me

7 Cara Menghilangkan Kerak di Setrika yang Efektif

Apr 25, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/user19205626
Simak dulu 7 cara menghilangkan kerak di setrika ini sebelum beli setrika baru!

Cicilan 0% KAM

Menyetrika adalah pekerjaan rumah yang banyak nggak disukai karena panas, tapi tetap harus dilakukan supaya baju rapi. Kalau setrika Blibli Friends berkerak, bikin menyetrika jadi terhambat karena setrika nggak bekerja dengan optimal. Karena itu, banyak produsen setrika menyarankan untuk membersihkan produk elektronik ini setidaknya 4 bulan sekali. Lalu bagaimana cara menghilangkan kerak di setrika?

Sebelumnya, cari tahu dulu tanda-tanda setrika butuh dibersihkan. Yang pertama adalah pakaian yang disetrika meninggalkan jejak yang berasal dari kerak. Setrika yang terasa nggak mulus karena ada area yang lengket adalah tanda kedua. Bikin kerja lebih lama dan berisiko meninggalkan noda di pakaian, yuk cari tahu 7 cara menghilangkan kerak pada setrika di bawah ini!

Baca juga:


Gunakan Lap Basah

freepik.com/author/fabrikasimf

Kerak di setrika biasanya terbentuk karena ada kotoran di permukaan pakaian yang disetrika. Selain itu, beberapa zat kimia yang menempel di pakaian juga bisa menyebabkan terjadinya kerak kalau dibiarkan menempel dan menumpuk di setrika dalam waktu lama. Penyebab lainnya adalah karena suhu setrika yang terlalu tinggi menyebabkan timbulnya kerak warna coklat tua atau hitam. 

Nggak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk membersihkan kerak. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan lap basah saja. Pilih lap yang bahannya dari handuk atau kain yang cukup tebal. Basahi lap dengan air, lalu peras dulu sampai sisa airnya tinggal sedikit. Setelah itu, tinggal lap saja bagian yang berkerak. Ulangi sampai keraknya benar-benar hilang dan setrika kembali mulus. 

Bersihkan dengan Pasta Gigi

Bersihkan dengan Pasta Gigi
freepik.com/author/freepik

Pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada setrika. Pasta gigi memang biasa dimanfaatkan untuk membersihkan besi yang terbakar, jadi cocok untuk kerak setrika. Cara membersihkan kerak setrika dengan odol juga nggak ribet, kok. Pastikan dulu setrika dalam keadaan dingin, lalu oleskan pasta gigi di area yang berkerak. Diamkan selama 5 menit. 

Setelah itu, lap odol dengan kain bersih. Kalau sudah, nyalakan setrika dan posisikan berdiri selama 5 menit. Dalam keadaan sudah mulai panas ini gosokkan setrika ke atas kain bersih supaya sisa pasta gigi benar-benar bersih. Kerak pun hilang dalam sekejap!

Bersihkan dengan Lilin

freepik.com/author/racool-studio

Di rumah biasanya tersedia lilin untuk mengantisipasi mati lampu. Nah, ternyata lilin bisa digunakan untuk bahan membersihkan kerak setrika, lho. Kita bakal menggunakan lelehannya, jadi pertama-tama lilin harus kamu nyalakan dulu. Setelah keluar lelehan, blibli Friends bisa langsung menggosokkannya di bagian setrika yang berkerak. 

Bisa juga miringkan lilin supaya lelehannya jatuh ke kerak setrika. Lakukan sampai keraknya tertutup lelehan. Setelah itu, bersihkan lelehannya menggunakan lap atau sikat gigi yang bersih dan kering. Kalau kerak sudah benar-benar hilang, bersihkan sisa-sisa lelehan lilin dan serpihan kerak dengan lap bersih yang dibasahi dengan air. 

Manfaatkan Garam

Manfaatkan Garam
freepik.com/author/racool-studio

Banyak bahan dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan perabot dapur, alat makan dan peralatan elektronik, lho. Salah satunya adalah garam yang ternyata ampuh untuk membersihkan kerak di setrika. Garam biasanya selalu ada di rumah, jadi nggak repot cari bahan lagi. 

Cara membersihkan kerak setrika dengan garam adalah dengan membentangkan koran dulu di atas meja. Setelah itu, taburi koran dengan garam. Baru deh nyalakan setrika dan panaskan. Setelah panas, gosokkan setrika ke atas koran yang ditaburi garam tadi. Kalau sudah bersih, matikan setrika dan tunggu sampai dingin. Setelah itu baru bersihkan sisa garam dengan lap bersih. 

Manfaatkan Soda Kue

Manfaatkan Soda Kue
freepik.com/author/EyeEm

Masih menggunakan bahan dapur, kalau ada soda kue di dapur bisa juga digunakan untuk membersihkan kerak setrika. Kita perlu mencampurnya dengan air dulu supaya membentuk campuran yang kental untuk menghilangkan kerak. 

Pastikan setrika dalam keadaan dingin, lalu oleskan campuran soda kue yang kental tadi di bagian setrika yang berkerak. Biarkan selama 3 menit saja, lalu sikat menggunakan sikat gigi dengan sikat yang lembut. Menyikatnya nggak perlu ditekan keras-keras, cukup lembut saja. Kerak pelan-pelan bakal rontok sampai akhirnya benar-benar hilang. Kalau sudah, bersihkan setrika dari sisa soda kue dengan lap bersih.

Manfaatkan Cuka Putih

Manfaatkan Cuka Putih
freepik.com/author/freepik

Bahan dapur lainnya yang banyak banget fungsinya adalah cuka putih. Biasanya cuka putih selalu ada di dapur. Ternyata, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kerak pada setrika. Pertama-tama, siapkan dulu cuka putih secukupnya lalu panaskan di kompor. Nggak perlu sampai mendidih, ya. 

Kalau sudah cukup panas, ambil lap bersih yang terbuat dari kain cukup tebal. Celupkan di cuka yang sudah dipanaskan dan gosok bagian setrika yang berkerah dengan lap tersebut. Kalau kerak sudah hilang, bersihkan setrika dengan lap basah supaya benar-benar nggak tersisa serpihan kerak dan cuka putihnya. 

Manfaatkan Daun Pisang

freepik.com/author/jcomp

Cara yang terakhir ini nggak membutuhkan material pembersih. Kalau kebetulan di halaman rumah Blibli Friends ada pohon pisang atau habis beli daun pisang untuk memasak, kamu bisa gunakan daun pisang untuk membersihkan kerak di setrika. Kok bisa? Ternyata daun pisang itu ada kandungan minyak alaminya yang mampu membantu membersihkan kerak akibat gosong di setrika. 

Oh ya, minyak di daun pisang ini juga mampu bikin permukaan setrika jadi lebih licin, lho. Cara membersihkan dengan daun pisang pun relatif mudah. Ambil beberapa lembar daun pisang dan tutupi meja setrika dengan daun pisang. Setelah itu, nyalakan setrika dan biarkan panas dulu. Begitu sudah panas, gosokkan di atas daun pisang, seolah kamu menyetrika daun-daun tersebut. 

Sesekali cek bagian bawah setrika untuk melihat apakah keraknya sudah hilang atau belum. Lakukan hingga beberapa kali sampai kerak setrika akibat gosong benar-benar hilang. Setelah itu, baru cabut kabel setrika. Jangan lupa, lakukan setidaknya 4 bulan sekali untuk merawat setrika. 


Baca juga:

Ternyata cara menghilangkan kerak di setrika nggak terlalu sulit, ya? Kalau dilakukan secara berkala, kondisi setrika bakal lebih terjaga dan masa pakainya pun lebih panjang. Menyetrika jadi lebih lancar dan nggak butuh waktu lama. Waktu kerja kita jadi lebih singkat, penampilan pun tetap rapi berkat setrika yang selalu baik kualitasnya. 

Nah, kalau Blibli Friends sedang butuh setrika baru, pastikan kamu temukan yang terbaik di laman peralatan elektronik Blibli. Di Blibli tersedia setrika dari berbagai pilihan merek. Bisa langsung beli dari toko resminya, jadi kualitas setrika lebih terjamin. Pengemasannya rapi dan aman, pengirimannya pun cepat. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, pilih setrika terbaik di Blibli yang sesuai kebutuhanmu sekarang juga!