Tenang! Intip 3 Cara Melacak HP yang Hilang

Cara Melacak HP yang hilang
Source by: popsci.com

Cara Melacak HP yang Hilang — Kehilangan hp seakan-akan menjadi mimpi buruk yang dihindari oleh setiap orang. Mengingat hp kini menjadi salah satu perangkat yang sangat dekat dan penting untuk menunjang aktivitas kamu. Selain berisi banyak foto dan video privasi, bukan nggak mungkin kamu juga akan menyimpan dokumen penting yang berurusan dengan pekerjaan di hp.

Jika kamu belum melakukan backup pada file yang ada di hp, kehilangan hp tentu akan sangat menyakitkan. Namun tenang, kini sudah ada beberapa cara melacak hp yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui di mana posisi hp yang sedang dicuri. Langsung saja, simak cara melacak hp yang hilang berikut.

BACA JUGA: Cara Cek IMEI iPhone

                ______________________________________________

1. Melalui Google Find My Device

Salah satu cara mudah untuk melacak keberadaan hp yakni dengan mengunjungi laman Google Find My Device. Kemudian, Blibli Friends bisa langsung melakukan login sesuai dengan akun Google yang aktif pada hp yang hilang. Setelah berhasil login, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, yakni “membunyikan perangkat”, “mengamankan perangkat”, hingga “menghapus perangkat”.

Jika kamu masih berada di lokasi yang sama di mana hp hilang, opsi “membunyikan perangkat” bisa kamu pilih. Opsi ini akan langsung membuat hp kamu berdering dengan suara yang sangat kencang. Namun, jika kamu tak mengetahui di mana lokasi jl hilang, segera amankan atau hapus seluruh data yang ada di perangkat. Dengan begitu, oknum pencuri nggak akan melakukan hal buruk pada data penting yang ada di hp. Kamu pun bisa sedikit bernafas lega sekalipun belum mengetahui keberadaan hp yang hilang

2. Menggunakan Google Maps

Melacak keberadaan hp yang hilang juga bisa dilakukan menggunakan Google Maps. Di mana Blibli Friends bisa langsung mengetahui di mana keberadaan terakhir dari hp kamu. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Google Maps di perangkat hp yang lain atau di laptop. Klik simbol tiga baris dan pilih menu “Bagikan Lokasi”. Akan ada opsi waktu pelacakan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, kirim lokasi perangkat pada email kamu agar bisa melakukan aksi pelacakan.

3. Menggunakan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan salah satu kode unik yang akan dimiliki oleh setiap hp. Di mana antara satu hp dengan hp lainnya nggak akan memiliki IMEI yang sama. Selain bisa digunakan untuk mengecek keaslian hp, tahukah kamu jika IMEI juga bisa digunakan untuk melacak hp yang hilang? Namun, mungkin cara ini akan terkesan sedikit ribet untuk beberapa orang.

Pasalnya, kamu baru bisa melakukan pelacakan dengan melibatkan beberapa pihak, seperti pihak kepolisian untuk membuat surat keterangan hilang hingga pihak operator seluler. Bawalah surat keterangan hilang dan informasikan nomor IMEI pada hp yang hilang ke operator seluler. Dengan begitu, pihak operator bisa langsung melakukan pelacakan pada hp kamu. Meski membutuhkan proses yang sedikit lebih panjang, nggak ada salahnya jika kamu mencoba cara pelacak satu ini, kan?

Cara Melacak HP Ilang dalam Keadaan Mati

Nomor identitas pada setiap smartphone atau IMEI umumnya terdiri dari 15 sampai 16 digit yang bisa ditemukan dalam bodi smartphone. Untuk mengetahui nomornya bisa dengan mengetik #06# atau bisa juga dengan cara memilih di pengaturan smartphone menu About Device. Setelah nomor IMEI keluar pada layar, bisa menghubungi call centre operator seluler atau mengunjungi gerai operator penyedia jaringan untuk mengabarkan smartphone hilang dan beritahu nomor ponsel kamu beserta nomor IMEI.

Maka pihak operator akan membantu memberitahukan keberadaan smartphone kamu. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika smartphone yang hilang masih dalam keadaan menyala, ada koneksi internet dan nomor SIM belum diganti. Walaupun mempunyai kelemahan namun melacak smartphone yang hilang dengan IMEI merupakan cara yang paling aman karena data dan privasi kamu tetap aman terjaga. 

Namun bila smartphone sudah dalam kondisi mati, untuk melacaknya memang sedikit lebih repot dan langkah seperti di bawah ini bisa dicoba:

  • Buka aplikasi Google Maps kemudian pilih garis tiga yang ada pada sisi sebelah atas.
  • Pilih opsi segitiga kecil pada pojok kanan atas.
  • Ketik Tambahan Akun.
  • Ketik alamat e-mail pada smartphone kamu yang hilang dan klik Berikutnya.
  • Segera masukkan kata sandi.
  • Klik Setuju
  • Pilih segitiga kecil di sebelah kanan atas.
  • Klik linimasa dan tekan OK.
  • Maka Google Maps akan membantu menunjukkan lokasi serta posisi di mana smartphone kamu berada.

Tips Agar HP Tidak Mudah Hilang

Kehilangan smartphone memang membawa banyak kerugian, bukan karena harganya yang relatif mahal saja namun juga karena smartphone berisi data penting, kontak, foto, video dan chat story yang sifatnya pribadi. Supaya hal tersebut tidak terjadi perlu dilakukan pencegahan. Walaupun tidak bisa menjamin sepenuhnya setidaknya bisa membantu meminimalisir dan jika terjadi kehilangan atau dicuri, kesempatan untuk mencarinya bisa lebih mudah. Dan tindakan antisipasi yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Menaruh atau Membawa Smartphone dengan Hati-hati

Pastikan selalu menaruh smartphone di tempat yang mudah diingat dan aman, contohnya di dalam tas. Jika harus digenggam maka jangan sampai lengah dan lalai menaruhnya di sembarang tempat.

  • Mengaktifkan Find My iPhone atau Find My Devive

Dengan mengaktifkan Find My iPhone atau Find My Device dipengaturan smartphone kamu dapat mengunci perangkat menggunakan PIN, kata sandi atau pola. Kemudian dapat menghapus data jarak jauh dan akan lebih mudah dilacak jika smartphone hilang.

  • Pakai Fitur Pengunci Layar

Walaupun kelihatannya sederhana namun cara ini dapat mencegah orang yang tidak bertanggung jawab masuk ke perangkat kamu dengan mudah. 

  • Atur PIN pada Kartu SIM

Dengan PIN di kartu SIM pencuri tidak bisa menghubungi atau menggunakan pulsa kamu untuk melakukan hal tidak bertanggung jawab.

  • Memakai Kata Sandi yang Kuat

Pastikan kamu tidak memakai kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal ulangtahun, dsb.

Pentingnya Mengamankan HP dengan Password

Dengan password atau kata sandi yang kuat bermanfaat supaya semua data pribadi yang ada di smartphone aman termasuk data di sosial media. Selain itu dengan password  juga membuat orang yang berniat tidak baik akan kesulitan untuk membobol data pribadi kamu. Dan supaya data lebih aman pastikan:

  • Pilih password dengan kombinasi huruf dan angka.
  • Pilih password yang unik.
  • Hindari memakai identitas diri.
  • Ganti password secara berkala.
  • Jangan berikan password kepada siapa pun.

         ______________________________________________

BACA JUGA: Seru Seruan Dengan Gadget Baru

Itu tadi tiga cara pelacakan yang bisa kamu lakukan jika kehilangan hp. Perlu diingat, ketiga cara di atas bisa dilakukan jika hp kamu dalam kondisi masih aktif dan konektivitas GPS dalam kondisi menyala. Jika nggak, proses pelacakan hp perlu kamu lakukan berulang kali.

Agar hp yang kamu miliki mudah dikenali dan berbeda dari hp lainnya, Blibli Friends bisa memasangkan sebuah casing pada hp. Aneka pilihan casing hp kini juga telah tersedia lengkap di laman Blibli! Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan harga casing murah dengan gratis ongkir, Friends!

BELI HP ANDROID TERBAIK DAN BERKUALITAS DI SINI

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY