me

Cara Cerdas Investasi Emas, Berikut Tipsnya!

Feb 28, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia cara cerdas investasi emas, yuk cek di sini!/ unsplash.com

Cara Cerdas Investasi Emas, Berikut Tipsnya! — Sejak zaman nenek kita dulu, dan bahkan jauh sebelumnya, emas sudah jadi investasi yang populer di Indonesia. Alasannya simpel, karena emas mudah dicairkan dan dijual untuk dapat uang tunai. Sehingga uang tersebut bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Kalau dulu nenek dan ibu kita harus pergi ke toko emas untuk menjual perhiasan emasnya, sekarang caranya sudah jauh lebih praktis. Lalu apa itu investasi emas dan bagaimana cara kerjanya?

Saat ini investasi bisa dilakukan dari mana saja. Sambil duduk menyeruput kopi di kafe atau tiduran di rumah juga bisa karena bisa dilakukan lewat aplikasi online. Siapa saja bisa berinvestasi emas karena nilainya yang beragam. Ingin juga ikut berinvestasi emas? Supaya nggak salah, simak info lengkapnya di bawah ini yuk.

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Reksadana dan Obligasi?


Keuntungan Investasi Emas

cara cerdas investasi emas
unsplash.com

Emas menjadi salah satu pilihan investasi yang dicari karena memberikan cukup banyak keuntungan untuk penggunanya. Emas juga dikenal menjadi salah satu jenis investasi yang beresiko rendah karena harga emas yang cenderung naik setiap tahunnya. Keuntungan pertama yang kamu dapatkan dengan investasi emas adalah tersedia di banyak sekali platform.

Investasi emas bisa dimulai dengan nominal Rp5 ribuan saja bahkan bisa dibeli secara online tanpa perlu datang langsung ke tokonya. Keuntungan keduanya adalah emas bisa digunakan sebagai dana darurat jangka panjang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, harga emas memang selalu naik sehingga ketika dibutuhkan kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal dari pembeliannya. 

Keuntungan ketiganya adalah fluktuasi atau pergerakan harga dari emas bisa langsung dilihat secara real time. Sehingga kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk menjualnya yakni dalam keadaan emas sedang naik-naiknya. Keuntungan keempatnya adalah menyimpan emas cocok untuk kondisi yang nggak pasti. Kebanyakan orang akan mengalihkan harta mereka dari saham ke emas saat terjadi inflasi. 

Keuntungan selanjutnya emas merupakan investasi dengan likuiditas yang baik. Hal ini dikarenakan emas bisa dikonversikan menjadi nilai rupiah kapan dan di manapun. Selain itu, nilai emas juga cenderung lebih stabil dibandingkan instrumen investasi yang lainnya. Kamu bisa memantau sendiri perkembangan harga emas dalam 10 tahun terakhir sebagai pertimbangan. 

Bagaimana Cara Investasi Emas yang Menguntungkan?

cara cerdas investasi emas
unsplash.com

Seperti yang diketahui emas termasuk investasi yang mudah dicoba untuk pemula karena resikonya rendah dan lebih stabil dibandingkan saham dan jenis lainnya. Hanya saja, sama halnya dengan investasi lain kamu harus tahu cara investasi emas yang menguntungkan. Tentunya nggak hanya cari aman saja namun juga jelas keuntungan yang didapatkan. 

Pertama, investasi emas langsung di e-commerce terpercaya Indonesia. Investasi melalui e-commerce ini akan membuatmu lebih aman karena proses transaksinya dipantau dari proses pembelian sampai pengiriman emasnya. Selain itu, untukmu yang nggak ada incaran mau beli emas di mana akan banyak toko-toko terpercaya di e-commerce untuk kamu coba.

Kedua, hanya investasi emas di aplikasi yang kredibilitasnya terpercaya. Investasi di aplikasi yang sudah terpercaya akan membuat semua kegiatan investasimu terjamin. Investasi di platform resmi akan mempermudahmu untuk memantau harga emas. Sehingga saat harga emas sedang turun kamu bisa membeli, begitu juga ketika saat naik kamu bisa menjualnya. 

Ketiga, cobalah untuk investasi emas di bank dengan nominal dan syarat yang telah ditentukan. Kamu bisa mendapatkan arahan lebih mudah jika investasi emas di bank. Biasanya emas yang digunakan untuk investasi adalah Antam atau batangan. Dibandingkan menggunakan emas perhiasan, emas batangan atau Antam ini harganya lebih stabil karena lebih murni kandungannya. 

Tips Investasi Emas

cara cerdas investasi emas
unsplash.com

Setelah mengenal keuntungan dan cara investasi menguntungkan, selanjutnya kamu perlu cek tips investasi emas yang benar. Adapun beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan bisa dilihat sebagai berikut!

Pahami Tujuan Investasi Emas

Kalau kamu investasi emas hanya untuk ikut-ikutan yang sedang trend atau ikut-ikutan teman maka lebih baik ubahlah dulu pemikiran tersebut. Emas memang menjadi salah satu jenis investasi yang aman dan minim resiko namun hal tersebut bukan berarti kamu nggak perlu membuat tujuan investasi yang jelas sebelum melakukannya. 

Tentukan tujuan apa yang ingin kamu dapatkan dengan investasi emas tersebut. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal utamakan membeli emas Antam atau batangan karena kadarnya lebih tinggi dan murni dibandingkan emas perhiasan. Hanya saja jika kamu ingin koleksi emas sebagai harta benda biasa maka bisa memilih emas perhiasan biasa (gelang, kalung, anting dan sejenisnya). 

Rajin Cek Harga Emas

Seperti yang sudah dijelaskan dalam keuntungan investasi emas, harga emas memang cenderung lebih stabil dan bisa dicek secara real time. Saat ini sudah banyak banget platform atau laman khusus yang bisa menjadi wadah untuk informasi perkembangan harga emas setiap harinya. Seperti halnya pada PT Antam yang nggak jarang memberikan harga terbaru emas dua kali dalam sehari. 

Dengan memperhatikan perkembangan harga emas setiap hari kamu nggak akan kecolongan untuk mendapatkan kesempatan lebih baik. Nantinya kalau pas harga sedang jatuh kamu bisa menimbun emas untuk dijual nanti saat harganya sedang naik. Gunakan patokan yang jelas dan pertimbangan baik untuk harga emas yang menguntungkan. 

Cek Kondisi Emas 

Hal ini penting sekali diperhatikan untukmu yang beli emas baik langsung maupun online. Pastikan emas punya tampilan yang bersih tanpa ada tambahan noda hitam di pori-porinya. Tanda bercak kotor hijau ini menandakan emas belum dicuci dengan maksimal. Ini berlaku untuk emas batangan karena akan mempengaruhi harga dan kemudahan menjualnya.

Kemudian untukmu yang memilih perhiasan emas lihatlah kondisi fisiknya. Jangan sampai ada gorengan, warna yang menggelap atau cekungan (cacat) sehingga membuat emas turun dan sulit untuk dijual kembali. Lebih telitilah sebelum membeli karena ini berkaitan dengan investasi jangka panjangmu. 

Pahami Kadar Emas

Emas punya kadar yang beda-beda dan berkaitan juga dengan harga pembelian emasnya. Di Indonesia sendiri punya standar emas yang dipakai yakni emas 22 karat kadarnya 40 persenan, emas 23 karat kadarnya 70 persenan dan emas 24 karat kadarnya 90 persen. Kamu perlu membeli emas dengan kadar paling tinggi agar lebih aman harganya. 

Cek Surat dan Keaslian Emas

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah cek surat dan keaslian dari emas yang kamu beli. Emas yang asli selalu dibekali dengan dokumen penting yang perlu kamu simpan. Dokumen ini nanti akan mendukung bisa nggaknya emas untuk dijual kembali. Apalagi jika kamu membeli secara online harus diperhatikan lebih baik lagi. 

Investasi Emas yang Aman

cara cerdas investasi emas
unsplash.com

Treasury Indonesia Official Store merupakan salah satu rekomendasi toko terpercaya di Blibli untuk membeli investasi emas dalam bentuk digital. Toko ini menyediakan banyak pilihan harga emas mulai dari Rp5 ribuan untuk pemula sampai Rp20 jutaan untuk investasi yang lebih serius. Di sini kamu bisa memilih sendiri nominal pembelian emas dan semua transaksinya terpercaya oleh Blibli. 

Promo yang bisa kamu dapatkan di toko ini untuk semua jenis voucher emas digital yang memenuhi syarat dan ketentuan. Mau lebih banyak untung? Tambahkan kode voucher tertentu untuk mendapatkan diskon tambahan dalam pembelian produk voucher emas digital di toko tersebut. 

Diskon dan promo ini berlaku sesuai syarat dan ketentuan tertentu, seperti halnya untuk pengguna baru maupun yang sudah lama menggunakan aplikasi atau platform Blibli. Untuk pengguna baru “New User” kamu berkesempatan mendapatkan diskon potongan Rp10 ribu dengan minimal transaksi sebanyak Rp300 ribu saja loh! Dengan cara memasukkan kode voucher TRS10.

Kemudian untukmu yang sudah lama menggunakan Blibli All user berkesempatan untuk dapat promo lebih besar yakni potongan Rp30 ribu dengan minimal transaksi Rp800 ribu, dengan cara memasukkan kode voucher TRS30. Semua promo ini bisa kamu akses mulai tanggal 6-31 Maret 2023, cek semua promonya sekarang hanya di Treasury Indonesia sekarang juga!


Baca juga: Istilah dalam Reksadana, Biar Makin Jago Investasi

Sudah tahu cara investasi yang tepat, sekarang saatnya kamu pilih mau menabung emas di platform yang mana. Dapatkan berbagai produk investasi emas di Blibli. Pilihannya lengkap dan sudah pasti hanya tersedia voucher dari platform yang kredibel agar kamu bisa berinvestasi dengan aman.

Yuk nikmati promo voucher investasi emas dari Treasury Indonesia up to Rp30 ribu dari tanggal 6 – 31 Maret 2023 hanya di Blibli, dijamin aman dan untung!

Treasury Indonesia