me

5 Cara Melacak HP dengan IMEI, Jadi Nggak Bingung Lagi Deh!

Aug 16, 2023.By Jarvis
Bagikan

Cari tahu cara melacak hp yang hilang dengan menggunakan IMEI, yuk!

Cicilan 0% Gadget

Handphone adalah perangkat elektronik yang mempunyai peranan cukup penting di kehidupan manusia. Jika handphone hilang karena dicuri, tentu pemiliknya akan gusar karena banyak data yang tersimpan di perangkat itu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang adalah dengan memanfaatkan IMEI.

Cara ini cukup efektif dilakukan untuk mengetahui posisi HP yang hilang. Meskipun memerlukan proses yang cukup banyak dan panjang, namun IMEI sangat efektif untuk menemukan titik lokasi keberadaan HP. Oleh karena itu, Blibli Friends bisa mencoba cara melacak HP dengan IMEI jika sedang mengalami permasalahan tersebut. Bagaimana caranya? Simak informasinya di bawah ini.

Baca juga: 6 Cara Melacak HP yang Hilang, Lihat di Sini!


Cara Melacak HP dengan IMEI

International Mobile Equipment Identity atau IMEI merupakan nomor identitas dari perangkat handphone yang terdiri atas kombinasi 15-16 angka yang berbeda. Masing-masing handphone punya nomor IMEI yang berbeda dan nggak mungkin sama. Oleh karena itu, IMEI bisa digunakan untuk melacak handphone yang hilang karena dicuri atau karena alasan lainnya.

IMEI ibarat KTP yang dimiliki oleh setiap handphone yang nggak mungkin tertukar. Proses pencarian HP bisa dilakukan dengan tepat jika kamu menggunakan IMEI saat sedang mencari HP yang hilang. Lantas, bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan IMEI? Yuk, cek cara melacak HP yang hilang menggunakan IMEI berikut ini.

1. Cek IMEI Handphone

Cek IMEI Handphone
ubergizmo.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor IMEi untuk HP yang kamu miliki. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengecek nomor IMEI I box HP. Setiap box HP pasti dilengkapi dengan informasi mengenai handphone yang ada di dalamnya. Nah, kamu bisa mencari dan mengecek nomor IMEI di box HP tersebut.

Selain mencari nomor IMEI di box kemasan HP, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan cara lainnya. Beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek nomor IMEI adalah lewat kode dial USSD atau lewat menu settings. Namun, kedua cara tersebut hanya bisa dilakukan jika handphone nggak dalam keadaan hilang.

Namun, jika situasinya mengharuskan kamu mencari nomor IMEI untuk melacak HP yang hilang, maka kamu harus mencari informasi tersebut di box HP. Oleh karena itu, jangan langsung membuang box HP saat pertama kali membelinya. Simpan box HP tersebut di tempat yang aman agar jika dibutuhkan, maka kamu bisa mencarinya dengan lebih mudah.

2. Urus Surat Keterangan Hilang

Urus Surat Keterangan Hilang
copilotsearch.com

Langkah selanjutnya untuk cara melacak HP dengan IMEI adalah dengan mengurus surat keterangan hilang. Jenis surat ini bisa kamu dapatkan jika mengurus di pihak berwajib atau kepolisian. Mengapa surat keterangan ini dibutuhkan? Nantinya, surat ini akan digunakan untuk melanjutkan proses pencarian HP yang hilang dengan menggunakan IMEI.

Samsung Galaxy A14 LTE Smartphone 6/128GB+ Travel Adaptor 15W

Proses pencarian HP dengan menggunakan IMEI ini memang membutuhkan proses dan waktu yang nggak sebentar. Pasalnya, kamu harus mengurus beberapa hal untuk bisa mendapatkan posisi dimana HP milik Blibli Friends berada. Salah satu hal yang harus kamu urus adalah surat keterangan hilang di kepolisian.

Apakah sulit mengurus surat keterangan hilang di kepolisian? Ternyata, mengurus surat keterangan hilang di kantor polisi bisa dilakukan dengan mudah lho. Bagaimana langkah-langkah untuk mengurus surat kehilangan HP di kantor polisi? Yuk, simak informasinya berikut ini.

  • Mengurus dan membawa surat pengantar dari desa atau kelurahan (ada beberapa kantor polisi yang menerapkan aturan ini, namun ada yang nggak)
  • Tulis semua informasi mengenai HP yang hilang, seperti warna, tipe, dan ciri-ciri fisik lainnya
  • Ceritakan kronologi saat HP hilang
  • Pastikan Blibli Friends sudah tahu nomor IMEI HP

Proses pengurusan surat keterangan hilang di kantor polisi nggak memerlukan waktu yang lama lho. Caranya pun bisa dilakukan dengan cukup mudah dan simpel. Surat keterangan hilang untuk HP ini nantinya akan berisi data-data yang kamu sampaikan. Oleh karena itu, sampaikan dengan benar agar surat keterangan hilang tersebut mengandung informasi yang valid dan benar.

3. Kunjungi Operator Seluler

Kunjungi Operator Seluler
odysseytraining.com.au

Cara selanjutnya untuk melacak handphone dengan menggunakan IMEI adalah mengunjungi operator seluler yang kamu pakai. Pastikan kamu mengingat dengan benar nomor telepon yang terpasang di HP yang hilang, ya! Hal ini akan sangat berguna ketika kamu sedang mencari tahu keberadaan HP dengan meminta bantuan dari operator seluler.

Blibli Friends memang bisa meminta bantuan dari operator seluler untuk melacak HP dengan menggunakan IMEI. Namun, kamu juga harus mengurus surat kehilangan dari polisi sebelum meminta bantuan ke operator seluler. Setelah mengurus surat kehilangan tersebut, baru kamu bisa mengunjungi operator seluler untuk meminta bantuan agar dapat melacak HP dengan IMEI.

Mengapa operator seluler bisa melacak keberadaan HP? Hal ini karena nomor IMEI yang ada di HP akan terkoneksi secara langsung dengan database kartu SIM operator yang kamu gunakan. Jadi, hal itu memungkinkan kamu untuk bisa menemukan lokasi HP milik Blibli Friends.

Oleh karena itu, kamu bisa mengunjungi secara langsung ke gerai operator seluler untuk meminta bantuan tersebut. Carilah gerai operator seluler yang terdekat di daerahmu. Biasanya, masing-masing kota memiliki gerai operator seluler untuk melayani para pelanggannya.

4. Ceritakan Kronologi ke Customer Service

Ceritakan Kronologi ke Customer
customersfirstacademy.com

Langkah selanjutnya yang harus Blibli Friends lakukan adalah menceritakan tujuan kedatangan Blibli Friends ke bagian customer service. Ceritakan kronologi saat kehilangan HP dengan detail agar customer service bisa mengerti maksud dan tujuan dari kedatangan Blibli Friends.

Setelah itu, jangan lupa untuk memberi tahu kelengkapan data yang diperlukan, seperti nomor IMEI dan nomor handphone yang terpasang di HP yang hilang. Dua data tersebut sangat penting untuk proses pencarian titik lokasi terakhir dari HP kamu yang hilang. Pastikan kamu memberikan data IMEI dan nomor telepon yang benar.

5. Tunggu Proses Pelacakan HP

Tunggu Proses Pelacakan Hp
igeeksblog.com

Proses pelacakan lokasi HP dengan menggunakan IMEI tentu memerlukan beberapa waktu. Blibli Friends harus menunggu beberapa saat untuk bisa mendapatkan informasi mengenai keberadaan HP tersebut. Pihak operator seluler akan mencari tahu lokasi terakhir dari HP yang sedang kamu cari. Jadi, kamu hanya perlu menunggu dan bersabar sampai lokasi HP terakhir milikmu bisa terlacak.

Hal yang perlu Blibli Friends tahu mengenai cara melacak HP dengan IMEI ini adalah kondisi HP harus tersambung dengan GPS. Selain itu, HP harus dalam keadaan hidup saat sedang dilacak. Oleh karena itu, kamu harus segera melacak HP yang hilang agar proses pelacakan bisa dilakukan dengan cepat.


Baca juga: Super Mudah! Ini Dia Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di HP Orang Lain

Nah, itulah cara melacak HP dengan IMEI yang bisa kamu lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan tersebut. Jika kamu sedang mencari handphone & tablet terbaru, maka kamu bisa membelinya di Blibli. Ada banyak pilihan handphone dan tablet dari berbagai merek yang bisa kamu beli di Blibli dengan harga yang terjangkau.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya