5 Tips Ampuh untuk Menghindari Rasa Penat

Photo via pixabay.com

Menjalankan peran sebagai seorang ibu, baik ibu bekerja ataupun ibu rumah tangga, merupakan sebuah anugerah. Setiap hal yang dialami selama menjalankan peran tersebut adalah pengalaman indah yang rasanya tidak ingin ditukar dengan apapun. Namun, bukan berarti seorang ibu tidak pernah merasa lelah menjalani banyaknya pekerjaan sehari-hari. Daripada mengeluh, yuk ikuti tips-tips ampuh berikut ini untuk menghindari penat atau kelelahan berlebihan!

1.    Luangkan Waktu untuk Menyusun Rencana Harian atau Mingguan

Saat Bubu mulai merasa kewalahan dengan pekerjaan yang ada, baik pekerjaan kantor maupun rumah tangga, mungkin ini saatnya menyusun rencana atau to-do list. Membuat rencana harian atau mingguan membantu Bubu untuk memetakan waktu dan menyiapkan apa saja yang harus dikerjakan setiap harinya. Tulis rencana atau to-do list Bubu di tempat yang mudah dilihat, seperti pada kertas Post-It, buku agenda weekly planner, atau cukup dengan membuat catatan di ponsel. Dalam satu hari, pisahkan antara pekerjaan yang harus segera diselesaikan dengan pekerjaan yang bisa dikerjakan di keesokan hari. Hal ini akan membantu Bubu lebih tenang karena tidak perlu memikirkan apa yang harus dikerjakan selanjutnya di sela tumpukan pekerjaan.

2.    Jaga Tubuh Tetap Fit dengan Makan Sehat dan Minum Teratur

Tubuh yang tidak fit juga dapat memicu kepenatan. Setiap hari, Bubu membutuhkan asupan makanan yang sehat dan asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Jangan sampai Bubu melewatkan waktu makan di tengah-tengah kesibukan.   Siapkan gelas berisi air putih di sebelah tempat tidur agar Bubu selalu ingat untuk minum sebelum dan ketika bangun tidur.

3.    Olahraga

Selain untuk kesehatan tubuh,   Untuk membiasakan diri berolahraga, Bubu tidak harus langsung rutin berolahraga setiap hari, mulailah dengan melakukan beberapa kali dalam seminggu. Selama periode transisi new normal seperti sekarang, kegiatan olahraga di luar rumah atau di tempat olahraga seperti gym memang masih dibatasi. Oleh karena itu, Bubu bisa memilih jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah seperti senam lantai atau yoga.

4.    Belajar Cuek dengan Komentar Negatif

Kepenatan yang Bubu rasakan juga bisa berasal dari faktor yang satu ini: terlalu memikirkan komentar negatif orang lain. Misalnya, untuk Bubu yang bekerja di kantor, meskipun sudah mengatur waktu dengan sangat baik antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, tetap ada komentar negatif yang akhirnya membuat Bubu selalu merasa kurang dan tidak cukup baik. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mengabaikan komentar negatif tersebut. Dengan belajar mengabaikan komentar-komentar tersebut, Bubu akan merasa lebih tenang dan dapat melakukan pekerjaan tanpa tekanan berlebihan.

5.    Bergabung dengan Komunitas Parenting

Selain berinteraksi dengan keluarga dan teman kerja, seorang ibu tentunya membutuhkan interaksi dengan teman sesama ibu.   Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah bergabung dengan komunitas parenting. Dengan ikut komunitas parenting, Bubu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bersosialisasi, berbagi pengalaman, mengekspresikan diri, dan tentunya berkesempatan mengikuti berbagai kegiatan seru yang diadakan oleh sebuah komunitas. Contohnya adalah kegiatan-kegiatan dengan hadiah atau reward yang bermanfaat, seperti pemilihan Bubu of The Month yang diadakan oleh komunitas parenting dari Blibli.com, Sahabat Ibu Pintar.

Pemilihan Bubu of The Month dilakukan satu bulan sekali setiap akhir bulan dan diumumkan di media sosial Sahabat Ibu Pintar. Bubu yang terpilih akan mendapatkan reward berupa konseling dengan expert partner Sahabat Ibu Pintar. Tertarik bergabung dengan komunitas Sahabat Ibu Pintar? Caranya mudah lho, Bubu. Segera daftarkan diri di sini, lalu screenshot email verifikasi yang Bubu terima dan hubungi tim Sahabat Ibu Pintar melalui Direct Message (DM) Instagram. Tim Sahabat Ibu Pintar akan mengkonfirmasi dan mengundang Bubu untuk bergabung ke grup WhatsApp yang sesuai dengan usia si Kecil.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghindari rasa penat di sela banyaknya pekerjaan sehari-hari. Meski terkadang melelahkan, menjadi seorang ibu adalah sebuah anugerah yang harus kita syukuri. Semoga tips-tips di atas bisa membantu Bubu untuk lebih semangat ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY