me

Mengenal Harbolnas Adalah dan Tips Untung Belanja Saat Harbolnas

Dec 01, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Harbolnas Adalah — Siapa yang nggak suka belanja dengan diskon yang besar-besaran? Bisa dibilang diskon adalah surganya orang yang suka belanja karena mereka bisa lebih hemat atau membeli barang lebih banyak dibandingkan saat nggak ada diskon. Salah satu momen yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan adalah saat Harbolnas. 

Apa itu Harbolnas? Harbolnas adalah momen diskon dan promo besar-besaran dengan dukungan campaign, advertisement dan banyak lagi di setiap jam-jam atau waktu tertentu sehingga sayang untuk dilewatkan. Kamu yang penasaran dengan Harbolnas bisa langsung cek semua penjelasannya di bawah

ini!

Baca Juga:


Apa Itu Harbolnas

couponpeak.com

Apa kepanjangan harbolnas? Kamu yang belum familiar perlu tahu kalau Harbolnas merupakan kepanjangan dari Hari Belanja Online Nasional. Biasanya Harbolnas ini lebih umum ditemukan promonya dalam e-commerce sekaligus digunakan sebagai ajang promosi besar-besaran untuk publik yang pengen lebih untung dalam belanja. 

Biasanya ketika mendekati tanggal Harbolnas mereka bakalan memberikan penawaran harga produk yang jauh dari biasanya jadi bakalan menarik banget untuk disimak. Konsep yang dibawa pada Harbolnas ini sebenarnya mengacu pada perayaan diskon tahunan besar-besaran seperti yang ada di beberapa negara maju sebagai tanda terimakasih atau thank giving Black Friday bagi warga Amerika.

Beberapa negara maju yang dimaksud adalah Amerika Serikat, Jerman, Kanada, Inggris, dan Jepang. Di Indonesia sendiri Harbolnas banyak dirayakan di tanggal-tanggal cantik yang berpasangan dengan bulan meskipun lebih identik dengan pengadaan akhir tahun 12 Desember. Angka ini diambil dari pertama munculnya belanja online di tahun 2012 yang saat ini belum sepopuler sekarang. 

Seperti di tahun 2023 ini Harbolnas tanggal berapa yang paling dekat adalah Desember, jadi Harbolnas kapan biasanya menjelang tanggal 12 Desember sudah bakalan banyak promo dan penawaran menarik yang menunggumu. 

Bagaimana Cara Belanja Ketika di Harbolnas?

Setelah tahu kapan Harbolnas tiba selanjutnya kamu juga perlu tahu cara belanja Harbolnas biar nggak ketinggalan nantinya. Tentunya meskipun banyak produk murah dan menggiurkan kamu nggak boleh kalap dan tetap harus punya skala prioritas dalam belanja. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan langsung saja cek semuanya di bawah ini!

Cek dan Pertimbangkan Metode Pembayaran Paling Mudah

couponado.com

Harbolnas memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi lebih cepat dan harus sat set dalam mengamankan produk yang diinginkan. Sehingga nggak bisa mendadak batal transaksi atau harus bingung dulu dalam menentukan cara pembayaran yang diinginkan. Kebanyakan mikir bakalan membuatmu menjadi lama dan akhirnya kehilangan barang yang kamu inginkan. 

Saat ini sudah banyak banget metode pembayaran yang bisa kamu nikmati ketika belanja online seperti debet, kredit kartu, bayar di gerai terdekat, e-money sampai dengan yang paling baru ada COD atau Cost on Delivery maksudnya adalah pembayaran di tempat ketika produk sudah sampai. Kamu perlu bayar produk saat produknya sudah sampai di tanganmu. 

Pertimbangkan metode pembayaran mana yang bakalan memberikan keuntungan untukmu. Seperti halnya di Blibli ada beberapa pilihan dengan keuntungan yang banyak seperti Kartu Debit/Kredit, Cicilan 0%, dan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Internet Banking, Gerai Mitra dengan tambahan diskon yang menarik dalam setiap metode yang kamu pilih tersebut. 

