me

8 Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci untuk Menjaga Kualitasnya

Apr 09, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/atlascompany
8 cara mengeringkan baju di mesin cuci untuk menjaga kualitas baju.

Cicilan 0% KAM

Blibli Friends menggunakan mesin cuci untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian kotor? Pastikan kamu sudah melakukan pengoperasian mesin cuci sesuai dengan prosedur yang disarankan ya, Blibli Friends. Selain untuk menjaga kualitas pakaian, memakai mesin cuci untuk pengeringan secara tepat juha akan mencegah risiko kebakaran dan kerusakan mesin yang membuat mesin cuci nggak awet.

Jika menggunakan mesin cuci untuk pengeringan secara benar, kerja mesin cuci juga bisa berlangsung lebih efisien secara energi sehingga mengurangi konsumsi energi mesin pengeringnya. Pastinya kamu jadi bisa lebih cepat dalam mencuci juga ya, Blibli Friends. Biar nggak bingung, simak cara mengeringkan baju mesin cuci untuk menjaga kualitas pakaian di sini, yuk!

Baca Juga:


Periksa Petunjuk Penggunaan

Periksa Petunjuk Penggunaan
freepik.com/author/newafrica

Langkah paling penting saat akan mengeringkan baju dengan mesin cuci adalah memeriksa petunjuk penggunaannya terlebih dahulu. Tentunya cara mengeringkan baju di mesin cuci 1 tabung berbeda dengan cara mengeringkan baju di mesin cuci 2 tabung ya, Blibli Friends. Masing-masing tipe mesin cuci juga punya cara yang spesifik dan bisa kamu dapatkan informasinya pada petunjuk penggunaan.

Petunjuk penggunaan mesin cuci bisa memberi informasi terkait berbagai fitur dan opsi yang sesuai dengan kebutuhanmu, salah satunya untuk mengeringkan baju. Selain itu, beberapa langkah-langkah keamanan yang perlu diikuti juga tersedia agar mesin tetap terjaga dan kualitas pakaian yang kamu cuci juga nggak berubah.

Tak hanya itu, beberapa mesin cuci juga akan memberikan informasi berbagai jenis pakaian yang cocok dikeringkan pada mesin cuci tersebut, misalnya mesin cuci yang ditunjukkan untuk pakaian berbahan lembut dan mudah rusak. Dengan memahami petunjuk penggunaan secara menyeluruh, kamu juga bisa mengetahui batasan dan syarat garansi untuk mesin cuci andalanmu tersebut.

Pilih Mode Pengering yang Tepat

Pilih Mode Pengering yang Tepat
freepik.com/author/macniak

Memilih mode pengering yang tepat juga sangat penting untuk mencapai hasil terbaik saat kamu mengeringkan pakaian dengan mesin cuci. Sebelumnya, pastikan kamu mengetahui berbagai fitur dan opsi yang tersedia pada mesin cuci agar dapat memilih mode yang paling sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci dan preferensi pribadi, ya.

Beberapa mesin cuci ternyata punya mode pengering yang dirancang khusus untuk jenis bahan tertentu, lho. Berbagai jenis bahan yang biasanya bisa dicuci dengan mode khusus mesin cuci antara lain katun, wol, linen, hingga sintetis. Memilih mode pengering yang paling tepat bisa menghindari dari risiko kerusakan pakaian maupun penyusutan yang tak diinginkan lho, Blibli Friends.

Pilih Waktu Pengeringan yang Sesuai

freepik.com/author/freepik

Cara mengeringkan pakaian dengan mesin cuci yang perlu dipahami selanjutnya agar pakaian tetap kering sempurna tanpa mengalami kerusakan adalah dengan memilih waktu pengeringan yang paling sesuai. Apabila pakaian yang kamu keringkan sangat basah, tentunya waktu pengeringan yang diperlukan agar kering dengan baik lebih lama dibanding biasanya, ya.

Selain tingkat kelembapan pakaian, faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam memilih waktu pengeringan yang sesuai adalah jenis bahan pakaian, ukuran dan jumlah pakaian, serta pilihan atau opsi pengeringan menurut preferensi pribadi. Yang perlu diingat adalah menggunakan waktu yang paling sesuai akan menghemat energi yang diperlukan untuk mesin beroperasi serta menjaga kualitas mesin.

Jangan Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian

Jangan Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian
freepik.com/author/freepik

Jangan lupa untuk memasukkan pakaian sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh mesin cuci jika ingin mengeringkannya ya, Blibli Friends. Ada beberapa jenis mesin cuci yang bahkan mempunyai kapasitas berbeda pada mode mencuci dan mode pengeringnya, lho. Dengan mematuhi rekomendasi kapasitas yang tertera, kamu akan menghasilkan pakaian yang kering lebih optimal serta memperpanjang umur mesin cuci.

Memasukkan terlalu banyak pakaian ke mesin cuci bisa menghambat aliran udara yang dibutuhkan sehingga pengeringan dipastikan akan kurang merata. Nggak mau kan kalau sebagian pakaianmu ternyata masih basah dan sebagian lagi justru terlalu kering. Selain itu, dengan memasukkan baju secukupnya pada mesin pengering biasanya akan mencegah kerutan yang sulit hilang akibat pakaian yang saling terjepit.

Periksa dan Kosongkan Filter

freepik.com/author/user3251707

Untuk memastikan pengeringan pada mesin cuci berlangsung dengan aman dan efisien, jangan lupa memeriksa dan membersihkan filter pada mesin cuci setelah menggunakannya ya, Blibli Friends. Membersihkan filter akan sangat berpengaruh dalam mencegah penumpukan debu dan serpihan, mengurangi risiko kebakaran, mencegah bau tak sedap, hingga membantu memperpanjang umur mesin.

Pastikan ikuti petunjuk pengguna yang disediakan oleh produsen terkait langkah-langkah tepat dalam membersihkan filter. Memastikan kondisi filter tetap bersih artinya memastikan mesin cuci selalu dalam keadaan terbaik dan membuat pakaian yang dimasukkan ke dalamnya dapat dikeringkan dengan baik setiap saat.

Periksa Label Perawatan

Periksa Label Perawatan
freepik.com/author/user3251707

Label perawatan yang berada pada pakaian biasanya memiliki instruksi khusus terkait perawatan terbaik untuk pakaian tersebut, lho. Komponen ini memberikan informasi bagaimana pakaian tersebut harus dicuci dan dikeringkan, termasuk informasi tentang suhu air terbaik, penggunaan pemutih, serta metode pengeringan yang paling direkomendasikan.

Instruksi pada label perawatan bisa mencegah terjadinya kerusakan pada pakaianmu. Pasalnya, beberapa jenis kain mungkin hanya perlu dikeringkan dengan diangin-anginkan saja dan tak perlu memakai mesin cuci karena rentan terjadi penyusutan atau perubahan bentuk. Selain itu, beberapa pakaian juga sensitif terhadap panas dan pemutih yang membuatnya kehilangan warna atau mengalami perubahan warna.

Segera Keluarkan Pakaian Setelahnya

freepik.com/author/freepik

Hal yang nggak boleh terlewat jika kamu ingin mengeringkan baju dengan mesin cuci adalah segera keluarkan baju dan berbagai pakaianmu setelah proses pengeringan dinyatakan selesai. Pasalnya, pakaian yang masih berada di dalam mesin cuci setelah selesai pengeringan bisa jadi akan terkena kelembapan yang tersisa di dalam mesin sehingga membuatnya menjadi lembap, mengalami bau tak sedap, hingga berjamur.

Tentunya pakaian tersebut juga bisa mengalami penurunan kualitas karena kesegarannya berkurang ya, Blibli Friends. Nggak hanya itu, pakaian juga biasanya cenderung menjadi keriput jika tak segera dikeluarkan dari mesin cuci dan digantung untuk dijemur atau dilipat jika kamu menggunakan dryer.

Lakukan Perawatan Mesin secara Rutin

Lakukan Perawatan Mesin secara Rutin
freepik.com/author/kegfire5

Terdapat beberapa perawatan mesin yang bisa kamu lakukan agar pengeringan baju menggunakan mesin cuci tetap berlangsung secara optimal. Selain bagian filter, bersihkan bagian drum, lakukan pemeriksaan selang dan saluran air, gunakan pembersih khusus mesin cuci, cek bagian pintu dan karet penutup, serta lakukan perawatan preventif pada bagian penting lainnya, ya.


Baca Juga:

Nah, buat kamu yang mau beli atau upgrade mesin cuci ke produk yang lebih baru, kamu bisa langsung cari mesin cuci yang paling sesuai dengan kebutuhanmu di Blibli. Berbagai merek peralatan elektronik untuk mencuci ini tersedia dengan koleksi yang paling lengkap dan harga terbaik pastinya hanya di Blibli.