me

Cara Membersihkan Lensa Kamera Agar Tidak Mudah Rusak

Apr 18, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Lensa adalah komponen yang krusial fungsinya dalam sebuah kamera, sehingga penting banget untuk tahu cara membersihkan lensa kamera biar tetap maksimal saat digunakan. Lensa yang kotor nyatanya berdampak kurang baik terhadap pengambilan gambar atau foto yang dijepret karena hasilnya bakalan kurang akurat.

BACA JUGA : Game Metaverse Keren yang Patut Kamu Coba

———————————————————————————————————————————————————————-

Cara Membersihkan Lensa Kamera

Bagaimana untuk membuat lensa kamera bersih kembali? Kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

  • Perhatikan penggunaan pembersih

Nyatanya untuk membersihkan lensa kamera ini kamu nggak boleh asal-asalan dalam menggunakan pembersih di dalamnya. Lensa merupakan bagian yang cukup sensitif sehingga bakalan mudah tergores atau rusak ketika nggak didukung dengan pembersih yang sesuai.

Kamu disarankan untuk menggunakan alat pembersih yang memang digunakan untuk membersihkan lensa. Tujuannya adalah untuk meminimalisir adanya resiko yang mungkin terjadi nantinya.

  • Gunakan kain mikrofiber

Kamu juga nggak boleh menggunakan sembarang kain karena ditakutkan merusak permukaan lensanya, kain yang direkomendasikan adalah kain microfiber. Kain ini dipilih karena permukaanya cenderung lebih lembut dan mampu mengangkat debu dan partikel halus dengan lebih baik.

  • Pakai kuas kering yang halus

Untuk membersihkan bagian filternya kamu disarankan untuk menggunakan kuas yang kering dan halus saja. Alat ini lebih aman dibandingkan dengan menggunakan lap basah maupun tisu karena dikhawatirkan mampu menggores bagian filternya. Kuas yang kering mampu menyapu dengan baik kotoran yang ada dengan maksimal.

Dalam proses pembersihannya kamu perlu melakukannya dengan hati-hati dan tahap demi tahap yang jelas. Ketika bagian atasnya yang dibersihkan jangan lupa untuk menutup bagian bawahnya, begitu juga untuk tindakan sebaliknya. Hal ini bertujuan biar debu dan kotoran nggak bolak-balik berpindah tempat sehingga pembersihan menjadi lebih cepat.

  • Lakukan pembongkaran secara hati-hati

Untuk membersihkan lensa penting banget kamu membongkar terlebih dahulu kameranya biar nggak ribet. Namun jangan lupa melakukannya secara hati-hati terutama dalam menempatkan filter dan lensanya biar nggak gampang rusak nantinya.

  • Pastikan ruangan terang dan bersih

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pastikan ruangan dalam kondisi yang bersih dan terang untuk mempermudah proses pembersihan lensanya. Hal ini dikarenakan pasti banyak debu dan partikel halus yang wajib dibersihkan sehingga ketika penerangannya kurang baik maka kamu bakalan kesulitan melakukannya.

  • Pakai sarung tangan dan hindarkan dari tempat lembab

Jika kamu cenderung memiliki tangan yang mudah berkeringat disarankan untuk mengenakan sarung tangan biar tetap aman untuk lensa kameranya. Kamu juga wajib memastikan ruangan yang digunakan untuk membersihkan lensa dalam kondisi yang kering dan terhindar dari kelembapan.

5 Rekomendasi Alat Untuk Membersihkan Lensa Kamera

Kamu ingin membersihkan lensa dalam waktu dekat? Jangan lupa melengkapinya dengan alat khusus yang bisa kamu beli di bawah ini:

  1. Katto Set Cleaning Kit

Katto Set Cleaning Kit

Rekomendasi produk pertama yang bisa dibeli adalah Katto Set Cleaning Kit. Sesuai dengan namanya, produk ini memang langsung dalam satu set untuk mempermudahmu dalam proses pembersihan lensanya. Produknya bisa digunakan untuk membersihkan dan melindungi area kamera, lensa, dan filter dari debu.

Di dalamnya sudah ada cairan khusus yang aman ketika disemprotkan ke bagian layar lensanya. Apalagi produk ini juga aman ketika digunakan untuk tipe kamera apapun itu. Pembersih yang lembut dan multifungsi cocok banget untukmu yang memang memiliki banyak kamera atau barang digital lainnya.

Kamu tertarik untuk membeli produk ini? Harga yang perlu kamu bayarkan untuk produk ini adalah sekitar Rp60 ribuan.

  1. Cleaning Kit Rowa 5 In 1 / Cleaning Set

CLEANING KIT ROWA 5 IN 1 / CLEANING SET

Rekomendasi produk kedua yang bisa kamu beli adalah Cleaning Kit Rowa 5 In 1 / Cleaning Set. Produk ini cocok banget untukmu yang nggak mau ribet ketika membersihkan lensa kamera karena semua yang dibutuhkan sudah langsung ada di dalamnya. Dikemas praktis untuk berbagai macam tujuan pembersihan yang mendalam.

Dalam satu paketnya sudah ada lima komponen penting berupa blower, brush, cleaning liquid, cloth microfiber dan lens tissue. Produk ini bagus banget digunakan untuk membersihkan kamera maupun laptop karena perlengkapannya sudah dijamin aman dan nggak bakalan membuat lensa menjadi tergores atau rusak.

Bentuknya juga minimalis sehingga mudah disimpan maupun dibawa sesuai kebutuhan. Penasaran dengan produk ini? Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp60 ribuan.

  1. Zeiss Lens Cleaning Kit WITACOM

Zeiss Lens Cleaning Kit WITACOM

Produk ketiga yang nggak kalah bagus digunakan adalah Zeiss Lens Cleaning Kit WITACOM. Perlengkapan pembersih ini termasuk dalam tipe yang premium dan cukup lengkap apalagi ditambah adanya wadah berupa tas sehingga kamu nggak bakalan repot untuk menyimpan semua perlengkapannya.

Produk ini bagus banget digunakan untuk memberikan perlindungan dan pembersihan secara maksimal ke dalam bagian kamera, lensa, dan filter dari debu. Lengkap dengan adanya kuas khusus yang mampu menjangkau area yang lebih sempit untuk membersihkan debu dan partikel kecil dari kotorannya.

Cocok juga digunakan untuk membersihkan jamur dan debu yang menempel di bagian lensanya secara hati-hati dan bersih sempurna. Kamu yang tertarik membelinya bisa langsung mendapatkanya dengan harga sekitar Rp575 ribuan.

  1. Third Party 3in1 Cleaning Kit Universal

Third Party 3in1 Cleaning Kit Universal

Rekomendasi produk keempat yang bisa dibeli adalah Third Party 3in1 Cleaning Kit Universal. Sesuai dengan namanya, produk ini hanya terdiri dari 3 buah produk sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pertama, ada air blower yang memiliki fungsi untuk membersihkan debu yang melekat pada lensa.

Kedua, ada brush pen untuk menyikat dan membersihkan badan kameranya. Ketiga, ada kain microfiber yang memiliki fungsi untuk membersihkan debu dan sisa pembersih secara maksimal. Bentuknya lebih minimalis dan mudah disimpan cocok banget untukmu yang mencari pembersih dengan harga yang terjangkau.

Produk ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp22 ribuan.

  1. Itech Universal LCD Cleaner Small Cleaning Kit 3 IN 1

Itech Universal LCD Cleaner Small Cleaning Kit 3 IN 1 Monitor Screen Pembersih Layar

Produk kelima yang bisa kamu coba adalah Itech Universal LCD Cleaner Small Cleaning Kit 3 IN 1. Produk ini merupakan cairan pembersih khusus yang aman dan bagus digunakan untuk LCD maupun lensa kamera. Cairannya berupa air yang dikemas dalam bentuk botol semprot sehingga pengaplikasiannya menjadi lebih mudah dan anti tumpah.

Terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas jadi nggak bakalan menggores layarmu. Di dalam paketnya sudah ada pembersih, sikat pembersih dan kain microfiber untuk mengelap setelah proses pembersihan selesai. Produk ini cocok banget dipakai bagi yang memiliki banyak barang elektronik di rumah.

Kamu yang tertarik bisa membelinya dengan harga sekitar Rp30 ribuan.

——————————————————————————————————————————————————-

BACA JUGA : Spesifikasi Tamagotchi Tiny Tan, Pecinta BTS Merapat, Kuy!

Gimana nih blibli friends, sudah tahu kan Cara Membersihkan Lensa Kamera ? yuk mulai dari sekarang rawat barang kita! Kalau kamu berminat untuk membeli cleaning kit ini bisa langsung mengeceknya dengan mudah di Blibli saja. Ada banyak banget keuntungan ketika belanja di Blibli seperti cashback dan penawaran menarik lainnya.

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya