Androgini adalah sebutan yang diberikan kepada orang-orang yang mampu bergaya sebagai laki-laki dan perempuan sekaligus. Semakin ke belakang, androgini menjadi semakin sering dikaitkan dengan fashion.

Popularitas gaya androgini pun terus meningkat dan menarik perhatian banyak model-model dan aktris/aktor papan atas. Contohnya adalah Agyness Deyn, Tilda Swinton, Kristen Stewart, Willy Cartier, Ruby Rose, dan masih banyak lagi. Karena gaya androgini ini banyak diadopsi oleh kalangan terkenal, pastinya gaya ini sudah menginspirasi ratusan, bahkan ribuan penggemar.

Bagi kamu yang memang tertarik dengan gaya androgini dan masih bingung produk apa saja yang digunakan, kamu bisa melihat 7 tips ini untuk memulai.

1. Gunakan baju yang bersifat longgarbaju-lebar

Via Rebelsmarket

Pakaian yang paling sering digunakan oleh model-model androgini adalah atasan yang longgar. Kamu akan jarang sekali menemukan model androgini mengenakan atasan ketat. Tujuan dari berpakaian ala androgini adalah supaya kamu bisa tampil keren tanpa membedakan jenis kelamin.

Atasan longgar memberikan kesan kemaskulinan pada tubuh dan bila digunakan oleh para wanita, maka penampilan akan terkesan โ€œmaskulinโ€. Atasan longgar ini bisa berupa sweater, kemeja, ataupun cardigan.

Memang kebanyakan model-model androgini mempunyai tubuh dengan bentuk tulang yang menonjol sehingga mereka terlihat sangat ramping. Kalau kamu mengejar hal ini, menggunakan atasan longgar akan sangat membantu kamu.

Atasan longgar nggak hanya menyebarkan aura kemaskulinan, tapi kamu juga terlihat lebih ramping.

2. Berani eksperimen dengan rambutrambut

Via Buzzfeed

Hal yang ini memang nggak wajib, tapi potongan dan gaya rambut akan sangat membantu kamu untuk menebarkan kesan androgini. Bagi para pria yang memang sudah mempunyai gaya rambut gondrong, daripada mengguntingnya mungkin kamu bisa menata rambut dengan mencatok lurus rambut.

Ingat, tujuan dari gaya dan penampilan androgini adalah supaya kamu bisa terlihat keren tanpa harus spesifik terfokus kepada salah satu jenis kelamin.

Para wanita biasanya akan mengikuti potongan dan gaya rambut pria dengan cara mencukur rambut pada bagian leher dan mungkin juga jambang. Model terkenal Ruby Rose adalah salah satu contohnya.

Si Rose mencukur cepak rambutnya, sebelumnya ia juga pernah mencukur pinggir kanan dan kiri rambutnya dan berhasil memberikan kesan kemaskulinan dengan wajah yang sangat feminin.

3. Tambahkan aksesoris di pinggang

aksesoris-di-pinggangVia Highsylife

Penambahan aksesoris di pinggang mungkin lebih ditujukan kepada para wanita yang ingin mengejar tampilan androgini. Wanita umumnya mempunyai pinggang yang lebih lebar dibandingkan dengan pria, untuk menutupinya, kamu bisa menambahkan aksesoris pada pinggang.

Gabungan antara atasan longgar dan aksesoris tambahan bisa meratakan bagian pinggang kamu yang menonjol. Aksesoris pinggang yang dimaksud harus bersifat besar dan menutupi, seperti cardigan atau jaket lain yang diikatkan di pinggang.

Hal ajaib ini memang akan memberikan kesan kelebaran, tapi orang-orang yang melihat akan mengira kalau kelebaran ini disebabkan oleh aksesoris bukannya daging di pinggang kamu.

4. Dasi dan topi nggak boleh dilupakan

dasi-dan-topiVia nymphashion & tumblr

Dasi adalah aksesoris yang biasa digunakan oleh pria untuk menunjukan penampilan yang formal dan profesional. Para wanita jangan mau kalah! Meskipun atasan kamu adalah kemeja dengan motif bunga atau motif feminin lainnya, gunakan dasi panjang untuk terlihat androgini.

Dasi pun bisa berupa dasi panjang, dasi kupu-kupu, atau dasi cravat, semuanya bisa kamu gunakan sesuai dengan acara dan tujuan kamu.

Selain dasi, ada lagi aksesoris yang menggambarkan kemaskulinan, topi. Bukan sembarang topi, tapi topi bowler yang sering digunakan oleh model androgini.

Aksesoris pria ini adalah produk yang tepat menggambarkan konsep androgini, terlihat maskulin namun memancarkan pesona feminin.


BACA JUGAย Top 6 Topi Paling Ngetren: Yang Mana Yang Cocok Dengan Gayamu?


5. Gunakan sepatu pantofelfantofel

Via Capitalfm

 

Jenis sepatu pantofel yang paling banyak diminati, baik oleh pria maupun wanita, adalah oxford. Sama dengan dasi, sepatu oxford ini awalnya digunakan oleh pria untuk keperluan formal saja. Tapi semenjak tahun 2000an, sepatu ini sudah mulai ramai digunakan sehari-hari.

Kamu bisa menggunakan sepatu oxford dengan atasan seperti baju berenda dan sweater. Untuk bawahan, kamu bisa menggunakan jeans ketat ataupun celana bahan pendek. Untuk tampilan yang lebih formal, gabungkan sepatu oxford dengan blazer dan kemeja.

6. Perlebar bahu kamu dengan atasan yang sesuai

atasanVia Stuff

Selain bagian pinggang, struktur tubuh yang memberikan perbedaan mendalam antara pria dan wanita adalah lebar bahu. Pria mempunyai bahu yang pastinya lebih lebar dibandingkan dengan wanita.

Karena ini, para model wanita yang bergaya androgini sering sekali ditemukan menggunakan blazer atau juga denim untuk memberikan kesan lebar pada bagian bahu.

Bagi kamu para wanita yang bingung, menggunakan atasan dengan garis jahitan bahu yang ketara seperti denim akan memberikan ilusi kelebaran pada bahu.

7. Gunakan aksesoris yang bersifat unisex

unisexVia Capital FM

Untuk tambahan, kamu bisa menggunakan aksesoris yang bersifat unisex. Aksesoris ini nggak hanya membuat kamu tampak lebih keren, tapi juga memberikan kesan tambahan kalau kamu sedang bergaya androgini.

Aksesoris bisa berupa apa saja, kebanyakan orang akan menggunakan topi, ikat pinggang, kalung, dan juga jam tangan yang bersifat unisex. Untuk kamu yang mempunyai pergelangan tangan yang sedikit mungil, kamu bisa memanfaatkan jam tangan besi yang besar.

Tapi, bagi kamu yang memiliki pergelangan tangan dengan ukuran normal, kamu bisa coba menggunakan jam tangan dengan bahan kulit.

Jam tangan memang sangat sering digunakan dalam penampilan sehari-hari, tapi pastikan juga kalau kamu menggunakan jam tangan dengan atasan dan aksesoris lain yang cocok. Untuk melihat berbagai jenis jam tangan yang cocok untuk mendukung penampilan androgini, kamu bisa mencarinya via Blibli.com, lho.

Nah, ini adalah 7 tips bagi kamu yang ingin mencoba bergaya androgini. Mungkin kamu akan mendapat banyak lirikan atau rasa kagum dari orang-orang karena gaya kamu yang nyentrik ini.

Yang paling penting dari mencoba gaya baru adalah kamu harus merasa nyaman dengan gaya yang kamu pilih, jangan hanya sekadar ingin tampil keren saja, ya.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY