me

7 Tips Memperbaiki Suara Berisik pada Kulkas 1 Pintu

Apr 24, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/prostock-studio
Nggak perlu khawatir, berikut tips memperbaiki suara berisik pada kulkas 1 pintu, baca ulasannya di sini.

Cicilan 0% KAM

Tips memperbaiki suara berisik pada kulkas 1 pintu sebenarnya nggak sulit, terutama jika permasalahan disebabkan oleh hal yang bisa diatasi sendiri. Soalnya, terkadang kulkas 1 pintu yang ada di rumah tiba-tiba mengeluarkan bunyi yang berisik, sehingga membuat kita nggak nyaman.

Maka dari itu, yuk kita cari tahu seperti apa cara yang bisa dilakukan buat mengatasinya. Kamu dapat mencoba tips berikut:

Baca Juga :


1. Memeriksa Pencairan Es dalam Kulkas

Memeriksa Pencairan Es dalam Kulkas
freepik.com

Saat terdengar bunyi berisik dari kulkas tiba-tiba, kamu bisa mengecek kembali fitur untuk pencairan otomatis, ada atau nggak, ya. Soalnya, pada umumnya, kulkas sekarang sudah dilengkapi dengan fungsi yang dapat mencairkan es secara otomatis. Hal tersebut buat mengatasi es yang menumpuk.

Soalnya, ketika terjadi penumpukan es secara berlebihan, khususnya di dalam freezer, biasanya hal tersebut bisa bikin alarm jadi berbunyi. Nah, kalau misalnya, kamu menjumpai ada penumpukan es tersebut di dalam freezer, maka kamu bisa mencoba cara yaitu mematikan kulkas terlebih dahulu.

Jadi, kamu matikan saja kulkasnya, sehingga kamu dapat membiarkan es yang beku dan menumpuk di dalamnya, jadi mencair. Apabila ini yang menjadi masalah penyebab kulkas berbunyi dan mendengung, maka bunyi dengung tersebut biasanya bakal berhenti, nggak kedengaran berisik lagi.

2. Mengecek Bagian Luar Kulkas Apakah Jadi Lebih Hangat

Mengecek Bagian Luar Kulkas Apakah Jadi Lebih Hangat
freepik.com/fongbeerredhot

Selanjutnya, cara mengatasi suara berisik kulkas satu pintu, yaitu dengan mengecek bagian luar dari kulkas. Coba kamu periksa, apakah jarak yang memisahkan kulkas dari dinding sudah cukup. Soalnya, jarak lemari es dan dinding ini penting, buat memberikan ventilasi yang cukup dan berfungsi dengan baik.

Jika kamu sudah mencoba memastikannya kembali, dan menemukan bahwa jarak tersebut sudah baik, tapi bagian kulkas di luar kok masih berasa lebih hangat, nggak seperti biasanya, maka bisa jadi ini waktunya kamu meminta bantuan teknisi yang berpengalaman untuk membantu servis kulkasmu.

Coba sampaikan kendala yang terjadi pada kulkas, jelaskan kepada tukang servis alat elektronik. Nanti, teknisi tersebut akan memeriksa kulkas sehingga bisa menemukan sumber masalahnya. Kalau misalnya masih kedengaran bunyi “bip” yang terus berlanjut, kamu bisa coba matikan kulkas.

3. Mengecek Keseimbangan Posisi Kulkas Berdiri

Mengecek Keseimbangan Posisi Kulkas Berdiri
freepik.com/namii9

Selanjutnya, tips buat mengatasi kulkas yang berisik, yaitu perhatikan kembali keseimbangan kulkas tersebut. Coba kamu cek apakah si kulkas berdiri di posisi tegak, pas di atas lantai yang kondisinya rata. Soalnya, posisi rata ini penting untuk menjaga kulkas agar berdiri tegak supaya berfungsi normal.

Jadi, biar si kulkas bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya, penting buat meletakkannya di atas permukaan yang benar-benar rata. Bisa jadi, ada kemungkinan saat awal menempatkan kulkas, kita nggak sadar kalau posisinya nggak seratus persen rata, mungkin ada kemiringan sedikit jadi nggak terlihat.

Biasanya, kemiringan seperti ini meskipun sedikit saja, apabila terjadi pada struktur dari kulkas tersebut, maka bisa membuat alarm “bip” jadi berbunyi. Artinya, kamu perlu memperbaiki posisi kulkas tersebut, jika memang posisinya miring, sehingga jadi nggak pas dan mengeluarkan bunyi.

4. Memeriksa Karet Pintu Kulkas

Memeriksa Karet Pintu Kulkas
freepik.com/namii9

Ada kalanya muncul suara mendengung karena ada kerusakan pada karet pintu kulkas. Kondisi rusak tersebut bikin pintu kulkas jadi nggak bisa tertutup dengan benar. Nggak hanya itu, karet pintu kulkas yang kondisinya kotor bisa juga menjadi penghalang. Jadi, kulkas nggak dapat menutup dengan sempurna.

Nah, jika ini yang terjadi, maka cara mengatasinya yaitu kamu bisa membersihkan karet pintu kulkas tersebut. Cuma begitu saja tips-nya. Adapun cara buat membersihkannya juga cukup mudah. Kamu bisa pakai kain lembut dengan diberi air hangat campur sabun, kemudian bersihkan karet di pintu kulkas.

Lalu, jika sudah selesai membersihkannya, kamu bisa menutup pintu kulkas. Namun, apabila pintu kulkas kelihatannya masih terbuka, nah artinya karet pintunya perlu diganti. Buat mengatasinya, kamu dapat menyelesaikan masalah ini dengan meminta bantuan teknisi tukang servis yang berpengalaman.

5. Memeriksa Isi Kulkas Apakah Terlalu Penuh

Memeriksa Isi Kulkas Apakah Terlalu Penuh
freepik.com

Jadi, sebenarnya ini merupakan hal yang penting untuk langsung kamu lakukan, begitu mendengar kulkas mengeluarkan bunyi berisik, khususnya jika terdengar suara “bip”. Jadi, solusi suara berisik pada kulkas satu pintu ini, yaitu kamu dapat membuka kulkasnya kemudian coba tengok isinya.

Lihat isi muatan di dalam kulkas tersebut. Muatan isinya ada seberapa banyak sih, karena ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kulkas. Jika muatan di dalam kulkas ada terlalu banyak, yang berarti isinya berlebihan, maka hal tersebut bisa mencegah pintunya dari kondisi tertutup secara sempurna.

Maka dari itu, saat pintu kulkas nggak bisa menutup sempurna, maka akan terdengar bunyi “bip” yang merupakan alarm buat mengingatkan kamu. Adapun cara yang bisa kamu lakukan buat langsung mengatasinya yaitu mengurangi muatan di dalam kulkas sampai pintunya bisa ditutup sempurna.

6. Merapikan Kembali Isi Freezer

Merapikan Kembali Isi Freezer
freepik.com/dragonimages

Nggak hanya isi kulkas, tapi di dalam freezer juga ada kemungkinan terjadi masalah yang bikin alarm berbunyi. Jadi kendalanya sama, kalau freezer terlalu penuh, maka kulkas akan mengeluarkan bunyi alarm atau dengung yang keras. Ada penyebab lebih detail kenapa kulkas jadi berbunyi.

Jadi, saat ada bongkahan es atau mungkin bahan makanan menghambat saluran pembuangan di freezer, salurannya pun akan tertutup. Maka dari itu, kondisi saluran yang terhambat inilah yang menyebabkan kulkas jadi berbunyi. Maka, cara memperbaikinya adalah dengan membersihkannya.

Jadi, kamu dapat membersihkan bunga es atau mencairkannya terlebih dahulu. Biasanya, bunga es yang lama nggak dicairkan dan dibersihkan akan jadi menumpuk. Tumpukan es tersebut jadi tebal di dalam freezer. Nah, setelah kamu cairkan lalu bersihkan esnya, kamu bisa merapikan kembali freezer biar nggak melebihi kapasitas isinya.

7. Melakukan Servis Secara Berkala

Melakukan Servis Secara Berkala
freepik.com/namii9

Ada satu lagi tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kulkas satu pintu yang mengeluarkan bunyi. Jadi, caranya lebih ke arah pencegahan sebelum terjadi masalah yang serius. Cara tersebut adalah dengan melakukan servis secara rutin. Jadi penting buat servis kulkas secara berkala.

Servis tersebut nggak hanya untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi, tapi juga buat membersihkan kulkas jika memang kondisinya perlu dibersihkan. Adapun kelebihan utamanya yaitu kamu jadi segera tahu, saat terjadi kerusakan pada kulkas tersebut.

Terlebih lagi, saat kamu menemukan masalah pada kulkas, yang bisa bikin kulkasnya mengeluarkan bunyi mendengung, hal ini bisa kamu ketahui lebih awal, sehingga dapat segera bahkan langsung diperbaiki lebih cepat. Dengan begitu, kulkas nggak akan mengalami kerusakan yang lebih serius.


Baca Juga :

Sebenarnya, tips memperbaiki suara berisik pada kulkas 1 pintu, nggak sulit dan bisa kamu lakukan segera. Hanya saja, terkadang kamu perlu bantuan tukang servis saat ada masalah yang serius. Mungkin juga, sudah waktunya kamu beli kulkas yang baru, langsung deh lihat produknya di Blibli. Lagi ada promo peralatan elektronik, barangnya lengkap banget dan banyak diskonnya! Yuk, belanja.

Tag: