me

Simak 7 Cara Menaikkan Battery Health iPhone 13 di Sini!

Mar 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com
Cara menaikkan battery health iPhone 13

Cicilan 0% Gadget

Sejak dirilis pada tahun 2018, kamu bisa melihat kondisi battery health di iPhone 13 kamu yang memakai sistem operasi iOS 11.3. Nah, battery health ini salah satu kondisi yang perlu banget kamu perhatikan karena bakal menentukan kemampuan penggunaannya nih. Tentu kamu nggak mau kan terlalu sering ngecharge iPhone kamu?

Battery health beda dengan persentase baterai yang biasa tampil di layar atas ya, Blibli Friends. Battery health ini bakal jadi penentu seberapa lama baterai bisa digunakan dalam sekali mengisi daya. Makin rendah nilai battery health nya, maka baterai HP iPhone kamu bakal cepat habis.

Mungkin sekarang banyak yang bikin kamu penasaran, apakah bisa menaikkan battery health iPhone kamu? Nah, buat kamu yang penasaran wajib simak cara menaikkan battery health iPhone 13 di bawah ini.

Baca juga : 


Update Software secara Berkala

Update Software secara Berkala
pexels.com

Battery health iPhone punya skor dengan skala 0 sampai 100 persen. Nah, walaupun terlihat mirip sama persentase baterai di battery bar, tapi keduanya beda ya. Kalau isi baterai bisa naik, beda dengan battery health.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah baterai health iPhone 13 bisa naik kembali? Sayangnya, nggak ada satu pun cara yang bisa kamu pakai untuk menaikkan battery health iPhone kamu. Apple dalam laman resminya pun sudah menjelaskan hal ini, kalau baterai iPhone ini termasuk perangkat yang habis pakai.

Kenapa kok nggak bisa naik ya? Mungkin banyak dari kamu yang menanyakan soal ini. Battery health sebenarnya menunjukkan bagaimana kemampuan baterai iPhone kamu untuk menyimpan daya selama pemakaian sebelum diisi kembali. Nah, karena sudah nggak bisa dinaikkan lagi, kamu bisa merawatnya supaya battery health nggak turun terlalu cepat. 

Penting banget nih buat kamu untuk secara rutin memperbarui perangkat lunak iPhone kamu. Sistem operasi yang baru tentu sudah membawa fitur yang lebih baik untuk mendukung kesehatan baterai kamu.

Charge iPhone Tanpa Casing

Charge iPhone Tanpa Casing
pexels.com/rann-vijay-677553

Bagaimana cara meningkatkan masa pakai baterai di iPhone 13 saya? baterai termasuk perangkat habis pakai, jadi kamu nggak bisa menambah masa pakainya nih. Jadi, kamu bisa menjaga kesehatannya supaya nggak cepat turun.

 Battery health memang nggak bisa dinaikkan masa pakainya, tapi kamu bisa mencegahnya mengalami penurunan dengan drastis nih. Kamu bisa mengatur penggunaannya agar baterai iPhone kamu bisa tahan lebih lama dan optimal dalam menyimpan daya.

Kalau iPhone kamu memakai casing atau pelindung, sebaiknya lepas dulu saat mengisi daya. Ini penting karena HP yang cepat panas bakal mempengaruhi kondisi kesehatan baterai nih. 

Hindari Suhu Ekstrim

Hindari Suhu Ekstrim
pexels.com/karolina-grabowska

Battery health iPhone secara alamiah bakal mengalami penurunan karena pemakaian. Tapi, kamu bisa mencegahnya turun lebih cepat dengan menjaga cara pemakaian kamu nih. Hindari melakukan kesalahan seperti mengisi daya sambil memakainya.

Suhu yang ekstrim juga bisa jadi penyebab battery health iPhone kamu jadi cepat turun nih karena mengurangi masa pakainya. Maka dari itu jangan biarkan iPhone kamu dalam kondisi suhu yang cukup ekstrem, seperti terlalu panas atau dingin.

Kondisikan iPhone kamu untuk berada di suhu ideal antara 16 sampai 22 derajat celcius. Suhu ini dianggap paling aman supaya battery health nggak cepat turun karena kondisi suhu yang terlalu ekstrem. 

Kelola Pengaturan

Kelola Pengaturan
pexels.com/cottonbro

Siapa nih yang sering ngeluh, mengapa baterai iPhone 13 saya cepat habis? Ada banyak faktor yang bikin ini terjadi. Kamu mungkin bakal menemukan battery health yang sudah nggak 100 persen, khususnya yang sudah digunakan lebih dari satu tahun. Jadi, sebenarnya apa yang bikin persentase battery health di HP Apple turun?

Kamu bisa mengecek battery health iPhone kamu di menu Pengaturan, lalu masuk ke opsi Battery. Di sana kamu bakal menemukan opsi Battery Health yang berisi informasi persentase kesehatan baterai iPhone kamu.

Penyebab umumnya karena pemakaian, terjadi penuaan kimia pada baterai, HP sering ada dalam kondisi suhu ekstrem, dan sebagainya. Inilah yang jadi alasan battery health turun dan baterai iPhone kamu jadi cepat habis.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menyalakan opsi Optimized Battery Charging. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan Dark Mode dan mengurangi tingkat kecerahan di iPhone kamu supaya baterai lebih hemat. 

Gunakan Charger Original

Gunakan Charger Original
rawpixels.com

Sebaiknya kamu hanya pakai charger original atau punya lisesnsi MFi. Charger yang nggak original beresiko merusak baterai kamu lho, Blibli Friends. Charger yang nggak original biasanya bikin pengisian daya jadi terhambat bahkan iPhone kamu bisa jadi cepat panas saat sedang dicharge. 

Kalau kondisinya sudah cukup parah, bisa jadi iPhone 13 kamu bakal meledak. Kamu tentu nggak mau ini terjadi kan? Maka dari itu jangan biarkan iPhone kamu dalam kondisi suhu yang cukup ekstrem, seperti terlalu panas atau dingin. Sebaiknya hindari juga mengisi daya lebih dari 80 persen saat kamu memakainya dengan cukup intens.

Atur Cara Pengisian Daya

Atur Cara Pengisian Daya
digitaltrends.com

Jangan charge iPhone kamu di atas 80 persen kalau lagi digunakan dengan intensif seperti merekam video atau main game dalam durasi yang cukup lama. Ini dilakukan untuk menghindari HP iPhone 13 kamu dalam kondisi suhu yang nggak terlalu panas. 

Berapa lama tahan baterai iPhone 13? iPhone 13 punya daya sebesar 3227 mAh, mampu dipakai untuk streaming selama 15 jam dan menonton video sampai 19 jam. 

Atur Aplikasi yang Nggak Penting

Atur Aplikasi yang Nggak Penting
farmapotheka.com.br

Aplikasi juga bisa menyumbang penurunan battery health iPhone kamu lho. Fitur background app refresh jadi salah satu sumber masalahnya. Maka dari itu, kamu bisa matikan fitur background app refresh di beberapa aplikasi yang nggak penting. 

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, apakah baterai iPhone 13 bagus? Secara garis besarnya nih, baterai di seri iPhone 13 lebih tahan lama kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Daya tahan baterainya bisa lebih baik 2 jam dibandingkan seri iPhone 12 dalam pemakaian normal.

Kalau battery health sudah turun drastis, mungkin ini saatnya kamu beli HP baru. Sekarang nih di Blibli ada program baru lho. Program Blibli Gadget Cicilan 0% ini punya banyak banget keuntungan, seperti cicilan ringan dan bebas biaya angsuran per bulannya lho!

Kamu bisa menikmati program ini dengan memakai kartu kredit andalan dari Bank yang ada di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Blibli. Gimana, mau cobain?


Baca juga : 

Nah, itu dia beberapa tips mencegah penurunan ekstrem pada battery health iPhone 13 kamu. Sebaiknya rutin cek kondisi kesehatan baterai HP kamu ya supaya masa pakainya bisa lebih awet dan nggak cepat rusak. Kamu bisa buka Blibli dan temukan banyak pilihan Handphone & Tablet kekinian yang jadi incaran kamu.