Hanya Belanja di Toko Resmi

dhl.com

Ketika belanjanya di e-commerce pasti bakalan banyak banget toko yang masuk sebagai rekomendasi sehingga banyak membuat orang terkecoh saat membelinya. Nyatanya kamu lebih direkomendasikan untuk belanja di toko resmi atau official store dibandingkan toko yang nggak resmi terlebih saat Harbolnas. 

Alasannya adalah belanja di official store biasanya dilengkapi dengan garansi resmi yang jelas serta bisa dipertanggungjawabkan nantinya saat digunakan. Sementara ketika belanja di toko yang nggak resmi biasanya nggak ada garansi atau bahkan keaslian produknya masih perlu dipertanyakan lagi tentunya. 

Nggak hanya itu, belanja di toko resmi saat Harbolnas memungkinkan kamu bakalan mendapatkan diskon dan keuntungan yang lebih besar tambahan dari diskon yang diberikan oleh tokonya. Jadi, jangan buru-buru untuk beli produk yang kamu mau, cari dulu toko resminya siapa tahu diskon yang diberikan memang lebih besar. 

Lakukan Perbandingan Harga

prophotostudio.net

Tujuan partisipasi dalam belanja saat Harbolnas ini memang bisa mendapatkan harga lebih murah dan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan saat belanja di hari biasa. Sehingga penting banget untuk meluangkan waktu mengecek perbandingan harga saat sebelum dan sesudah adanya Harbolnas ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

Jangan sampai kamu tetap mendapatkan harga yang sama atau bahkan lebih mahal saat Harbolnas tiba tentu bakalan merugikan banget kalau tetap seperti itu. Cobalah catat dulu barang yang pengen kamu beli dan lihat juga harganya saat belum Harbolnas. Selanjutnya ketika Harbolnas tiba kamu bisa buka lagi produk dan cek harganya. 

Kalau harganya memang cocok dan cenderung lebih murah kamu bisa langsung angkut untuk membelinya terlebih kalau ada subsidi ongkir yang menguntungkan. 

Riset dan Catat Produk yang Diinginkan

vox.com

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah riset dan catat produk yang diinginkan. Nyatanya kamu nggak bisa langsung saat Habolnas impulsif untuk belanja melainkan harus riset dan catat dulu apa saja yang bakalan kamu beli produknya. Catat apa saja yang bakalan kamu beli sekaligus skala prioritasnya. 

Nantinya kamu bisa melakukan perbandingan harga seperti cara sebelumnya dan melakuka eliminasi terhadap barang mana saja yang sekiranya bisa dibeli duluan atau nanti saja nunggu diskon yang lebih banyak tentunya. Cek produk secara berkala lengkap dengan review para pembeli sebelumnya biar kamu nggak mendapatkan produk kualitas buruk tentunya. 

Buat Anggaran Belanja

finbookdesk.com

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran belanja. Langkah ini masih ada kaitannya dengan cara sebelumnya yang bakalan bikin kamu lebih mudah untuk membatasi mana saja yang perlu dibeli dan bisa dibeli lain waktu. Anggaran belanja yang jelas ini bakalan membuatmu lebih punya acuan dan nggak bakalan boncos nantinya. 

List barang dan harganya kemudian jumlahkan uang yang harus dikeluarkan. Jika sudah kamu bisa membandingkannya dengan uang yang tersedia untuk belanjanya jangan sampai harus menambah hutang untuk belanja yang kalap. 

Di Mana Bisa Mendapatkan Diskon Terbesar Harbolnas?

wordstream.com

Biar makin untung kamu perlu tahu banget di mana bisa mendapatkan diskon terbesar saat Harbolnas? Kamu bisa mendapatkannya di salah satu e-commerce Indonesia Blibli saja karena mampu memberikan diskon sampai dengan 90 persenan. Diskon yang diberikan sangat bejibun menjelang tanggal 12 Desember mendatang jadi sayang banget untuk dilewatkan. 


Baca Juga:

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk belanja online saat Harbolnas. Jangan sampai kelewat tanggal yang telah ditentukan biar kamu nggak gigit jari kalau promonya berakhir dengan cepat. Kamu bisa belanja lebih untung dan lebih banyak dibandingkan hari biasanya!

Tag: