Penting Banget, Ini Cara Cek IMEI iPhone

cara cek imei iphone

Cara Cek IMEI iPhone — Punya iPhone bisa dibilang jadi salah satu simbol kemapanan di Indonesia. Harga iPhone yang fantastis memang bikin smartphone ini paling diincar oleh para kaum berduit. Jadi, begitu kamu dapat hadiah iPhone dari giveaway misalnya, hatimu pasti langsung riang gembira. Tapi, gimana Blibli Friends yakin kalau perangkat iPhone yang kamu miliki produk original.

Nah, kamu bisa cari tahu dengan cara mengecek kode IMEI pada perangkat iPhone tersebut. Apa sih IMEI, dan gimana cara cek IMEI iPhone?

BACA JUGA: HARGA DAN SPESIFIKASI iPHONE SE

____________

IMEI, Apa Sih Itu?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah kode produksi yang jadi kode identitas dari perangkat smartphone. Walaupun seri dari iPhone bisa sama, tapi nomor seri IMEI pastilah berbeda. Bisa dibilang, IMEI tuh seperti sidik jari buat smartphonemu. IMEI punya fungsi yang penting banget dalam mendeteksi apakah perangkat smartphone tersebut asli atau produk replika. Nomor IMEI dari iPhone replika sudah pasti nggak terdeteksi saat kamu memasukkannya ke situs Apple.

Selain itu, IMEI juga bisa digunakan untuk melacak perangkat smartphone yang hilang. Misalnya, kamu jadi korban penjambretan dan jambret tersebut berhasil mengambil iPhone milikmu. Blibli Friends bisa menggunakan nomor seri iPhone buat melacak keberadaan dari smartphonemu. IMEI juga bisa digunakan buat mengunci smartphone. Sehingga, si penjambret nggak akan bisa menggunakan iPhone tersebut.

Cara Mengecek IMEI iPhone

Nah, kamu akhirnya tahu kan pentingnya tahu nomor seri IMEI. IMEI biasanya tertera di kemasan iPhonemu. Tapi, kamu juga bisa cek IMEI iPhone dengan cara berikut:

  1. Lewat Sistem iPhone

Cara tergampang buat cek IMEI iPhone adalah lewat sistem pengaturan iPhone. Caranya gampang banget! Pertama-tama, kamu perlu masuk ke “Settings”. Setelah itu, pilih menu “General”, dan lanjutkan ke opsi “About”. Nantinya, layar smartphone bakal menampilkan informasi dari perangkat iPhone milikmu. Cari kolom IMEI, dan voila! Ketemu deh kombinasi nomor seri IMEI yang kamu cari.

  1. Lewat Komponen dalam iPhone

Cara lainnya adalah, melalui komponen yang ada di dalam perangkat iPhone. Buat melihatnya, kamu perlu membuka dulu casing punggung dari perangkat iPhone ini. Pastikan kamu sudah mematikan perangkat gawaimu terlebih dulu, ya. Baru setelah itu, kamu bisa mencabut baterai yang terpasang di dalamnya. Nomor IMEI ini biasanya terukir di bagian dekat slot SIM Card. Tapi, cara ini nggak bisa dilakukan buat kamu yang punya iPhone dengan baterai tanam.

  1. Lewat Kode Khusus

Kedua cara di atas terlalu ribet? Blibli Friends bisa coba cara berikut yang lebih simple, lho. Kamu cuma perlu memasukkan kombinasi kode *#06# di laman “ Panggilan”. Setelah itu, tekan OK/Call, dan tunggu hingga kode USSD itu diproses. Nantinya, jendela pop-up bakal muncul dan menampilkan nomor IMEI yang dimiliki smartphonemu. Selain buat iPhone, cara ini juga bisa dipakai buat pemilik smartphone merek lainnya, lho.

  1. Lewat iTunes

Cara terakhir, kamu bisa cek IMEI iPhone lewat aplikasi iTunes. Nggak cuma bisa dibuat dengarkan lagu-lagu hits saja, siapa sangka iTunes punya fitur buat mendeteksi nomor IMEI perangkat smartphonemu. Caranya, sambungkan dulu perangkat iPhone ke laptop atau komputer. Pastikan kalau perangkat komputermu sudah diinstall dengan software iTunes. Setelah itu, buka aplikasi iTunes dari laptop dan klik “Library”. Pesan otomatis tentang nomor seri iPhone bakal terpampang pada layar.

Setelah menemukan no IMEI kamu, coba deh kamu cek lewat situs Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id/, jika IMEI iPhone kamu belum terdaftar maka kinerja pada iPhone akan terblokir.

____________

BACA JUGA: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IOS 14

Itulah beberapa trik buat cek IMEI iPhone. Ingin beli iPhone asli tanpa tipu-tipu? Beli saja di Blibli. Toko online ini tawarkan berbagai seri iPhone lengkap dan sudah terjamin keasliannya.

Kalau ternyata produk yang kamu dapatkan nggak sesuai, Blibli juga menyediakan fitur retur, lho. Ada juga fitur cicilan buat kamu yang ingin memiliki iPhone tanpa harus menabung terlalu lama.

BELI iPHONE ORIGINAL DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY