me

Bingung Anak Gadget-an Terus? Kamu Bisa Melakukan Hal Ini Bareng Anak Dirumah Aja Loh!

Mar 30, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Semenjak pandemi, tingkat penggunaan gadget pada anak semakin tinggi. Hal ini dipicu oleh kegiatan sekolah yang berpindah ke online, yang tadinya orangtua mengizinkan penggunaan gadget hanya di jam dan hari tertentu saja. Kini setiap hari anak bertatap dengan gadget untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. 

Meski sekarang beberapa sekolah sudah melakukan Pertemuan tatap muka terbatas (PTMT) namun karena kebiasaan yang sudah ada selama dua tahun belakangan ini tak jarang anak menjadi susah untuk lepas dari gadgetnya. 

Tentu saja keadaan anak yang tak bisa lepas dari gadget pasti membuat blibli friends khawatir. Selain berbahaya jika menggunakan gadget secara berlebihan, anak juga bisa mengalami kecanduan dan memberikan dampak buruk bagi kesehatannya seperti gangguan tidur, kerusakan pada mata karena pantulan sinar biru, emosi yang tak terkontrol sehingga membuat anak menjadi lebih agresif serta hal negatif lainnya. 

Ini hal yang bisa Blibli Friends lakukan bareng anak dirumah aja

Agar anak tidak ketergantungan gadget, ini rekomendasi kegiatan yang bisa kalian lakukan dirumah aja bareng anak.

1.Masak cemilan bersama dengan menu kesukaan anak

Kegiatan masak bersama anak bisa menjadi wadah untuk menyalurkan bakat si kecil. Kegiatan ini juga tidak terbatas pada anak perempuan saja, anak laki – laki juga bisa ikut serta. Saat memasak, kamu bisa memulai dengan menu camilan yang disukainya dan mudah dibuat. Seperti membuat pudding, smoothie, milkshake, parfait, es loli, dan cemilan sehat lainnya. Semua bahan untuk memasak menu kesukaan anak bisa kamu dapatkan di Blibli loh. 

2.Piknik di dalam rumah

Dutch Wood TPT 004

Berakhir pekan tidak harus selalu keluar rumah, bikin kegiatan tak biasa dengan piknik di dalam rumah tentu bisa menjadi momen bonding bersama anak. Kamu cukup menyulap suatu ruangan atau sudut di dalam rumah untuk menjadi tempat berkemah. 

Jangan lupa libatkan anak dalam mempersiapkan segala keperluan berkemah, misalnya mendirikan tenda, mempersiapkan bekal cemilan yang sebelumnya sudah dimasak bersama dengan anak. Siapkan juga beberapa bahan untuk membuat prakarya bersama untuk kegiatan di dalam tenda.  

3.Membuat mainan Do It yourself (DIY) 

Untuk menunjang kreativitasnya, kamu juga bisa mengajak anak membuat prakarya (D.I.Y) dari bahan – bahan yang mudah di dapat misalnya dari dedaunan, ranting, bekas stik es krim  atau kamu bisa cari bahan – bahan prakarya di Blibli nih. Mulai dari mainan Jellirez super glitter yang berupa set mainan DIY aksesoris anak , ding ding cabin wooden puzzle yang mengasah kreativitas anak dalam membuat puzzle bangunan kayu, beragam mainan edukasi sains, origami dan meronce manik, semua lengkap ada di Blibli. 

4. Kegiatan membaca buku Read Aloud

Akhir – akhir ini banyak orangtua yang sudah mengikuti metode Read Aloud atau membaca nyaring. Nah, kegiatan membaca nyaring ini pertama kali diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya “The Read Aloud Handbook”. Pada prinsipnya metode ini merupakan metode membaca paling efektif untuk anak  – anak karena bisa mengkondisikan otak anak untuk merasakan bahwa kegiatan membaca lebih menyenangkan. Jadi, saat membaca buku kepada anak sebaiknya menggunakan full ekspresi ya dengan dialek, intonasi, serta body language yang sesuai. Sebab, poin utama dalam metode Read Aloud adalah membaca buku bukanlah aktivitas yang membosankan, melainkan kegiatan yang menyenangkan dan menghibur serta bisa menciptakan kedekatan dengan anak. 

5. Berkebun

Kegiatan berkebun memang menyenangkan selain memperoleh ilmu sains, kita juga dapat melatih kesabaran anak. Mengajarkan bagaimana proses tanaman menjadi hidup, merawat dan memelihara agar tetap tumbuh subur. Dengan proses tersebut dapat memberikan stimulasi sensori dan motorik pada anak. 

Bagaimana rekomendasi kegiatan bareng anak dirumah aja?, semoga bisa menjadi inspirasi Blibli Friends ya. Dapatkan perlengkapan kegiatan bareng anak hanya di Blibli.

 

Contributor : Ruli 

Tag: