me

Alasan Harus Memakai Sunscreen, Yuk Cek!

Sep 26, 2023.By
Bagikan

pinterest.com/popsugar
Siapa yang masih suka skip pakai sunscreen atau bahkan menganggap sunscreen gak penting? Yuk! Cari tau alasan harus memakai sunscreen di sini

KKE

Alasan Harus Memakai Sunscreen — Menurut Cetaphil dalam blog The Beauty Junkee ada 4 ciri-ciri kulit sehat: kulit tidak terasa kering setelah dibersihkan, kulit terasa lembap, kulit tidak kering dan mengelupas, kulit tidak berbintink akibat cahaya matahari.

Untuk mencapai kulit sehat dengan 4 ciri-ciri di atas, selain mencuci muka setelah beraktivitas dengan sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit kita, hal lain yang juga baik untuk dilakukan adalah menggunakan sunscreen setiap hari sebelum memulai aktivitas.

Baca juga:


Apa itu sunscreen?

Dilansir dari Stylo, sunscreen atau yang sering juga disebut dengan sunblock, sun cream, atau suntan lotion adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Mungkin kita sering lihat sunscreen dengan berbagai macam jenis, ada yang SPF 15, SPF 30, SPF 50, dan seterusnya, jenis SPF itu adalah masa waktu penggunaan sunscreen tersebut. Jika kita menggunakan SPF 30 maka kita harus menggunakan sunscreen kembali setelah 450 menit, begitu juga dengan jumlah SPF lainnya.

5 Alasan Harus Memakai Sunscreen

Tentu saja sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari langsung, namun selain itu ada hal-hal lain yang mungkin tidak kita ketahui tentang manfaat menggunakan sunscreen setiap kali kita beraktivitas di luar rumah.

Menurut Mahoney Dermatology, ada 5 alasan penting mengapa kita harus menggunakan sunscreen:

1. Mengurangi resiko kulit terbakar

Alasan Harus Memakai Sunscreen
stacyknows.com

Ketika kita melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama di lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung dan kita tidak menggunakan perlindungan seperti sunscreen, maka akan besar kemungkinannya kulit kita akan terbakar. Kulit terbakar bisa menyebabkan kanker kulit, kerutan muncul, dan masalah kulit lainnya.

2. Mencegah tanda-tanda penuaan kulit

Alasan Harus Memakai Sunscreen
pinterest.com/behance.net

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, sunscreen berguna untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan kerutan dini pada kulit, selain itu ada juga garis-garis halus, dan perubahan warna kulit. Hal ini biasanya terlihat kepada orang-orang yang tidak rajin menggunakan sunscreen di umur 20-an hingga 30-an.

3. Mengurangi resiko kanker kulit

Alasan Harus Memakai Sunscreen
pinterest.com/extrahours.co

Kita dapat mengurangi resiko kanker kulit ketika kita menggunakan sunscreen dengan SPF 30 dan menggunakannya berulang kali sepanjang hari sesuai dengan anjuran dokter kulit yaitu 2 jam sekali.

4. Mencegah perubahan warna kulit

pinterest.com/allure.com

Perubahan warna kulit yang bisa didapatkan dari tidak menggunakan sunscreen tidak hanya perubahan warna kulit biasa, namun juga terbentuknya sunspot atau freckless yang tentu saja tidak dapat dihilangkan hanya dengan produk, namun juga harus dengan prosedur perawatan. Dengan menggunakan sunscreen kita bisa mencegah timbulnya perubahan warna kulit ini.

5. Mengurangi inflamasi

pinterest.com/stylecraze.com

Saat terkena sinar matahari, kulit kita bisa memerah bahkan bengkak, apalagi jika kita memiliki masalah kulit seperti psoriasis atau rosacea. Maka itu penting menggunakan sunscreen yang tentunya dapat menjadi pelindung kulit kita agar matahari langsung tidak langsung mengenai kulit kita.

Rekomendasi Sunscreen yang Bagus

Sunscreen terbaik yang bisa kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari dan dapat melindungi kulit kita secara maksimal dari paparan sinar matahari langsung adalah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih yang tentunya tetap harus kita gunakan ulang setelah 2 jam pemakaian.

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ 50ml adalah gel yang ringan dan lembut digunakan pada kulit. Selain SPF level tinggi, sunscreen Azarine juga diperkaya dengan ekstrak aloe vera yang dikenal akan efek soothing atau menenangkan kulit sehingga kamu akan merasakan sensasi sejuk dan segar setelah menggunakannya.
Bukan cuma itu, Azarine juga menambahkan ekstrak green tea yang berfungsi sebagai agen antioksidan tingkat tinggi untuk membantu melawan radikal bebas.

Setelah merata dan meresap ke dalam kulit, ada beberapa hal yang bisa langsung kamu rasakan, Blibli Friends. Pertama adalah sensasi sejuk yang bikin wajahmu terasa segar. Kesegaran yang nggak berlebihan ini cukup membangkitkan mood kamu di pagi hari sebelum beraktivitas.

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ 50mL

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum merupakan salah satu varian lotion dari series Somethinc Holyshield Sunscreen. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum adalah bahwa produk ini bukan hanya berfungsi sebagai tabir surya, tapi juga sebagai korektor warna wajah yang nggak rata.
Aku juga suka dengan hasilnya setelah dipakai yang nggak ada minyak sama sekali. Jadi tenang deh karena setelah berjam-jam pun nggak bikin wajah terlihat greasy.

SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

Sunscreen Somethinc Spray ini memiliki bentuk botol yang lebih kecil sehingga mudah banget untuk dibawa. Sesuai dengan isinya yang cair menurutku kemasan botol semprot memang menjadi pilihan yang baik. Dua bahan utama yang berperan penting di dalam produknya adalah Encapsulated UV Filter dan Titanium Dioxide. Dua bahan ini aman banget untuk digunakan dan bagus untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.


Baca juga:

Blibli Friends yang pengen beli sunscreen  bisa langsung cek semua rekomendasi sunscreen hanya di Blibli saja. Ada banyak banget pilihan produk terbaik dengan potongan harga dan pilihan produk terbaik untukmu. Apalagi di Blibli juga banyak diskon dan potongan ongkir hanya untukmu. Cek semuanya sekarang juga!

Tag: