me

Cara Beli Token Listrik

Jul 04, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Listrik menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari karena saat ini semua kebutuhan atau peralatan membutuhkan listrik sebagai dayanya. Jika dahulu listrik tagihannya dibayarkan setiap bulan ke PLN maka kini sudah bisa melakukan pembayaran listrik dengan sistem prabayar di mana kamu harus membeli token terlebih dahulu untuk bisa menggunakan listrik.

Jika pembelian token listrik nggak dilakukan maka kamu nggak akan bisa menggunakan listrik di rumah atau tempat kerja. Sehingga untuk mencegah hal ini kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam pembelian token listrik. Pusing dengerin token listrik bunyi? Kini gak perlu khawatir karena tiap saat kamu bisa top up token listrik dengan mudah. Cek cara beli token listrik anti ribet berikut ini, yuk!

banner artikel digital

BACA JUGA: Waktu yang Tepat Bayar Tagihan, Dapat Cashback dan Cicilan 0%


Sekilas tentang Token Listrik

Sebelum membahas tentang cara beli token listrik Blibli kamu juga harus memahami terlebih dahulu apa itu token listrik. Token listrik adalah daya listrik yang harus kamu beli untuk bisa menikmati layanan listrik baik itu di rumah atau beberapa tempat lainnya yang membutuhkan penggunaan listrik dan sudah beralih ke sistem token listrik.

Token listrik ini memberikan kemudahan dalam penggunaannya karena kamu nggak perlu datang ke kantor PLN untuk melakukan pembayaran tagihan listrik setiap bulannya. Dengan menggunakan token listrik kamu bisa mengatur pembelian daya listrik sesuai dengan kebutuhan dan setelah itu kamu bisa mendapatkan daya listrik sesuai dengan nominal yang kamu inginkan.

Token listrik yang sudah dibeli sebelumnya akan habis seiring dengan penggunaan listrik di rumah. Durasi penggunaan dari token listrik ini cukup bervariasi bergantung pada intensitas penggunaan daya listrik dan peralatan elektronik di rumah. Jika penggunaan semakin intens maka daya listrik yang sudah dibeli sebelumnya juga akan lebih cepat habis dan harus melakukan pengisian ulang.

Pada saat melakukan pembelian token listrik kamu harus menunjukan nomor meter listrik sesuai dengan nama pengguna masing-masing. Nomor ini akan kamu dapatkan jika sudah melakukan pemasangan listrik dan harus disimpan dengan baik supaya kamu bisa tetap melakukan pembelian token listrik secara mudah dan praktis saat dayanya habis.

Cara Mengisi Token Listrik

Sebelum membahas cara pembelian token listrik melalui Blibli, kamu juga harus tahu bagaimana cara untuk melakukan pengisian token listrik supaya nantinya nggak bingung. Cara mengisi token listrik ini mudah, pertama kamu harus melakukan pembelian token listrik sesuai dengan nominal yang kamu butuhkan atau inginkan.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor meter dan kamu harus memasukan nomor meter tersebut ke dalam MPB secara benar. Caranya cukup mudah kamu bisa langsung menekan MPB yang ada di rumah atau tempat yang sebelumnya sudah dibelikan token listrik. Nomor token listrik yang sudah didapatkan tersebut nggak bisa kamu gunakan di nomor listrik yang lain.

Langkah selanjutnya adalah masukan nomor token listrik dengan benar ke dalam MPB dan pastikan untuk teliti karena jumlah angkanya banyak. Jika terjadi kesalahan maka proses memasukan token listrik akan gagal. Jika terjadi kesalahan dalam memasukan angka token listrik maka yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tanda panah kiri untuk menghapus angka yang salah tersebut.

Jika semua nomor token listrik sudah dipastikan benar maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan tombol enter yang terdapat di bagian kanan bawah. Jika nomor tersebut benar maka akan muncul tulisan “benar” atau “accept” dan jumlah token listrik yang kamu beli dari PLN akan muncul jumlahnya dan dikalkulasi dengan sisa token sebelumnya.

Cara Pindah Listrik Pascabayar ke Token Listrik

Penggunaan token listrik pada listrik di rumah ataupun industri adalah bentuk dari pengembangan yang sistem PLN. Penggunaan listrik dengan sistem token ini bisa dinikmati oleh siapa saja termasuk penggunaan listrik yang sudah lama, yaitu pascabayar. Kamu bisa melakukan penggantian dari pascabayar ke token listrik secara mudah.

Langkah pertama adalah kunjungi kantor PLN terdekat dan bawa identitas diri sesuai dengan nama yang terdaftar di PLN sebagai pelanggan pascabayar. Setelah itu, bisa langsung menyampaikan keinginannya untuk melakukan perpindahan dari sistem pembayaran tagihan PLN pascabayar ke token listrik dan akan diminta mengisi formulir migrasi.

Langkah kedua, bawa bukti pelunasan tagihan rekening listrik terakhir. Salah satu syarat untuk bisa melakukan migrasi adalah nggak memiliki tagihan yang belum terselesaikan. Sehingga pastikan terlebih dahulu untuk melakukan pelunasan tagihan listrik dan bawa rekening tagihan yang sudah dibayar ke kantor PLN untuk proses migrasi.

Langkah ketiga, akan diminta untuk melakukan pembelian token listrik pertama kalinya. Nominal minimal untuk pengisian token listrik ini adalah 20 ribu dan setelah itu bisa dimasukan saat petugas berhasil melakukan penggantian meter listrik dari pascabayar ke token listrik. Kamu bisa memasukan secara mudah token tersebut atau bisa juga meminta panduan dari petugas.

Cara Beli Token Listrik dengan Blibli

Setelah mengetahui bagaimana cara mengisi dan melakukan migrasi dari pascabayar ke token listrik maka kini kamu bisa mencari tahu cara beli token listrik secara online, yaitu melalui Blibli. Pembelian ini cukup praktis dan bisa dilakukan di mana saja. Berikut adalah cara beli token listrik secara online melalui Blibli yang bisa kamu lakukan.

  • Pertama, kunjungi halaman resmi Blibli melalui laptop atau unduh aplikasinya melalui ponsel.
  • Kedua, pilih menu “tagihan dan isi ulang” yang bisa kamu temukan di halaman awal saat membuka laman Blibli.
  • Ketiga, pilih menu “token listrik PLN” dan pilih tab “tagihan.
  • Keempat, masukan nomor meter PLN yang sudah didapatkan pada saat melakukan pendaftaran listrik prabayar sebanyak 11 digit.
  • Kelima, pilih jumlah nominal token listrik yang akan dibeli dan pilih “lanjut bayar” dan selesaikan pembayaran untuk pembelian token listrik menggunakan metode pembayaran yang diinginkan.
  • Keenam, transaksi pembayaran token listrik selesai dan kamu bisa mendapatkan token listrik sebanyak 20 digit dengan jumlah meter yang sesuai dengan nominal yang kamu beli. Token tersebut bisa langsung dimasukan ke MPB dan daya listrik yang didapatkan sudah bisa digunakan.

Proses pembelian token listrik melalui Blibli cukup mudah dan praktis. Dengan sistem pembelian secara online ini akan membuat rumahmu terhindar dari bunyi token listrik yang hampir habis dan kamu bisa tetap menggunakan aliran listrik secara nyaman. Sehingga, peralatan elektronik yang ada di rumahmu tetap bisa digunakan secara nyaman dan kapan saja.


BACA JUGA: Gampangnya Belanja Pakai Combine Pay with Blipay

Sekarang bayar token listrik bisa lebih mudah dan praktis, ya Blibli Friends? Kamu bisa memanfaatkan pembelian token listrik secara online melalui Blibli sehingga nggak ada lagi bunyi token listrik karena habis pulsa. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk beli token listrik yang mudah? Kunjungi saja Blibli dan beli token listrik di sini.