me

Mengenal Biodata Maudy Ayunda, Apa Saja Itu?

May 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Biodata Maudy Ayunda — Siapa sih yang nggak kenal dengan Maudy Ayunda? Artis perempuan Indonesia berbakat ini memang selalu memberikan kejutan untuk para penggemarnya mulai dari prestasi dan pernikahannya yang diselenggarakan beberapa bulan lalu. Kamu pengen kenal mendalam tentang Maudy? Cek dulu yuks tentang biodata Maudy Ayunda biar nggak ketinggalan!

Baca Juga:


Biodata dan Profil Lengkap Maudy Ayunda

Nama LahirAyunda Faza Maudya
Nama PanggungMaudy Ayunda
Tempat, Tanggal LahirJakarta, 19 Desember 1994
Warga NegaraIndonesia
ProfesiArtis, Penyanyi, Model
Orang TuaDidit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko

Biar kamu lebih mengenal sosok inspiratif ini cari tahu dulu yuks biodata dari Maudy Ayunda dan profil Maudy Ayunda lebih dalam. Maudy Ayunda memiliki nama asli Ayunda Faza Maudya, dia lahir pada tanggal 19 Desember 1994 dan sekarang berumur sekitar 27 tahunan. Dia adalah perempuan serba bisa mulai dari artis, penulis, penyanyi sampai pembuat lagu belum lagi tentang gelar dan bisnisnya.

Orang tua Maudy Ayunda Didit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko. Dia memiliki seorang adik perempuan yang bernama Amanda Khairunnisa. Selama karir dan pendidikannya dia telah mendapatkan cukup banyak gelar seperti B.A., M.A., M.B.A. di belakang namanya sehingga dia memang patut dijadikan sebagai inspirasi para anak muda.

Tahun 2022 ini merupakan tahun bahagia baginya karena dia baru saja menikah dengan Jesse Choi (suami Maudy Ayunda) dimana berita ini memang menghebohkan publik karena mereka sangat tertutup dan langsung go public ketika pernikahannya. Maudy suka dengan genre musik Pop dan R&B, dia juga pandai dalam memainkan beberapa instrumen seperti piano dan gitar.

Maudy sudah berada di layar kaca sejak tahun 2005 lalu sebagai pemain film dan pemeran utama penting dimana usianya masih 11 tahunan. Dia juga pernah membuat sebuah buku yang berjudul “A Forest of Fables” di usianya yang masih belia. Buku ini memuat 17 cerita tentang satwa sehingga bagus banget dibaca untuk anak kecil yang membutuhkan.

Riwayat Pendidikan Maudy Ayunda

Bagaimana dengan riwayat pendidikannya? Kamu tentunya tahu kalau Maudy punya gelar yang cukup panjang dan perjalanan pendidikan yang super keren. Maudy sudah belajar membaca sejak usia 3 tahun dan memang sudah punya hobi tersebut dari kecil tanpa paksaan. Riwayat pendidikan Maudy Ayunda dimulai di SD Al-Azhar sampai kelas dua.

Kemudian dia melanjutkan pendidikan SD di Sekolah Interkultural Mentari hingga lulus SMP. Tentu saja sekolah tersebut sekolah elit dan mewajibkan siswanya untuk bisa Bahasa Inggris. Maudy mengaku sempat kesulitan untuk menyesuaikan diri karena awalnya dia hanya bisa Bahasa Indonesia dan Jawa tanpa paham Bahasa Inggris.

Setelah lulus SMP dia melanjutkan jenjang SMA di British School Jakarta. Di sekolah dia memiliki peran sebagai ketua OSIS yang cukup disegani. Dia memang senang terlibat dalam beberapa momen penting di sekolahnya. Setelah lulus dari SMA dia melanjutkan kuliah di Universitas Oxford, Inggris dan mengambil jurusan PPE (Philosophy, Politics and Economics) di tahun 2013 sampai 2016.

Lulus dari S1 tak membuatnya berhenti karena dia diterima di dua Universitas ternama yakni Harvard dan Stanford. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk memilih Universitas Standford dan lulus di tahun 2019 lalu dengan menyandang dua gelar yakni (M.B.A.) dan pendidikan (M.A.). Tentu saja hal ini membuat Maudy menjadi panutan wanita cerdas Indonesia yang sesungguhnya.

Biografi Maudy Ayunda

Maudy memulai karinya di tahun 2005 sampai 2010 untuk debut awal. Film pertama yang dibintanginya berjudul “Untuk Rena” tahun 2005 lalu. Dengan film tersebut saat usianya masih 11 tahun dia sudah mendapatkan penghargaan artis utama terpilih dalam Festival Film Jakarta 2006 lalu. Ini menjadi prestasi Maudy Ayunda pertama yang membanggakan.

Di tahun yang sama dia juga menulis buku seperti yang dijelaskan di awal dimana hasil penjualannya digunakan untuk membantu korban Tsunami Aceh 2004 lalu. Lanjut di tahun 2009 dia bermain dalam film “Miles Films” sebagai Zakiah Nurmala. Nggak hanya akting namun dia juga ikut andil dalam menyanyikan OST yang berjudul “Mengejar Mimpi”.

Berikutnya di tahun 2011 karir Maudy Ayunda berlanjut ikut dalam film berjudul “Rumah Tanpa Jendela” sebagai Andini. Tahun 2011 sekaligus menjadi tahun dimana Maudy berhasil merilis album lagu miliknya sendiri dengan judul “Panggil Aku”. Dia juga mengisi OST film dengan judul lagu “Perahu Kertas” yang terkenal sampai saat ini.

Kemudian di tahun 2018 dia merilis album lagi dengan judul “Oxigen”. Berikutnya di tahun 2019 dia menerbitkan buku anak-anak dengan judul “Kina’s Story”. Tahun tersebut dia juga dipercaya untuk mengisi OST Habibie Ainun yang berjudul “Kamu dan Kenangan”. Berikutnya di tahun 2021 sampai sekarang dia masih terus aktif berkarya sebagai penyanyi, artis dan pemain film.

Film Maudy Ayunda

Film Maudy Ayunda sudah banyak banget sejak mulai karir sampai sekarang. Apa saja sih film yang sudah dibintanginya? Biar nggak penasaran cek dulu penjelasannya di bawah ini!

2022

Di tahun 2022 ini dia berperan sebagai Jeng Sri pada film “Losmen Bu Broto”.

2019

Tahun 2019 dia membintangi dua buah film yakni “Trinity Traveler” dan “Habibie & Ainun 3” sebagai Aiun muda.

2017

Tahun 2017 dia membintangi fim yang berjudul “Trinity, the Nekad Traveler”.

2015

Tahun 2015 dia bermain dalam film “Battle of Surabaya” sebagai Yumna.

2014

Dia membintangi film yang berjudul “2014” sebagai Laras.

2013

Pada tahun 2013 dia bermain dalam film “Refrain” sebagai Niki.

2012

Di tahun ini dia bermain dalam 3 film dengan judul “Malaikat tanpa Sayap”, “Perahu Kertas” dan “Perahu Kertas 2”.

2011

Tahun ini dia bermain dalam dua film yang berjudul “Rumah tanpa Jendela” dan “Tendangan dari Langit”.

2005

Dia bermain dalam film yang berjudul “Untuk Rena”.

Single dan Album Lagu Maudy Ayunda

Selama karirnya sebagai penyanyi, Maudy Ayunda telah membuat 3 buah album yang berisi banyak lagu-lagu menarik di dalamnya. Biar lebih jelas kamu bisa langsung cek di bawah ini:

Oxygen (2018)

Moment (2015)

Panggil Aku (2011)

Prestasi dan Penghargaan Maudy Ayunda

Maudy Ayunda terkenal dengan gudangnya prestasi dan penghargaan. Untukmu yang belum tahu bisa langsung melihat penjelasan di bawah ini!

2022

Tahun 2022 ini dia mendapatkan penghargaan sebagai “Pemeran Wanita Pendukung Terfavorit” dalam “Indonesian Movie Actors Awards “untuk film yang berjudul “Losmen Bu Broto”.

2017

Di tahun 2017 dia memenangkan dua penghargaan yakni “Milenial Paling Berpengaruh” dalam acara “I Fashion Festival” dan “Influencer Digital Terbaik” dalam “BUBU Award”.

2015

Tahun 2015 dia memenangkan kategori “Lifestyle Awards” untuk “Pendidikan dalam I Fashion Festival”.

2014

Di tahun 2014 dia memenangkan kategori “Female Singer of The Year” dalam acara “Indonesian Choice Awards”.

2012

Di tahun 2012 dia memenangkan kategori “Lagu Tema Terpilih” dalam “Piala Maya”.

2006

Di tahun 2006 dia berhasil memenangkan kategori “Aktris Utama Terpilih” dalam acara “Festival Film Jakarta”.

10 Fakta Tentang Maudy Ayunda

Masih belum puas mengenal Maudy Ayunda? Yuks intip dulu beberapa fakta menarik tentangnya yang ada di bawah ini!

1. Pembicara Termuda dalam Forum Ekonomi Global

Maudy Ayunda yang nggak hanya cantik namun juga cerdas membuatnya terpilih menjadi pembicara termuda dalam Forum Ekonomi Global tahun 2012 lalu untuk skala Internasional dia mendapatkan undangan secara resmi untuk hadir.

2. Diterima di Universitas Ternama

Kamu tentunya sudah nggak asing dengan berita yang heboh ini dimana Maudy sempat dibikin bimbang untuk memilih Harvard atau Stanford sampai akhirnya dia memutuskan untuk memilih Universitas Stanford dan berhasil lulus di tahun 2019 lalu.

3. Dubber Handal di Film Battle of Surabaya

Kamu tahu nggak sih kalau Maudy Ayunda mengambil peran sebagai pengisi suara di film “Battle of Surabaya”? Dalam kesempatan tersebut dia memerankan “Yumna” sekaligus mendalami karakter dan juga script yang harus dihafalkannya. Dia sangat berhasil membawakan peran ini menjadi lebih nyata.

4. Duet dengan Artis Luar Negeri

Maudy yang punya suara bagus ini nyatanya pernah berkolaborasi dengan artis luar negeri yang bernama David Choi di tahun 2014 lalu dengan lagu “By My Side”. Lagu ini masuk ke dalam album “Moment” bersama lagu-lagu lain yang cukup ciamik. Lagu keren ini mendapatkan antusiasme yang banyak dari para penggemarnya.

5. Punya Kemampuan Banyak Bahasa

Meskipun sempat minder ketika di zaman sekolahnya karena nggak bisa Bahasa Inggris saat ini Maudy bisa berbahasa banyak. Nggak hanya sudah fasih dalam Bahasa Inggris namun Maudy juga bisa Bahasa Mandarin dan Spanyol.

6. Banyak Penghargaan Seni dan Musik

Kamu bisa melihat list penghargaan yang sudah ada di atas, dimana Maudy nggak hanya pandai dalam edukasi namun juga sangat jago di bidang seni dan musik. Dia adalah perempuan serba bisa. Tentu saja nggak salah jika banyak orang yang mengidolakannya.

7. Yayasan Maudy Ayunda Foundation

Maudy sangat mementingkan dunia pendidikan sampai akhirnya dia mendirikan “Yayasan Maudy Ayunda Foundation”. Yayasan ini memberikan beasiswa dan mentoring terutama dalam hal critical thinking, bedah buku dan diskusi. Tujuannya untuk membentuk generasi muda yang lebih kritis dan kreatif.

8. Pernah Mendampingi David Cameron

Ketika mantan perdana menteri Inggris tersebut berkunjung ke Jakarta Indonesia dia meminta Maudy Ayunda secara langsung untuk mendampinginya. Kecerdasan dan kemampuan Maudy yang keren serta kuliahnya yang di Oxford tentu menjadi pendukung terbaik mengapa dia terpilih menjadi pendamping yang luar biasa.

9. Orang Indonesia yang lulus di Oxford dengan PPE

Fakta berikutnya adalah Maudy merupakan orang Indonesia yang memilih jurusan PPE di Oxford dan berhasil lulus dengan nilai yang bagus. Tentu saja dia orang pertama yang berhasil mendapatkan gelar ini.

10. Gila Baca

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Maudy belajar membaca sejak 3 tahun dan sudah hobbie membaca sejak kecil.


Baca Juga:

Nah, Blibli Friends itu dia biodata dari Maudy Ayunda, keren banget kan? Untuk itu buatmu yang pengen ketemu Maudy bisa langsung pesan Tiket Ideafest 2022 hanya di Blibli saja. Maudy Ayunda adalah salah satu bintang tamu penting di acara ini loh!