3 Cara untuk Mengajarkan Anak Menjadi Mandiri

Pernahkah Bubu memperhatikan si Kecil ketika ia berusaha melakukan sesuatu sendiri? Seperti makan, mandi, atau cuci tangan sendiri?

Kadang ketika kita melihat si Kecil berusaha melakukan sesuatu sendiri, kita jadi ikut gemas dan berpikir “Kok rasanya lebih cepat kalau dibantu yaa..” Walaupun gemas, coba ditahan dulu ya Bubu, agar kita tidak terburu-buru membantu si Kecil Ketika ia mengalami kesulitan. Hal ini agar si Kecil belajar untuk mandiri, karena ternyata kemandirian itu penting sekali untuk dimiliki oleh anak.

Menurut penelitian, anak yang mandiri dalam merawat diri mereka sendiri akan bertumbuh menjadi individu yang penuh percaya diri dan berinisiatif tinggi, baik dalam pergaulan sosial maupun dalam belajar (Akhmetyazanova, 2014). Penelitian ini juga menyebutkan bahwa meskipun terlihat sederhana, kemampuan merawat diri adalah sebuah kemampuan yang kompleks. Di dalam kemampuan merawat diri sebenarnya anak belajar mengenali kebutuhannya, memecahkan masalah, melatih koordinasi gerak tubuh, dan kemampuan menilai situasi (Akhmetzyanova, 2014). Oleh karena itu, ketika si Kecil membuat kemajuan dalam bersikap mandiri (seperti mencoba mandi sendiri), ada baiknya jika Bubu dan Pak Suami berikan apresiasi. Tak apa jika memang belum sempurna, cobalah untuk kerap dibentuk dan dilatih.

Cara melatih kemandirian anak ternyata dapat dilakukan lewat hal sehari-hari lho, Bubu. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk membentuk kemandirian dan kebersihan diri pada anak:

  • Mencuci mainan

Untuk mengenalkan makna kebersihan – yaitu apa itu bersih dan apa itu kotor, paling mudah adalah lewat kegiatan nyata. Kegiatan yang sangat jarang ditolak oleh anak-anak adalah mencuci mainan. Anak bisa melihat perubahan yang nyata dari mainan yang kotor menjadi bersih dan wangi. Lewat kegiatan ini, anak-anak juga belajar bertanggung jawab terhadap kondisi mainan mereka sendiri.

  • Kesempatan Mandi Sendiri

Kemampuan membersihkan diri (self-hygiene) adalah kemampuan yang penting karena jika mampu membersihkan diri, anak dapat menjaga kesehatannya sendiri. Namun, pada usia balita yang baru belajar mandi sendiri, penting bagi orang tua untuk tetap menemani dan mengawasi ya. Tujuannya agar jika ada bagian badan yang belum bersih, orang tua dapat segera mengingatkan pada sang anak. Ingat ya, Bubu.. diingatkan, bukan langsung dimandikan ya.

  • Kebiasaan Mencuci Tangan

Pada masa pandemik ini, kebiasaan mencuci tangan adalah kebiasaan yang penting ya Bubu, agar si Kecil terhindar dari berbagai penyakit. Bubu bisa mengajarkan si Kecil untuk cuci tangan setiap kali selesai bermain, sebelum makan, dan setelah dari toilet. Dengan demikian, si Kecil dapat menjadi terbiasa dan melakukannya sendiri tanpa disuruh.

Tantangannya, kadang anak-anak merasa kesulitan dalam belajar menjadi mandiri. Berikut beberapa tips agar si Kecil dapat menikmati proses belajarnya:

  • Melalui Buku

Bubu bisa mulai melalui buku cerita tentang kebersihan diri. Banyak sekali buku anak-anak yang mengajarkan tentang mandi, sikat gigi, cuci tangan, dan lain sebagainya. Buku-buku ini sangat berguna, supaya ketika anak mencoba melakukan sendiri, kita bisa ingatkan mengenai apa yang pernah ia baca, misal: “Wah, kakak mandi sendiri! Seperti yang di buku cerita ya…”

  • Mudahkan Fasilitas

Ingatlah pula untuk siapkan fasilitas yang memudahkan anak ya Bubu. Seperti memberikan pijakan kaki di wastafel supaya anak mudah cuci tangan, atau meletakkan gantungan handuk serta sabun dan sampo di tempat yang terjangkau oleh anak di kamar mandi. Hal ini dapat membuat anak lebih bersemangat untuk mencoba melakukan sendiri.

  • Gunakan Lagu

Menyanyi selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak, dan mereka juga bisa lebih mudah mengingat dengan bantuan lagu. Bubu bisa pilih lagu-lagu anak yang berkaitan dengan mandi, cuci tangan, atau sikat gigi yang bisa diputar atau dinyanyikan ketika anak sedang melakukan hal-hal tersebut.

Nah Bubu, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melatih kemandirian pada anak. Bubu juga bisa share lho pengalaman ketika mengajarkan kemandirian pada anak ke ibu-ibu lainnya di komunitas Sahabat Ibu Pintar. Tetap terus mencoba ya Bubu, semangat! 😊

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY