me

Cara Membuat Parfum Tahan Lama

Dec 27, 2023.By Nadine
Bagikan
KKE

Cara Membuat Parfum Tahan Lama — Setelah tahu jenis-jenis minyak wangi dari artikel Blibli dengan judul ‘Jenis-jenis Minyak Wangi’, kita pasti sudah tahu dan sudah memilih jenis minyak wangi yang cocok dengan kebutuhan kita.

Baca juga:


Nah, perlu diketahui nih Blibli Friends kalau ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat wangi minyak wangi kita bertahan lama.

Gunakan bodycare tanpa wangi

earth911.com

Sebelum menggunakan parfum atau ketika ingin menggunakan parfum, pastikan kita tidak menggunakan bodycare (body lotion, deodorant, body oil, dll) yang berbau atau memiliki wangi-wangian, apalagi jika wanginya tidak seragam dengan parfum kita agar tidak terjadi perpaduan wangi yang aneh.

Aplikasikan di Bagian yang Tepat

time.com

Hal paling penting saat memakai parfum adalah menggunakannya pada bagian yang tepat. Oles atau semprotkan parfum pada beberapa titik-titik nadi tubuh seperti bagian pergelangan tangan, leher, belakang telinga, hingga daerah siku. Mengaplikasikan parfum pada bagian-bagian tersebut akan membantu menyebarkan aroma secara efektif karena terdapat panas tubuh.

Seiring waktu berjalan, suhu tubuh pada titik-titik nadi tersebut akan meningkatkan volatilitas aroma pada parfum sehingga bisa tercium lebih lama. Selain itu, beberapa bagian penting untuk menyemprot parfum ini menjadi lokasi dengan kulit yang lebih tipis sehingga mudah terserap dan berinteraksi dengan minyak alami dari tubuh.

Hindari Menggosok Kulit Setelah Aplikasi

sniph.co.uk

Saat memakai parfum, sebaiknya hindari untuk menggosok kulit setelah aplikasi. Menggosok bagian permukaan kulit setelah memakai parfum justru akan merusak struktur molekul aroma dan mengurangi waktu wangi parfum itu sendiri. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaanmu, maka sebaiknya mulai sekarang pelan-pelan dihilangkan karena wangi parfum malah menjadi samar.

Gesekan yang terjadi saat kamu menggosok kulit tersebut juga akan meningkatkan suhu pada bagian kulit tersebut. Seperti yang diketahui, suhu tinggi akan mempermudah penguapan komponen volatil yang terkandung di dalam parfum. Ini yang menyebabkan aroma parfum terasa lebih ringan dan kurang tahan lama.

Gunakan Setelah Mandi

her.ie

Memakai parfum setelah mandi juga memiliki berbagai keuntungan yang sayang banget kalau nggak dilakukan nih, Blibli Friends. Kulit yang bersih sehabis mandi ternyata bisa membuat aroma dari parfum lebih tercium karena menyatu dengan kulit dan nggak bercampur aroma-aroma lain yang mungkin saja ada pada tubuh sebelum mandi.

Aroma yang lebih tercium tersebut disebabkan karena bagian pori-pori kulit terbuka saat kamu mandi, sehingga parfum meresap dengan baik ke dalam kulit dan bisa tahan lama. Kegiatan mandi juga akan membantu menyebar minyak alami yang ada pada kulit dan meningkatkan daya tahan aroma parfum. Nggak hanya itu, mandi bahkan bisa menciptakan pengalaman aromaterapi yang lebih baik.

Pakai Lotion Sebelumnya

Memakai lotion atau berbagai produk berbahan dasar minyak seperti minyak zaitun, pelembab, nurshing balm, maupun petroleum jelly bisa dilakukan sebelum mengaplikasikan parfum agar aromanya lebih tahan lama. Lotion atau bahan-bahan yang melembapkan kulit ini tentunya akan meningkatkan kelembapan kulit.

Minyak pada lotion dan pelembap bisa membuat parfum menempel lebih baik pada kulit dan tidak mudah menguap. Lotion akan membentuk lapisan tipis pada kulit sehingga menjadi pelindung bagi aroma di dalam parfum dan menghindari kontak langsung dengan udara. Beberapa lotion juga memiliki bahan-bahan yang bisa berinteraksi langsung dengan komponen pada parfum sehingga menciptakan wangi yang semakin kompleks serta awet seharian.

Jaga Kelembaban Kulit

bebeautiful.in

Percuma jika menerapkan berbagai cara membuat parfum tahan lama namun nggak menjaga kelembapan alami pada kulit ya, Blibli Friends. Nyatanya, kelembapan kulit akan sangat berkontribusi pada wangi parfum yang lebih tahan lama, lho. Hal tersebut disebabkan oleh kelembapan pada kulit yang akan membantu pembukaan pori-pori sehingga menjadi lebih responsif pada komponen tertentu parfum.

Kulit yang lembap juga akan membuat molekul aroma parfum bisa melekat lebih baik. Selain itu, penguapan juga berlangsung lebih lama karena daya lepas aroma yang meningkat, menjaga konsentrasi aroma dari parfum tersebut, serta menciptakan lapisan wewangian yang lebih kompleks sebab minyak alami pada kulit akan berinteraksi dengan komponen tertentu pada parfum.

Jangan Terlalu Banyak

czechandspeake.com

Kamu mungkin ingin membuat parfum tercium lebih wangi dan tahan lama menempel, namun jangan sampai menggunakannya terlalu banyak. Pasalnya, penguapan komponen pada parfum justru bisa menguap lebih cepat ketika terpapar suhu tinggi. Akan lebih baik untuk menggunakannya kembali secukupnya dalam jangka waktu tertentu.

Wangi pada parfum juga dapat menjadi overpowering atau terlalu mendominasi sehingga bisa membuat orang lain di sekitarmu merasa terganggu dan mengurangi daya tarik aromanya. Penggunaan parfum secara berlebihan bahkan bisa meningkatkan risiko alergi serta iritasi kulit, desensitisasi olfaktori atau kurang sensitifnya indera penciuman, dan reaksi wangi berlebihan dengan produk lain seperti lotion serta deodoran.

Simpan Parfum dengan Baik

manforhimself.com

Beberapa faktor yang disebabkan oleh salahnya penyimpanan parfum bisa mempengaruhi ketahanan dan kualitas wanginya. Kamu perlu menghindari menyimpan parfum kesayangan pada tempat yang terkena paparan cahaya langsung seperti sinar matahari karena bisa merusak karakteristik aromanya. Untuk mengurangi dampak dari hal ini, gunakan kemasan yang tidak tembus cahaya sebagai tempat penyimpanannya.

Kontak langsung dengan udara jika salah menyimpan parfum juga bisa membuat komponen di dalamnya mudah teroksidasi serta menguap. Hal tersebut pastinya akan mengurangi intensitas dan ketahanan wangi dari parfum. Jangan lupa selalu menutup kembali rapat-rapat setelah selesai digunakan ya, Blibli Friends.

Hindari Menyemprot pada Kain

themanual.com

Ternyata cara membuat parfum tahan lama wanginya adalah menghindari pengaplikasian pada kain seperti baju, lho. Hal ini bahkan disarankan oleh para pakar atau ahli parfum serta desainer parfum ternama. Menyemprot pada kain justru akan membuat bahan di dalam parfum mengalami perubahan aroma karena bereaksi dengan serat kain, bukan minyak alami dari kulit.

Lebih dari itu, jika kamu menyemprotkannya pada bahan kain, kemungkinan beberapa parfum bisa meninggalkan noda karena terdapat bahan-bahan tertentu terutama yang berwarna dan mengandung minyak esensial. Pastinya noda tersebut akan sulit dihilangkan dengan pencucian biasa saja.

Buat Lapisan Aroma

acleanbee.com

Salah satu cara ampuh untuk membuat wangi parfum yang awet adalah memakai produk dengan wangi sejenis. Misalnya jika kamu menyukai aroma parfum white lily, gunakan juga produk seperti sabun, lotion, hingga deodoran yang punya aroma serupa. Hal ini dikenal dengan membentuk lapisan aroma yang bertujuan membuat wangi parfum lebih tahan lama meskipun seharian beraktivitas di luar rumah.

Kira-kira cara mana nih yang baru kamu tahu, Blibli Friends? Yuk, langsung diterapkan saja saat akan mengaplikasikan parfum nanti biar wangi sepanjang hari! Nggak perlu panik kalau stok parfum di rumah menipis, kamu bisa belanja parfum dengan aroma favoritmu pastinya hanya di Blibli, toko online paling lengkap.

Rekomendasi Parfum Tahan Lama

1. Saff & Co. Omnia

Saff & Co. Omnia cocok untuk berbagai acara spesial. Varian OMNIA ini dirancang untuk pemakaian sehari-hari. Bikin kita tetap wangi selama 6 jam. Setelahnya, bisa disemprotkan lagi ke area leher, urat nadi tangan, atau ke belakang telinga, biar makin awet wanginya. Ini dia detail Saff & Co OMNIA:

Karakter: Powdery, Sweet, Musk
Top Notes: Grapefruit, Green Notes
Middle Notes: Rose, Floral, Iris
Base Notes: Woody, Heliotrope, Musk.

2. HMNS Orgsm

Merk parfum lokal yang satu ini pastinya pernah kamu dengar deh. HMNS adalah brand parfum asal Bandung yang namanya sekarang sudah populer banget. Banyak yang suka dengan varian-varian parfum dari HMNS karena brand ini jago banget mendeskripsikan wewangian dari parfumnya. Dengan racikan aroma parfum yang enak dan dilengkapi teknik storytelling pinter, HMNS berhasil menembus pasar parfum lokal hingga kini sudah go international. Harga dari koleksi parfum HMNS hanya 300ribuan saja, lho!
Orgsm hadir dengan formulasi bunga terlaris sedunia: Rose, Jasmine & Peony. Memberi kesan elegan & romantis. Berpadu dengan Vanilla Beans yang adiktif. Ditutup dengan Amber yang hangat & menyeimbangkan.

3. Alchemist EDP Powder Room

Aroma yang ringan dan menenangkan dengan fresh watery accord dan pink pepper. Setelah beberapa saat, kamu akan disambut dengan violet dan aroma musk yang membuat Powder Room adalah pilihan aroma kulit yang klasik dan berkarisma.
Ingredients :
Top: fresh watery accord, rose, pink pepper
Heart: violet, orange blossom, peony
Base: musky notes, marine notes, sandalwood


Baca juga:

Bagaimana Blibli Friends, setelah tau cara membuat parfum tahan lama? Sudah siap wangi maksimal hari ini? Tapi yang mana pun pilihanmu, pastikan belinya hanya di Blibli karena belanja di toko online terlengkap ini banyak keuntungannya, lho.