me

Cara Merawat Nintendo Switch Biar Nggak Cepet Rusak

Jul 14, 2022.By Nadine
Bagikan

image source: www.pexels.com

Siapa yang suka dengan permainan Nintendo Switch? Selain viral banget ternyata permainan ini memang sangat menyenangkan. Namun jika nggak dirawat dengan baik maka komponennya bisa berkurang performanya. Supaya bisa main lebih lama, konsol ini memang sebaiknya dibersihkan secara rutin. Berikut cara merawat nintendo switch biar nggak cepat rusak.

BACA JUGA: Harga Nintendo Switch Lite 2022, Cari Tahu di Sini


Cara Merawat Nintendo Switch

Kamu tertarik untuk merawat Nintendo Switch biar nggak cepat rusak? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa langkah penting di bawah ini:

  • Gunakan tali pengaman

Cara pertama yang bisa digunakan untuk merawat Nintendo Switch adalah dengan memberikan tali pengaman. Sebenarnya jika ditinjau dari desain yang dimilikinya, produk ini nggak memerlukan tali pengaman namun untuk keadaan tertentu memang dibutuhkan. Seperti halnya ketika memainkan 1-2 switch.

Permainan tipe ini memungkinkan controller yang kamu bawa bisa saja terlepas atau terlempar sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada sambungan maupun pelindung luarnya. Sehingga penting banget untuk menambahkan tali pengaman biar kamu menjadi lebih nyaman untuk menggunakannya. 

Tali pengaman ini banyak banget jenisnya jangan lupa membeli dari bahan yang elastis namun tetap kuat biar nggak mudah rusak maupun putus saat digunakan. 

  • Simpan di dalam tas jinjing

Cara kedua yang bisa digunakan untuk merawat Nintendo Switch adalah dengan menyimpannya di dalam tas jinjing. Salah satu hal krusial yang dimiliki oleh produk ini adalah ukuran dari cartridge yang sangat kecil sehingga memungkinkannya lebih mudah hilang atau terselip saat disimpan. 

Meskipun memang dengan ukuran yang kecil ini kamu sudah bisa menyimpan lebih banyak game di dalamnya namun tetap saja menjadi masalah jika nggak disimpan dengan baik. Kamu perlu menyimpannya dalam tas travel yang berisikan banyak kantong untuk memisahkan komponen mini biar nggak mudah hilang. 

Direkomendasikan untuk menggunakan bahan tebal dan empuk biar produknya nggak mudah terbentur saat dibawa sesuai kebutuhan. Dengan menyimpannya di dalam tas jinjing tentu bakalan mempermudahmu untuk memindahkannya tanpa perlu mengambilnya satu persatu nantinya. 

  • Hati-hati dalam melepas dan memasang docking

Cara ketiga yang penting banget untukmu adalah ketika melakukan pelepasan dan pemasangan dari docking Nintendo Switch. Sebenarnya dua kegiatan ini memang krusial banget dilakukan karena memberikan resiko tinggi untuk layarnya. Resiko yang mungkin terjadi adalah goresan atau keretakan di dalamnya.

Kamu perlu melakukannya dalam keadaan tenang dan nggak boleh terburu-buru, kemudian lepas atau pasang dengan cara hati-hati. Sehingga proses melepas dan memasang ini nggak akan menyisakan goresan di dalam layar. Selain itu, kamu juga perlu membatasi proses melakukannya jangan terlalu sering. 

  • Bersihkan joycon secara rutin

Cara keempat yang penting banget untuk dilakukan adalah dengan membersihkan bagian joycon Nintendo Switch secara rutin. Kamu perlu tahu kalau bagian ini mudah banget kotor karena sering bersentuhan langsung dengan tangan. Apalagi dalam proses permainannya kamu sambil makan atau minum bakalan menimbulkan noda di dalamnya.

Hanya saja untuk membersihkan bagian ini kamu nggak boleh asal-asalan atau bahkan menggunakan sabun. Kamu hanya diperbolehkan membersihkannya menggunakan kain microfiber dengan permukaan yang halus. Bersihkan di bagian dua sisi dengan gerakan memutar untuk mengangkat debu. 

Tahukah kamu kalau debu dan kotoran yang mengendap di bagian ini bakalan membuat performanya menurun dan koneksinya menjadi buruk. 

  • Bersihkan bagian layarnya dengan rutin

Selain dibersihkan bagian joycon Nintendo Switch ini juga perlu banget dibersihkan bagian layarnya. Bagian layar memang cukup sensitif banget karena akan sering bersentuhan dengan jari tangan ketika dibutuhkan. Bagian ini juga bekerja cukup berat sehingag bakalan banyak debu dan kuman yang menempel.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan layar ini dengan baik sebagai berikut:

  • Gunakan kain dengan serat microfiber karena mampu menyerap minyak, debu dan kotoran dengan baik dibandingkan serat lainnya. Kain ini juga memiliki kelembutan lebih baik sehingga bakalan super aman ketika bersentuhan langsung dengan layarnya. 

Alternatif lain yang bisa dipakai adalah tisu basah namun jangan lupa untuk sedikit mengurangi kadar air di dalamnya. Tisu ini memiliki permukaan yang lembut sehingga mampu mengangkat kotoran tanpa merusak bagian layarnya. 

  • Jangan gunakan air untuk membersihkan area layar ini, namun jika ada kotoran yang membandel kamu bisa membasahi lap yang digunakan. Ingat untuk memerasnya sampai kadar airnya sangat sedikit. Kemudian keringkan kembali sampai layarnya benar-benar kering.
  • Bersihkan dengan cara mengambang tanpa menekan bagian layarnya karena berdampak kurang bagus untuk LCD yang dimilikinya. Bersihkan dari satu sisi ke sisi lainnya tanpa menekan namun memastikan kotorannya terangkat dengan baik. 
  • Banyak orang yang salah dalam membersihkan layar sehingga nggak bersih namun justru layarnya menjadi retak atau konslet. Meskipun perlu dibersihkan secara sering namun juga perlu diperhatikan tingkat kebutuhannya. 
  • Jauhkan dari jangkauan orang

Cara ketujuh yang bisa digunakan untuk merawat Nintendo Switch adalah dengan meletakkannya jauh dari jangkauan orang. Nggak cuma anak-anak namun juga orang dewasa karena peletakannya yang sembarangan bisa saja nggak sengaja terlempar maupun terjatuh sehingga membuat komponennya rusak atau konslet.

Simpanlah di tempat yang aman dan memungkinkan ketika tergeser nggak bakalan jatuh atau tergores. Apalagi untuk komponen kecil dan bagian joycon yang dimilikinya tentu harus banget disimpan dengan baik karena bakalan berdampak krusial banget. 

  • Simpan di ruangan yang nggak berdebu

Dalam menyimpan Nintendo Switch ini ternyata juga nggak boleh sembarangan karena harus memilih ruangan yang mungkin minim dengan adanya debu. Kamu perlu memilih ruangan yang lebih tertutup dan nggak bersentuhan dengan udara secara langsung biar nggak banyak debu yang masuk nantinya.

Simpan di dalam suhu yang normal nggak lembab dan nggak panas sehingga komponennya juga nggak mudah kotor dan rusak. 

  • Gunakan tambahan aksesoris

Ternyata aksesoris yang ada di pasaran itu nggak cuma membuat tampilannya menjadi menarik namun juga mampu menjaga komponen Nintendo Switch terutama di bagian konsolnya biar tetap awet dan mulus ketika digunakan. Namun dalam pemilihannya kamu juga perlu memperhatikannya terkait bahan dan kekuatan.

Dikarenakan fungsi yang dibutuhkan nggak cuma untuk hiasan namun juga untuk keawetan maka kamu perlu memilih bahan yang lebih keras dan nggak mudah rusak saat terbanting. Contoh aksesoris yang penting dimiliki adalah pouch dari bahan keras dalam menyimpan konsol yang kamu miliki.


Baca juga: Fakta Menarik Game Assassins Creed Valhalla

Bagaimana Blibli Friends? Sudah siap untuk memiliki Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite? Keduanya bisa langsung kamu cek ketersediaannya di Blibli saja. Banyak banget keuntungan yang menunggumu seperti gratis ongkir sampai dengan promo potongan harga produk sesuai syarat ketentuan yang berlaku. 

Di sini juga memberikan fitur cicilan dengan bunga 0%, lho. Jadi, tunggu apa lagi, buruan ke Blibli sekarang juga!