me

Kamu Wajib Tahu, Inilah Cara Membedakan Jam Tangan Casio Asli dan KW!

Jan 10, 2023.By Nadine
Bagikan

Image Source : twitter.com/@Casio_USA

Promo Jam Tangan dan Logam Mulia. Promo GWS

Cara Membedakan Casio Asli dan Palsu – Sebagian besar dari para Blibli Friends pasti udah nggak asing lagi sama merk Casio. Casio merupakan salah satu merk jam tangan yang sudah lama ada di pasaran. Produknya pun bisa kamu temukan di Indonesia dengan mudah. Dari tahun ke tahun, model jam tangan Casio yang bisa dibeli pun semakin bervariasi.

Mungkin bagi kamu para penggemar jam tangan, brand Cassio sudah tidak asing lagi terdengar. Salah satu serinya yang paling terkenal adalah Casio Edifice, jam tangan yang sering diperuntukkan bagi para pria. Maka dari itu tidak heran jika jam tangan satu ini selalu hadir dengan beberapa desain yang terkesan gagah dan elegan.

Sayangnya, hal ini pun dijadikan sebagai kesempatan berbagai oknum licik untuk menjual produk palsu. Hal ini pun jelas akan merugikan banyak pihak ya, apalagi para kolektor jam tangan, terutama untuk produk Casio. Nah, supaya kamu terhindar dari oknum licik yang jual produk palsu, ada beberapa cara membedakan Casio asli dan palsu. Simak dulu informasi berikut ini, yuk!

Baca Juga : Perbedaan Jam Bonia Asli dan Palsu Biar Kamu Tak Salah Pilih


Lihat Kotak dan Pengemasannya

Casio G-Shock Jam Tangan Pria GA-2100-1A1DR

Buat kamu yang suka beli jam tangan, pasti udah tau kan kalo pada pembelian pertama, biasanya kamu juga akan mendapatkan kotak yang sebenarnya dipakai untuk mengemas atau membungkusnya. Brand yang ternama pasti menyertakan kotak untuk mengemasnya, termasuk Casio.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membedakan produk jam tangan Casio yang asli dengan yang palsu adalah dengan melihat kotak dan packaging atau pengemasannya saat pertama kali kamu membeli salah satu koleksinya.

Pada saat kamu membeli jam tangan Casio yang asli, pastinya kamu akan mendapatkan box atau kotak yang digunakan untuk mengemas jam tangannya. Kebanyakan seri Casio menggunakan box kaleng untuk mengemas jam tangan yang mereka jual.

Cek Sertifikat Keaslian, Kartu Garansi Resmi, dan Manual Book

Casio G-Shock Mudmaster GWG-2000-1A3DR Tough Solar Carbon Core Guard Green Resin Band (Machtwatch)

Tentu saja, cara lain yang bisa kamu ikuti buat membedakan produk yang asli dengan yang palsu adalah dari sertifikat keasliannya. Sesuai dengan namanya, sertifikat ini memang memiliki tujuan untuk menunjukkan keaslian dari produk jam tangan yang kamu beli.

Selain memiliki sertifikat keaslian, produk yang asli juga akan memberikan kartu garansi yang resmi. Nah, kartu garansi ini bisa kamu gunakan untuk memperbaiki jam tanganmu apabila ada kerusakan pada produk dalam jangka waktu tertentu.

Nggak cuma itu aja, produk jam tangan Casio yang asli juga akan menyertakan manual book atau buku panduan yang bisa membantu kamu dalam mempelajari jam tangan yang telah kamu beli supaya nggak kebingungan.

Bandingkan Harganya

CASIO G-Shock Jam Tangan Pria DW-9052-2VDR

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membedakan produk yang asli dengan yang palsu adalah dengan melihat harganya. Nggak cuma Casio aja, tips yang satu ini juga bisa kok diikuti buat memeriksa keaslian jam tangan merk lainnya, terutama yang ternama.

Harga jam tangan Casio yang asli jauh lebih tinggi daripada yang palsu. Nah, setiap seri jam tangan dijual dengan harga yang berbeda-beda. Untuk mengetahui harga pastinya, kamu harus cek sendiri ke situs resminya atau ke toko yang terpercaya.

Jadi, jangan mudah tergiur kalo kamu menemukan jam tangan Casio yang harganya murah dengan iming-iming produk asli ya!

Perhatikan Nomor Serinya

CASIO Jam Tangan Pria AE-1000W-1AVDF

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membedakan produk jam tangan Casio yang asli dengan yang palsu adalah lewat nomor serinya. Tentu saja, setiap produk jam tangan Casio yang berbeda memiliki nomor seri yang berbeda-beda juga.

Buat kamu yang belum tau, nomor seri dari jam tangan Casio bisa kamu lihat di bagian belakang atau case back jam tangan. Selain itu, nomor seri dari sebuah jam tangan Casio juga bisa kamu lihat di kartu garansi ya.

Nah, kamu bisa cek keaslian dari nomor seri ini di website resmi Casio. Jika nomornya terdaftar, maka bisa dipastikan kalo jam tangan yang kamu beli asli. Kalo misalnya nggak terdaftar atau bahkan nggak ada, berarti produk tersebut palsu.

Amati Logo yang Terukir

CASIO F-91WS / F-91 / F91 Jam Tangan Wanita Digital Transparan

Tentunya, kamu juga bisa kok menilai keaslian dari produk jam tangan Casio yang kamu beli dari logo yang terukir pada jam tangan. Ini merupakan salah satu cara yang cukup gampang dilakukan, hanya saja kamu perlu lebih jeli lagi.

Logo yang terdapat pada jam tangan asli akan terlihat lebih rapi dan jelas, baik pada bagian depan maupun belakang jam tangan. Selain itu, logo yang terdapat pada jam tangan asli merknya ditulis dengan benar ya, tidak ada plesetan. Misalnya seperti CASIO menjadi CASIQ.

Lihat dan Amati Gerakan Jarum Jam Tangan

CASIO G-Shock Jam Tangan Pria - Hitam (DW-5600BB-1DR)

Masih belum puas untuk menilai jam tangan asli dan palsu lewat beberapa cara di atas? Tenang aja, ada cara lain kok yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan mengamati gerakan jarum jam tangan. Cara ini cukup mudah, namun kamu harus lebih peka dan bisa membandingkan.

Jam tangan Casio menggunakan teknologi Quartz sehingga gerakan jarumnya lebih halus, teratur, serta lancar. Hal ini tidak bisa kamu lihat di jam tangan yang palsu jadi pasti akan terlihat tidak mulus, tidak teratur, serta terhambat.

Amati Kondisi Fisiknya dan Bandingkan Dengan Spesifikasinya

CASIO General Jam Tangan Pria (Original/ MTP-V004G-1BUDF)

Kondisi fisik dari jam tangan yang asli juga benar-benar sesuai lho sama spesifikasi yang dimilikinya alias tidak ada false advertisement. Misalnya, jika jam tangan Casio yang kamu beli diklaim sebagai jam yang water resistant hingga 100 meter atau anti shock, kedua spesifikasi tersebut benar-benar ada di dalam produknya.

Jadi, ketika kamu bawa jam tangan untuk berenang pada kedalaman 100 meter atau waktu jam tanganmu nggak sengaja terjatuh, produk asli nggak akan rusak. Di sisi lain, produk palsu justru bisa langsung rusak karena kondisi fisik yang nggak sesuai sama spesifikasi yang tertera.

Untuk Menghindari Penipuan, Sebaiknya Beli Langsung di Toko Resmi dan Terpercaya

Casio Baby-G Standard BGA-290-8ADR Ladies Grey Digital Analog Dial Light Grey Resin Strap (Machtwatch)

Nah, sekarang kan kamu udah tau cara membedakan Casio asli dengan yang palsu. Namun, sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan biar terhindar dari penipuan dari sejak awal dan kamu juga nggak perlu lagi observasi sendiri buat membedakan produk asli sama yang palsu.

Cara yang bisa kamu lakukan buat menghindari pembelian produk yang palsu adalah dengan cara membeli langsung di toko yang resmi dan terpercaya sehingga kualitasnya sudah terjamin.

Sayangnya, jam tangan model ini memiliki produk palsu yang banyak beredar di pasaran, dan tidak sedikit orang yang membelinya. Meskipun begitu, tentunya ada beberapa perbedaan antara jam tangan Casio Edifice yang asli dan palsu. Nah, agar kamu tidak salah memilih kami akan berikan bagaimana cara membedakan jam tangan Casio Edifice asli dan kw? Yuk, simak penjelasan berikut:

Perbedaan Umum Jam Tangan Casio Edifice Asli dan KW

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/HolaSoyPedro2

Jika kamu menyukai brand yang satu ini mungkin kamu sudah mengetahui kalau ada beberapa perbedaan yang menonjol dalam produk asli atau palsu. Khususnya bagi kamu yang belum mengetahui, mungkin kamu bisa saja tertipu, dan mengira kalau produk yang kamu beli adalah produk asli namun ternyata merupakan produk kw.

Biasanya perbedaan yang paling menonjol dari jam tangan Casio Edifice asli dan kw adalah dari segi bahan, berat, caseback, hingga kartu garansi. Untuk bahan yang digunakan, jika pada jam tangan Casio Edifice yang asli biasanya, bahan yang digunakan pada jarum jam dan tangkai pengait tidak memiliki celah. Sedangkan, untuk jam tangan palsu selalu ada celah pada jarum jam dan juga tangkai pengaitnya.

Bukan hanya itu saja, biasanya pada jam tangan Casio Edifice kw juga memiliki bagian yang cacat dalam  produknya. Hal yang membedakan selanjutnya adalah beratnya, biasanya jam tangan asli jauh lebih berat dari pada jam tangan palsu. Alasannya adalah karena bahan yang digunakan dalam jam tangan Casio Edifice asli menggunakan bahan logam murni.

Selanjutnya, langkah yang bisa lakukan untuk membedakan jam tangan asli dan palsu adalah pada bagian penutup belakang jam atau yang biasa disebut cashback. Biasanya jam tangan asli memiliki tulisan brand serta nomor seri yang tertulis jelas. Dan langkah yang terakhir, yang membedakan adalah dengan kartu garansi, jam tangan asli memiliki logo dan hologram pada kartunya.

CASIO Edifice Jam Tangan Analog (EQS-920DB-2AVUDF/ Original)

Kemasan/Packaging Jam Tangan Casio Edifice Asli dan KW

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/HolaSoyPedro2

Selain perbedaan di atas, ada juga perbedaan lain yang bisa kamu ketahui apakah produk tersebut merupakan jam tangan Casio Edifice asli atau kw. Biasanya untuk produk asli yang kamu beli di toko resmi secara langsung, akan dikemas menggunakan kotak jam tangan dengan logo Casio Edifice yang besar dibagian depan.

Sementara jika kamu membelinya melalui toko yang tidak resmi, maka jam tangan palsu akan dikemas menggunakan kotak jam polos tanpa ada logo Casio di kotaknya. Bukan hanya itu saja, biasanya jam tangan palsu memiliki kotak jam yang jauh lebih ringan daripada kotak jam yang asli. Hal ini dikarenakan bahan kotak yang digunakan tentu berbeda dengan yang asli.

Label Jam Tangan Casio Edifice Asli dan KW

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/HolaSoyPedro2

Perbedaan selanjutnya yang bisa kamu ketahui adalah pada label jam tangan Casio Edifice asli dan kw. Jika kamu teliti lagi, memang sulit membedakan label produk asli dan kw, karena ukuran label yang sangat kecil. Sehingga membuat orang susah untuk membedakan apakah produk jam tangan tersebut asli atau kw.

Namun jika kamu teliti lebih dalam lagi, biasanya ada perbedaan untuk font yang digunakan pada produk kw. Selain itu, juga terdapat beberapa perbedaan lainnya adalah pada logo serta tulisan nomor seri yang ada di bagian belakang jam tangan atau yang biasa disebut dengan cashback. Jika kamu teliti lebih lagi, pada jam tangan yang asli memiliki merk dan nomor seri, yang mana keduanya tertulis dengan jelas dan juga rapi.

Bukan hanya itu saja yang harus kamu perhatikan, perbedaan lainnya adalah pada pengunci tali jam. Biasanya jam tangan yang asli memiliki pengunci tali yang bertuliskan logo atau label Casio, sedangkan untuk jam tangan palsu tidak memiliki pengunci tali dengan logo Casio.

Material Jam Tangan Casio Edifice Asli dan KW

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/HolaSoyPedro2

Hal yang paling mencolok lain dalam perbedaan jam tangan Casio Edifice asli dan palsu adalah dalam material yang digunakan. Biasanya dalam produk asli akan menggunakan bahan logam murni, hal ini yang membuat jam tangan asli jauh lebih berat. Sedangkan jam tangan palsu, tidak menggunakan bahan logam murni dalam pembuatannya, sehingga beratnya tentu jauh lebih ringan.

Selain itu, karena material yang digunakan pada jam tangan asli ini juga membuat kualitasnya berbeda daripada jam tangan palsu. Jika kamu perhatikan lebih teliti, logam murni yang digunakan dalam jam tangan asli membuatnya tidak memiliki celah sama sekali. Khususnya dalam jarum penunjuk hingga pada tangkai pengait, yang tidak ada celah sama sekali pada jamnya.

Sedangkan, kondisi ini tentu jauh berbeda dari pada jam tangan palsu yang memiliki jelah pada jarum penunjuk dan tangkai pengaitnya.

Warna Jam Tangan Casio Edifice Asli dan Palsu

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/HolaSoyPedro2

Perbedaan lainnya yang harus kamu ketahui adalah dari warna jam tangan pada produk Casio Edifice asli dan palsu. Biasanya, untuk produk 3second asli akan memilih warna yang lebih netral yaitu, silver dan hitam. Hal ini dikarenakan jam tangan Casio Edifice memang diperuntukkan untuk pria, sehingga pemilihan warna biasanya tidak jauh dari hitam atau silver.

Sedangkan untuk jam tangan Casio Edifice yang palsu juga biasanya memiliki warna yang sama. Namun ada hal yang membedakan antara jam tangan asli dan palsu yaitu dari segi desain yang digunakan. Biasanya jam tangan palsu akan mengeluarkan desain yang bahkan tidak pernah ada atau dikeluarkan di produk asli.

Harga Jam Tangan Casio Edifice Asli dan Palsu

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/AlexOvchinnikov

Langkah yang paling menonjol untuk mengetahui apakah jam tangan Casio Edifice yang dijual asli atau palsu adalah dari harga. Jika kamu sudah beberapa kali membeli produk Casio Edifice, mungkin kamu mengetahui harga asli jam tangan Casio. Jam tangan Casio Edifice yang asli selalu dibanderol dengan harga yang berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. 

Harga yang mahal ini tentu sebanding dengan kualitas yang terbaik, yang ada pada produk jam tangan Casio Edifice asli. Sementara untuk jam tangan Casio Edifice kw tentu dibanderol dengan harga yang sangat murah. Biasanya jam tangan Casio Edifice kw dibanderol dengan kisaran harga Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu.

Harga tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jam tangan Casio Edifice yang asli. Alasan mengapa harganya menjadi lebih murah adalah karena bahan yang digunakan tidak memiliki kualitas yang bagus.

Kesimpulan Jam Tangan Casio Edifice Asli dan KW

cara membedakan jam tangan casion edifice asli dan kw

youtube.com/HolaSoyPedro2

Jam tangan Casio Edifice asli dan kw memiliki perbedaan yang mencolok, yang pertama pada kemasan, jam tangan asli dikemas dengan kotak jam dengan logo Casio yang tertulis jelas. Kemudian selanjutnya pada label, jam tangan yang asli memiliki pengunci tali yang bertuliskan logo atau label Casio. Sedangkan logo di pengunci tali, tidak ada dalam produk kw.

Selain itu, material yang digunakan dalam jam tangan asli jauh lebih berat, karena pada produk tersebut menggunakan bahan berupa logam murni. Harga juga menjadi salah satu perbedaan yang mencolok, jam tangan Casio Edifice kw memiliki harga yang jauh lebih murah yaitu berkisar Rp 200 sampai Rp 500 ribu. Sementara untuk jam tangan asli dibanderol dengan harga berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.


Baca Juga : Ciri Ciri Jam Tangan GC Asli, Cek Dulu Sebelum Belanja!

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membandingkan jam tangan Casio yang asli dengan yang palsu. Itulah juga cara untuk membedakan jam tangan Casio Edifice asli dengan kw, yang bisa kamu gunakan agar tidak tertipu ketika membelinya. Gimana, cara-caranya sangat mudah dan bisa langsung dipraktekkan sendiri kan? Dengan begini, kamu nggak akan lagi kena tipu dari para oknum yang menjual barang palsu ya!

Nah, apakah kamu tertarik untuk membeli jam tangan Casio? Bahkan kamu juga bisa mendapatkan harga yang terjangkau untuk jam tangan Casio Edifice yang asli. Kalo kamu tertarik dan ingin beli yang asli, sekarang nggak perlu lagi ke toko konvensional lho. Sebab, kamu bisa belanja secara online lewat situs resmi Blibli. Di sana, kamu bisa menikmati berbagai promo menarik dan potongan harga. Metode pembayaran yang bisa kamu pilih pun juga sangat bervariasi lho. Jadi tunggu apa lagi? Segera download dan beli jam tangan Casio Edifice dan jam tangan Baby G yang kamu inginkan di Blibli sekarang juga.

Tag: