Cinta Hutan Sama Alam Bebas Bikin Butet Manurung Buat Sokola Rimba

Photo via media.suara.com

“Sokola Rimba” adalah film yang diangkat dari buku dengan judul yang sama, yang ngisahin kisah nyata dari Butet Manurung, tokoh perempuan yang gak pernah capek berjuang buat pendidikan di Indonesia. Butet Manurung dianggep berjasa banget karena bikin Sokola Rimba jadi kedengeran hampir ke seluruh pesolok negeri. 

Beliau suka banget sama Matematika, tapi gak suka sama Sejarah. Ibarat kek hubungan yang rumit, Butet malah kuliah di antropologi yang jadi salah satu cabang ilmu dari Sejarah. Kadang2, hidup emang lucu ya, yang benci jadi suka. Hihihi.

Hal yang bikin Butet ngerasa cinta hutan sama alam bebas itu dimulai pas kecil sampe kuliah. Jaman masih kecil, Butet suka banget baca buku2 petualangan, trus pas udah kuliah demen banget ikut kegiatan2 alam luar kek naik gunung dan bertualang. Dari situ, Beliau makin yakin buat bikin beda di dalem dunia pendidikan. 

Saking cintanya sama hutan dan alam bebas, Butet sampe ngeberaniin ijin sama kedua orang tuanya buat gak kerja kantoran yang kudu banget pake setelan rapi sama high heels. Butet akhirnya mulai karir di salah satu LSM yang bikin Beliau ditempatin di salah satu hutan di Sumatera.

Saking cintanya sama hutan, tahun 1999, Butet ngebikin Sokola Rimba, sebuah sekolah yang beda banget sama kebanyakan sekolah. Sokola Rimba dibikin dan nyesuain kebiasaan adat istiadat di daerah tersebut, trus punya pendekatan sama masyarakat adat. Biarpun gitu, tetep ada kegiatan belajar yang biasanya, kayak hitung2an, nulis, sama baca. Bedanya, kegiatan2 itu dilakuin di luar kelas. 

Sampe sekarang, Butet udah buktiin kalo daerah pedalaman juga kudu dapetin pendidikan yang layak. Kecintaannya sama hutan, alam bebas, sama pendidikan ini bikin Beliau dikenal sebagai Indiana Jones versi cewek di dunia pendidikan Indonesia. Keren banget kan!

Dari kisah butet kita bisa belajar, selagi cinta sama satu hal, lakuin sepenuh hati buat ngedapetin hasilnya. Selama ada usaha dan niat, pasti bakal ada perubahan yang pengen didapetin. Apalagi dunia pendidikan, butuh semangat yang lebih. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga pendidikan di Indonesia makin maju!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY