Nah, beda lagi nih dengan kucing persia. Sesuai dengan namanya, kucing persia berasal dari negara Persia, atau Iran di masa sekarang. Bulu kucing persia yang panjang juga bikin bangsawan Eropa di masa itu langsung jatuh hati. Jadilah, kucing persia turut diboyong ke daratan Eropa di sekitar tahun yang sama dengan kucing anggora.

  1. Kelebatan Bulu

Baik kucing anggora maupun persia sama-sama punya bulu yang panjang, lebat, dan halus. Tapi, tetap saja ada perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya. Bulu kucing anggora nggak sepanjang kucing persia. Tapi, kucing anggora ini punya bulu yang lebih tebal di bagian ekor. Sekilas, mirip banget dengan ekor musang. Sedangkan, kucing persia punya bulu yang lebat banget. Bulu ini menutupi mulai dari bagian wajah hingga ekor.

  1. Bentuk Wajah

Perbedaan selanjutnya yang paling gampang terlihat adalah dari segi wajah. Kucing persia umumnya punya ciri-ciri hidung yang pesek, alias peaknose. Kucing persia juga punya mata yang besar dan bulat. Kuping kucing persia juga terletak lebih rendah daripada ras kucing pada umumnya.

Sedangkan, kucing anggora punya bentuk wajah segitiga. Hidung kucing anggora juga lebih runcing. Telinga kucing anggora juga lebih panjang dan tegak dibandingkan kucing persia.

  1. Bentuk Tubuh

Dari segi perawakan, kucing anggora juga berbeda jauh dari kucing persia, lho. Kucing anggora punya bentuk tubuh yang lebih langsing dan berotot dibandingkan kucing persia. Postur tubuh kucing anggora yang tegap juga bikin ras kucing ini kelihatan lebih anggun.

Lain halnya dengan kucing persia. Kucing persia punya bentuk tubuh yang lebih gemuk dengan kaki yang pendek. Tubuhnya yang bulat bikin kucing persia kelihatan menggemaskan. Kalau kamu menekan kaki si meong, cakar kucing persia juga memiliki bentuk yang bulat.

  1. Masalah Kesehatan

Setiap kucing ras punya kecenderungan memiliki penyakit bawaan. Kucing anggora dan kucing persia pun bukan pengecualian. Hanya saja, kucing anggora memang memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih kuat. Tapi, kucing ras ini tetap saja rawan terkena beberapa jenis penyakit.

Penyakit yang umum menjangkit kucing anggora adalah gangguan neuromuscular atau Ataksia. Sindrom Ataksia ini biasa menjangkit anak kucing yang berusia 2 – 4 minggu. Sedangkan, kucing persia punya resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan organ dalam. Contohnya seperti sakit saluran kencing, sakit ginjal, gangguan pernapasan, infeksi mata, dan hipersensitivitas terhadap panas.

________________________

BACA JUGA: Daftar Vaksin Kucing yang Wajib Diberikan

Itulah beberapa perbedaan kucing anggora dan persia. Yang jelas, baik kucing anggora dan persia sama-sama butuh makanan kucing yang berkualitas. Kamu bisa beli makanan dan vitamin terbaik buat kucing kesayangan di Blibli. Ada layanan free ongkir yang bikin aktivitas belanjamu jadi makin hemat. Yuk, penuhi kebutuhan buat si meong di Blibli.

BELI KEBUTUHAN KUCING TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY