4 Tips Sederhana Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

Meskipun saat ini telah tersedia smartphone dengan daya baterai yang besar, kehadiran power bank masih tetap diperlukan. Apalagi bagi mereka yang pekerjaan sehari-harinya bergantung pada smartphone dan dalam keadaan mobileyang konstan. Saat keberadaan colokan listrik yang susah dicari, tentunya power bank bisa menjadi solusi yang bisa diandalkan.

Seperti gadgetgadget lainnya, power bank juga perlu diperhatikan cara penggunaan dan merawatnya agar kinerja dan daya tahannya maksimal. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk merawat power bank.

1. Kenali spesifikasi power bank-nya

Photo by Samsung

Meksipun fungsinya dan memiliki bentuk yang hampir mirip, tapi tidak semua power bank itu sama. Beberapa power bank bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone satu sampai dua kali, sedangkan yang lainnya bisa dipakai mengisi perangkat beberapa kali. Ada power bank yang bentuknya besar dan ada juga yang lebih portabel.

Baterai yang digunakan pun berbeda-beda. Umumnya ada dua tipe baterai yang digunakan, yaitu baterai lithium-ion dan lithium-polymer. Baterai lithium-ion memiliki harga yang lebih murah dengan siklus hidup 500 kali isi ulang, sedangkan lithium-polymer secara umum lebih mahal dan siklus hidup hingga 1000 kali isi ulang.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI SAMSUNG FAST CHARGING BATTERY PACK POWERBANK 10000 mAh

2. Gunakan secara regular

Photo by thephonetalks

Jarang dipakai bukan berarti akan awet. Inilah yang harus dipahami saat membeli sebuah power bank. Daya yang dimiliki oleh power bank disimpan dalam baterai. Untuk menjaga kinerja baterai tetap stabil, kamu harus menggunakannya secara regular. Jika power bank dibiarkan saja tanpa digunakan dalam waktu yang lama, akan berdampak negatif pada kemampuan baterai untuk bisa diisi dayanya sampai penuh.

Untuk menjaga keawetan baterai, kamu harus melakukan pengurasan dan pengisian daya setidaknya satu kali dalam sebulan. Hal ini akan membantu baterai untuk melakukan kalibrasi dan menjaga siklus pengisiannya. Dengan cara ini, kamu dapat menjaga kualitas baterai agar tetap dalam kondisi terbaik.

INGIN PUNYA POWERBANK BERDAYA 20000 mAh? CEK XIAOMI Mi 2C POWERBANK DI SINI

3. Terapkan cara pengisian yang optimal

Untuk memaksimalkan kinerjanya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara terbaik untuk mengisi daya power bank-nya. Pertama, gunakanlah charger asli yang tersedia di dalam paket pembeliannya. Alat pengisi daya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari kualitas bahannya sampai kemampuan voltase-nya. Menggunakan alat pengisi daya yang berbeda bisa mengurangi efisiensi dari power bank tersebut, mulai dari durasi pengisian sampai kemampuan untuk mengisinya sampai penuh.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah waktu pengisiannya. Guna menghindari turunnya kualitas power bank, sebaiknya isi ulang power bank saat indikator dayanya menunjukkan tanda low. Jika indikatornya terdapat empat lampu, isilah saat kondisinya tinggal satu lampu saja. Namun, kamu juga harus menghindari kebiasaan menggunakan power bank sampai kehabisan dayanya sampai kosong. Kondisi ini bisa membuat baterai power bank cepat aus dan proses isi ulang menjadi lebih lama.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI ACMIC P10PRO MINI POWERBANK

4. Pastikan kompatibel dengan perangkatnya

Photo by dailysocial

Gadget yang berbeda tentunya memiliki kebutuhannya tersendiri untuk urusan mengisi daya. Rata-rata smartphonemenggunakan daya input sebesar 1 A untuk mengisi, sementara perangkat yang lebih besar seperti tablet membutuhkan daya input sebesar 2 A. Oleh karena itu, kamu perlu memilih power bank dengan daya input yang sesuai dengan gadget yang digunakan.

Beberapa power bank keluaran terbaru dapat lebih fleksibel soal daya input ini. Ada yang menyediakan dua soket 1 A dan 2 A sehingga kamu bisa menggunakannya untuk perangkat apa pun. Ada juga yang bisa menyesuaikan secara otomatis hanya dengan menggunakan satu soket saja.

Selain itu, jangan menggunakan perangkat yang sedang diisi daya dengan menggunakan power bank. Hal ini dapat menyebabkan perangkat cepat panas dan daya power bank akan terbuang dengan percuma serta waktu pengisian yang lebih lama.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI SNIPER S41001 POWERSHOOT POWERBANK 10050 mAh

Power bank memang masih menjadi solusi pengisi daya yang praktis untuk kamu yang tak selalu duduk di meja sehari-harinya. Pemilihan spesifikasi power bank yang tepat dan tahu cara merawatnya dapat membuat kamu bisa secara maksimal menggunakan manfaatnya. Selamat mencobanya.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY