me

Game Metaverse Keren yang Patut Kamu Coba

Apr 18, 2022.By Jarvis
Bagikan

image source: www.instagram.com/oculuscreators

Di tahun 2021 lalu, Mark Zuckerberg sebagai founder Facebook cukup menggemparkan jagat maya karena ide Metaverse-nya. Bahkan, nama perusahan Zuckerberg diganti menjadi Meta Platform Inc. atau Meta pada Oktober tahun 2021 lalu.

Untuk menjelaskan konsep Metaverse yang diungkapkan Zuckerberg sebenarnya susah-susah gampang. Intinya, kamu bisa melakukan beragam kegiatan sehari-hari termasuk bermain game Metaverse yang terasa lebih nyata. Kamu bisa simak ulasan lengkapnya lebih lengkap di bawah ini.

BACA JUGA: Game Death Stranding


Apa Itu Metaverse?

Metaverse sebenarnya bukanlah kata yang baru-baru saja muncul. Penulis Novel, Neal Stephenson, sudah memunculkan nama Metaverse di novelnya berkali-kali. Istilah yang ditulis oleh Stephenson tersebut merujuk pada sebuah dunia virtual berwujud 3D yang berisi oleh banyak avatar dari orang asli. Istilah tersebut nggak jauh berbeda dengan konsep Metaverse dari Zuckerberg.

Istilah Zuckerberg mengenai Metaverse awalnya memang sulit untuk dijelaskan karena nggak tentu adanya. Tapi, karena banyaknya pengguna Facebook, Zuckerberg dengan terang-terangan mengungkapkan arah Metaverse ke depannya yang bukan hanya produk tunggal Facebook tetapi bisa diaplikasikan untuk semua perusahaan.

Konsep Metaverse yang diungkapkan oleh Zuckerberg sebenarnya nama yang menggantikan internet di masa depan. Berbeda dengan internet di masa kini yang memakai aplikasi atau halaman web 2D, Metaverse merupakan dunia 3D. Di dalam Metaverse, akan berisikan avatar orang-orang nyata yang bisa melakukan banyak kegiatan sehari-hari.

Metaverse ini banyak dibicarakan karena konsep yang ditawarkan sangatlah menarik mengingat banyak perusahaan membuat sistem WFH atau work from home karena pandemi yang merajalela. Dengan Metaverse, orang-orang bisa bertemu bukan hanya tatap muka online tetapi bisa layaknya bertemu langsung tetapi dengan avatar dan kantor virtual.

Kegiatan Apa yang Bisa Dilakukan di Metaverse?

metaverse
image source: www.pinterest.com

Dunia Metaverse yang nantinya akan diwujudkan oleh Zuckerberg akan bisa membuatmu melakukan banyak hal secara virtual. Dengan avatar, kamu akan bisa pergi ke konser virtual, melihat karya seni, melakukan perjalanan online, hingga mencoba pakaian digital.

Ketika messenger Virtual Reality diluncurkan, kamu akan bisa melakukan panggilan audio atau pesan singkat memakai video. Untuk berbelanja pun kamu bisa berbelanja dengan dompet kripto yang menampung semua jenis mata uang digital. Layaknya berbelanja asli, kamu nggak hanya bisa berbelanja pakaian dan aksesori, tapi kamu bisa juga jual beli tanah di metaverse.

Kegiatan lain yang bahkan bisa kamu lakukan dari sekarang di dunia Metaverse adalah bermain game. Kini, sudah banyak jenis game yang sudah bergabung di Metaverse. Di dalamnya, para pemain bisa bergabung dalam sebuah ekosistem atau komunitas dan mendesain avatar khas milikmu sendiri. Banyak game E-sport juga, lho.

Metaverse nantinya juga bisa membantu dunia pendidikan dan juga pekerjaan. Contohnya saja, dengan metaverse, seseorang nggak perlu lagi membedah organ binatang asli untuk menelaah setiap bagiannya. Pekerjaan di kantor pun akan bisa dilakukan di metaverse melalui kantor digital.

Game Metaverse dan Hal-Hal yang Dibutuhkan untuk Bermain Game

game metaverse
image source: www.pinterest.com

Bisa dikatakan kalau game adalah salah satu media pengenalan metaverse lebih mendetail terutama dari sisi hiburan. Game di metaverse jugalah yang akan bisa membuka pandangan kalau metaverse bisa dipakai oleh semua orang. Gamegame di Metaverse banyak menawarna aset digital berupa uang digital. Ketika kalian memenangkan sebuah game, maka kamu akan bisa mendapatkan koin atau token.

Game dalam metaverse sangat terkait juga dengan VR, augmented reality, dan video-video dari penggunanya. Jadi, ketika kamu akan bermain game di dunia metaverse, beberapa permainan perlu teknologi VR untuk mendukungnya. Lalu, kamu juga perlu mata uang digital di beberapa game.

Kalau kamu baru ingin masuk ke game metaverse tapi bingung konsepnya, coba tonton saja salah satu film lama yang menunjukkan dunia metaverse, yakni Ready Player One. Dari situ, kamu akan mendapatkan gambaran dunia metaverse dan beragam jenis game-nya.

Rekomendasi Game Metaverse

Bermain di metaverse pada dasarnya layaknya kamu bermain di dunia virtual dengan beragam alat virtual. Berikut beberapa rekomendasi game di Metaverse yang bisa kamu coba.

1. Decentraland

decentraland
image source: www.pinterest.com

Game pertama ini sangat direkomendasikan untukmu terutama yang suka jual beli tanah. Layaknya dunia nyata, Decentraland menyediakan tanah virtual yang jumlahnya mencapai 90.601. Setiap bagian tanah virtual tersebut bisa dibeli atau dijual kembali dengan uang digital dan setiap bagiannya dilambangkan dengan non-fungible tokens.

Kalau kamu ingin membeli sebidang tanah di sana, siapkan saja cryptocurrency MANA yang cukup. Ketika tanah sudah dibeli, kamu bisa membangun rumah bahkan kota virtual di atasnya. Rumah atau kota virtual tersebut bisa menjadi sumber kehidupan avatar-mu karena kamu bisa beraktivitas dan berinteraksi dengan sesama di dalamnya.

2. Axie Infinity

axie
image source: www.pinterest.com

Game lainnya yang cukup banyak mendapatkan perhatian adalah Axie Infinity. Game yang satu ini menerapkan konsep bermain sembari menghasilkan uang. Game yang satu ini terinspirasi dari game Pokemon. Di dalam game, kamu bisa mengumpulkan makhluk-makhluk bernama Axies yang bisa tumbuh besar dan berkembang biak.

Layaknya Pokemon, kamu bisa memanfaatkan Axies milikmu untuk bertempur. Kalau menang, kamu bisa mendapatkan aset digital tambahan. Kamu juga perlu untuk mengumpulkan poin biar bisa meningkatkan level Axies dan tentunya meningkatkan peluang untuk menang di pertempuran.

Seiring dengan perkembangan Axies, levelnya pun bisa meningkat. Kamu bahkan bisa menjual Axies-mu sesuai dengan harga yang kamu terapkan sehingga bisa mendapatkan uang digital tambahan. Jenis uang digital yang dipakai dalam game ini adalah mata uang fiat.

3. The Sandbox

the sandbox
image source: www.pinterest.com

Selain game sebelumnya, The Sandbox merupakan game yang nggak kalah populer. Sama dengan Axie Infinity, game yang satu ini juga menerapkan konsep play to earn, yakni setiap pemain bisa bermain sembari menghasilkan uang. Di game ini, kamu bisa membeli tanah hingga membangun gedung. Nggak hanya itu, kamu bahkan bisa jual beli karakter.

Jenis uang digital yang dipakai untuk game ini adalah mata uang SAND. Setiap pemain di dalamnya juga bisa berpartisipasi untuk membuat game. Kalau berhasil, pemain akan punya hak digital atas ciptaannya. Game ciptaannya itu bisa diperdagangkan melalui dunia game blockchain.

Tanah atau gedung yang kamu beli pun bisa kamu kembangkan dan bisa juga kamu jual di pasar NFT secara bebas. Jadi, proses jual beli yang ada di game ini termasuk lebih banyak jenisnya layaknya dunia nyata. Kamu bisa menghasilkan banyak uang juga kalau bisa mengembangkan aset-aset yang kamu miliki untuk dijual kembali.


BACA JUGA: Fakta Menarik Game Assasins Creed Valhalla

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai dunia Metaverse. Kalau kamu ingin bermain game metaverse, pastikan kamu punya alat VR terbaik dari Oculus. Dengan begitu, kamu bisa bermain sepuasnya dengan banyak pemain dari seluruh dunia dengan bebas. Alat bermain game di Metaverse bisa kamu dapatkan di Blibli, ya.