me

5 Cara Cek Battery Health iPhone, Mudah dan Cepat

May 10, 2024.By
Bagikan

unsplash.com/@kommumikation
Ketahui cara cek battery health iPhone, yuk!

Cicilan 0% Gadget

Salah satu informasi yang wajib diketahui oleh pengguna iPhone adalah battery health. Informasi tersebut penting untuk mengetahui bagaimana kondisi sesungguhnya dari komponen baterai. Seperti yang sudah diketahui, baterai adalah komponen adalah yang penting bagi sebuah smartphone. Apakah BH iPhone itu penting? Tentu battery health merupakan hal yang sangat penting.

Lantas, bagaimana cara mengecek battery health iphone? Tenang saja, pada artikel ini akan dibahas cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek battery health iPhone. Selain tahu cara cek battery health iPhone, kamu juga bisa tahu informasi lain mengenai battery health hp iPhone. Yuk, simak apa saja informasinya berikut ini. 

Baca juga :  


Tentang Battery Health

Tentang Battery Health
unsplash.com/@onurbinay

Sebelum langsung membahas mengenai cara mengecek battery health, kamu perlu tahu pengertian dari hal tersebut. Definisi dari battery health adalah salah satu fitur yang disediakan oleh iPhone agar penggunanya memantau dan mengetahui kondisi dari kesehatan baterai di perangkatnya. Melalui fitur ini, kamu bisa tahu bagaimana informasi mengenai performa dan daya tahan baterai. 

Memahami battery health akan membantu kamu untuk bisa tahu apakah baterai iPhone masih memiliki kondisi bagus atau performanya sudah menurun. Kapasitas baterai iPhone bisa kamu ketahui dengan lebih praktis jika menggunakan battery health ini. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek battery health secara rutin untuk tahu bagaimana kapasitasnya. 

BH iPhone normalnya berapa? Saat iPhone masih baru, biasanya kapasitas battery health yang dimiliki adalah berkisar 100%. Seiring dengan penggunaannya, battery health akan terus berkurang sesuai dengan kebiasaan penggunaannya. Jika kamu menggunakannya dengan sembarangan dan nggak memperhatikan kesehatan baterai, maka BH iPhone akan mudah menurun drastis. 

Performa baterai iPhone yang sudah menurun bisa disokong dengan menggunakan fitur penghemat performa. Fitur tersebut bisa digunakan untuk mencegah iPhone mengalami mati mendadak karena performa baterai yang nggak bagus. Menjaga battery health akan membuat kapasitas baterai jadi lebih awet, sehingga menunjang performa dari iPhone itu sendiri.

Cara Cek Battery Health

Setelah kamu memahami pengertian dari battery health, tentu kamu akan tahu jika fitur tersebut penting untuk kamu perhatikan. Pasalnya, melalui battery health iPhone, kamu bisa memantau bagaimana performa dari baterai iPhone yang kamu miliki. Lantas, battery Health iPhone liat dimana? Ternyata, cara cek battery health bisa dilakukan dengan cukup mudah. 

Melalui Menu Pengaturan

freepik.com/author/tiko33

Salah satu cara mengecek battery health iPhone bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Bisa dibilang, car aini merupakan yang paling umum diketahui dan digunakan banyak orang untuk cek battery health iPhone. Langkah-langkahnya bisa kamu simak seperti di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan yang ada halaman utama layar iPhone
  • Gulir ke bagian bawah sampai kamu menemukan opsi Baterai
  • Klik pilihan Battery Health atau Kesehatan Baterai
  • Coba cek berapa kapasitas battery health pada informasi tersebut. 
  • Biasanya, informasi yang ditampilkan berupa presentasi kapasitas kesehatan baterai
  • Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kapasitas maksimal baterai iPhone dengan menekan tombol “Diperkirakan Maksimal Kapasitas”.

Menggunakan Apple Support

Menggunakan Apple Support
support.apple.com

Ternyata, cara cek battery health juga bisa dilakukan dengan menggunakan Apple Support. Opsi ini bisa kamu gunakan jika ingin berbicara langsung dengan pihak customer service dari Apple untuk menanyakan langsung bagaimana kondisi baterai iPhone milikmu. Customer support dari Apple akan selalu bersedia untuk membantu para customernya. 

Informasi spesifik mengenai kondisi kesehatan baterai bisa kamu dapatkan melalui Apple Support dengan cukup mudah. Kamu dapat mengunjungi website resmi Apple kemudian temukan pilihan untuk berbicara langsung dengan tim dukungan dari pihak Apple. Selain menggunakan web, kamu juga bisa menghubungi pihak Customer support Apple dari Twitter. 

Pada akun Twitter resmi dari Apple Support, kamu bisa mengadukan masalah atau cara untuk mengecek kesehatan baterai dari iPhone. Bertanya secara langsung ke pihak Apple tentu lebih terjamin kebenarannya karena berasal dari sumber terpercaya. Tim Apple Support juga akan menjawab setiap pertanyaan dan keluhanmu dengan cepat dan tanggap. 

Memakai Aplikasi Battery Life Doctor

Cara mengecek battery health selanjutnya bisa menggunakan aplikasi Battery Life Doctor. Aplikasi tersebut merupakan salah satu solusi terpercaya untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana kondisi sesungguhnya dari baterai di iPhone milikmu. Tenang saja, aplikasi ini sudah terbukti terpercaya, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan rasa aman tanpa was-was. 

Langkah untuk cek battery health melalui aplikasi ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek bagaimana kondisi baterai iPhone dengan aplikasi Battery Life Doctor. 

  • Download aplikasi Battery Life Doctor di Apps Store
  • Setelah proses pengunduhan aplikasi selesai, buka aplikasi tersebut
  • Klik tulisan Details yang ada di aplikasi tersebut
  • Kemudian, kamu bisa melihat informasi terperinci mengenai kesehatan baterai
  • Gambaran mengenai kapasitas baterai iPhone kamu akan diberikan dalam kategori “Perfect“, “Good“, atau “Bad”

Memanfaatkan Aplikasi CoconutBattery

Memanfaatkan Aplikasi CoconutBattery
macupdate.com

Selain aplikasi Battery Life Doctor, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lainnya yaitu CoconutBattery. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bisa mengetahui bagaimana kesehatan baterai iPhone milikmu. Sebenarnya, aplikasi ini dulunya hanya tersedia di Mac saja. Namun, sekarang aplikasi ini juga bisa kamu temukan di iPhone maupun iPad. 

Cara menggunakan CoconutBattery untuk cek BH iPhone bisa dilakukan dengan mudah. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini. 

  • Hubungkan iPhone ke Mac
  • Buka CoconutBattery kemudian navigasi ke bagian “iOS Device” pada bagian menunya.
  • Setelah itu, kamu bisa mengetahui bagaimana kondisi mengenai baterai iPhone milikmu
  • Terdapat juga “Design Capacity” yang mampu memberikan kondisi kesehatan baterai iPhone secara keseluruhan

Melalui Battery HD+

apps.apple.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kesehatan baterai iPhone adalah dengan menggunakan Battery HD+. Melalui aplikasi ini kamu dapat mengecek informasi mengenai kapasitas battery health dari iPhone. 

Cara mengeceknya pun bisa dilakukan dengan cukup mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek kesehatan baterai iPhone melalui Battery HD+. 

  • Download aplikasi Battery HD+
  • Buka aplikasi lalu klik tombol Start
  • Kemudian, informasi mengenai kesehatan baterai iPhone akan tertera di layar Blibli Friends

Baca juga :  

Tertarik untuk membeli produk Apple dengan cicilan yang murah? Tenang, sekarang kamu bisa mewujudkannya melalui Blibli Gadget Cicilan 0%. Melalui program ini, kamu dapat membeli produk iPhone dengan harga dan cicilan yang lebih terjangkau dan murah. Selain itu, syarat pengajuannya pun mudah dan prosesnya cepat. 

Itulah beberapa cara cek battery health iPhone yang bisa kamu lakukan. Gimana, tertarik untuk beli handphone & tablet di Blibli? Ada banyak promo dan diskon yang siap menantimu jika kamu berbelanja di Blibli. Yuk, segera belanja semua kebutuhanmu di Blibli sekarang juga!

Tag: