me

Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Sensitif, Catat Ya!

Dec 30, 2021.By Nadine
Bagikan

image source: www.instagram.com/sensatiabotanicals/

Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Sensitif —Salah satu produk penting yang nggak boleh kamu lewatin saat merawat kulit wajah adalah sunscreen. Apapun jenis kulitmu kamu harus menggunakan sunscreen setiap hari bahkan walaupun kamu cuma di rumah. Dengan pakai sunscreen ini kulitmu akan terlindungi dari UVA dan UVB yang menyebabkan beragam permasalahan kulit.

Akan tetapi, buat kamu yang tipe kulitnya sensitif nggak bisa sembarangan memilih sunscreen karena kalau sampai salah pilih bisa-bisa kulitmu iritasi. Jika kebetulan kulitmu adalah tipe sensitif dan sedang cari rekomendasi sunscreen baca rekomendasinya di bawah ini.

BACA JUGA: Moisturizer untuk Kulit Berminyak

———————————-

Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Sebelum membaca rekomendasi sunscreen buat kulit sensitif sebaiknya kamu juga harus tahu apa saja ciri-ciri kulit sensitif. Sambil membaca ciri-ciri kulit sensitif ini kamu bisa mengecek keadaan kulitmu apakah benar kulitmu termasuk tipe sensitif atau bukan.

Kulit Mudah Bereaksi

Kalau kamu merasa kulitmu sering bereaksi saat menggunakan produk sabun mandi, parfum, detergen, atau produk skincare maka kulitmu termasuk tipe sensitif. Kulit yang bereaksi ini sebenarnya adalah respons alami tubuh saat perang melawan zat tertentu yang dianggap berbahaya.

Ruam Kulit

Ciri selanjutnya adalah munculnya ruam merah, bintil, maupun luka melepuh di kulit. Untuk kulit normal, ruam merah biasanya muncul karena kondisi tertentu seperti cacar. Namun, kalau kamu pemilik kulit sensitif ruam ini bisa muncul karena paparan sinar matahari ataupun memakai produk kosmetik yang nggak cocok dengan kulitmu.

Gampang Berminyak atau Berjerawat

Produksi minyak yang meningkat di wajah membuat debu dan kotoran jadi mudah menempel di kulit. Nah, inilah yang jadi penyebab kulit sensitif jadi sering berjerawat. Untuk mengatasi hal ini pastinya kamu harus rajin membersihkan wajah karena kalau lalai pastinya jerawatmu bakal makin banyak.

Kulit Terasa Gatal

Kulit sensitif juga akan memberikan reaksi gatal kalau kamu salah menggunakan produk tertentu. Nah, biar kamu nggak bingung membedakan mana yang alergi terhadap produk atau alergi makanan kamu bisa langsung konsultasi ke dokter.

Kulit Terasa Perih

Selain gatal, perih di kulit juga sering dirasakan oleh pemilik kulit sensitif. Biasanya kulit akan terasa perih saat terkena paparan sinar matahari. Nah, buat mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan lidah buaya.

Kulit Mengelupas

Buat kamu yang kulitnya sensitif yang sering eksfoliasi atau kering parah, kulit mengelupas adalah salah satu kondisi yang sudah akrab denganmu. Untuk menghindari kulit mengelupas kamu bisa menggunakan pelembap dengan kandungan hyaluronic di dalam produk sunscreen tersebut.

Kandungan yang Baik untuk Kulit Sensitif

Tipe kulit yang rewel seperti kulit sensitif ini membuat pemiliknya harus berhati-hati saat memilih produk skincare. Nah, agar kulitmu nggak bermasalah saat memilih produk skincare pastikan skincare tersebut mengandung beberapa bahan di bawah ini.

Bakuchiol

Bakuchiol adalah kandungan bahan yang biasanya dipakai untuk krim wajah atau serum dimana fungsinya untuk meningkatkan produksi kolagen, mengurangi tanda penuaan, dan meratakan warna kulit. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan kalau kandungan bahan ini cocok untuk kulit sensitif.

Witch Hazel

Witch hazel ini didapatkan dari ekstrak Hamamelis Virginiana yang punya kandungan tanin. Bahan satu ini bisa membersihkan pori kulit dari minyak yang berlebih dan bakteri yang menyebabkan jerawat serta bisa menenangkan kulit. Bahkan di sebuah penelitian juga disebutkan kalau bahan satu ini bisa melembapkan kulit.

Squalane

Squalene ini juga bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin melembapkan kulit sensitifmu. Bahan satu ini nggak rentan menyebabkan iritasi kulit serta bisa melembapkan dan memperbaiki lapisan penghalang kulit.

Ceramide

Kamu juga bisa memilih pelembap yang mengandung ceramide. Ceramide sendiri memiliki beberapa manfaat untuk kulit seperti memperbaiki dan membuat fungsi penghalang kulit yaitu lapisan luar kulit yang fungsinya menahan kelembapan kulit.

Kandungan yang Harus Dihindari untuk Kulit Sensitif

Selain mengetahui kandungan bahan yang aman untuk kulit sensitif, kamu juga harus tahu kandungan bahan apa saja yang harus kamu hindari. Dengan mengetahui kandungan bahan yang harus dihindari ini kamu bisa mencegah kulitmu berulah lagi.

Retinol

Walaupun retinol adalah kandungan yang bisa mengurangi jerawat, meningkatkan produksi kolagen dan juga meratakan warna kulit. Namun kalau dipakai kulit sensitif bisa menyebabkan kemerahan dan mengelupas. Nah, sebagai penggantinya kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan bakuchiol.

Asam Salisilat

Masih seputar jerawat dan komedo, asam salisilat ini sebenarnya adalah kandungan yang cocok untuk melawan kedua masalah tersebut. Namun, buat kamu yang punya kulit sensitif nggak bisa menggunakan kandungan ini karena bisa menyebabkan kekeringan dan iritasi. Sebagai gantinya, kamu bisa pakai produk dengan kandungan witch hazel.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap yang mengandung asam lemak dan antioksidan dimana bisa melindungi kulit dan rambut. Namun, buat pemilik kulit sensitif jangan coba-coba menggunakannya karena bisa menyebabkan peradangan kulit. Untuk menggantikannya kamu bisa menggunakan minyak jojoba.

Asam Hialuronat

Walaupun di beberapa kasus asam hialuronat ini nggak memberikan efek langsung di kulit sensitif tapi ada juga yang bisa langsung bereaksi saat terkena kandungan ini. Nah, untuk produk penggantinya kamu bisa memilih produk dengan kandungan squalene.

Rekomendasi Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Sensitif

Dari pembahasan di atas sekarang kamu bisa lebih berhati-hati saat memilih produk skincare untuk kulitmu. Dan kalau kebetulan kamu sedang bingung memilih sunscreen kulit sensitif di bawah ini ada beberapa rekomendasinya buatmu.

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

Cetaphil UVA/UVB Defense Very High Sun Protection SPF 50/UVA 28 50ml

Cetaphil adalah brand yang dikenal ramah untuk kulit sensitif termasuk untuk sunscreen-nya. Sunscreen ini selain bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga berfungsi sebagai pelembap. Sunscreen ini sudah teruji secara dermatologi dan juga bersifat non-comedogenic jadi nggak akan menyumbat pori-porimu.

ElsheSkin Soothing Daily Protection

ElsheSkin Soothing Daily Protection

Sunscreen dari ElsheSkin satu ini memiliki kandungan SPF 30 Broad Spectrum dan Chamomilla Recutita Flower Extract. Fungsi utama produk ini adalah melindungi kulit sensitif dan juga bisa mencegah dampak buruk sinar UV, polutan, dan radikal bebas. Kandungan yang ada di dalamnya bisa mencegah munculnya ruam merah di kulitmu.

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion

Sunscreen dari brand local Sensatia Botanicals ini bisa memberikan perlindungan tinggi untuk kulitmu. Sunscreen ini cocok dipakai untuk semua jenis kulit dan memiliki label no animal testing, paraben free, phthalate free, pregnancy free, halal dan lainnya.

Skin Aqua UV Mild Milk

Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 Lotion

Dengan label Dry to Sensitive Skin, Skin Aqua UV Mild Milk ini cocok buat kamu yang kulitnya kering hingga sensitif berjerawat. Kamu pastinya cocok pakai produk ini karena mengandung SPF 25 yang memberikan perlindungan 25 kali lebih lama terhadap sinar UVB yang menyebabkan kulit kemerahan.

Sebagai produk yang berfungsi melindungi kulitmu dari UVA dan UVB pastinya kamu nggak boleh melewatkannya dalam rangkaian skincare mu. Biasanya sunscreen menjadi produk terakhir yang dipakai dalam rangkaian perawatan kulit dan harus dipakai ulang dalam kurun waktu beberapa jam.

———————————-

BACA JUGA: Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Itu dia rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit sensitif. Untuk menemukan berbagai macam produk sunscreen yang bagus dan original, kamu bisa cek di toko online Blibli. Jadi ada banyak sekali keuntungan yang Blibli Friends bisa dapatkan mulai dari diskon hingga gratis biaya pengiriman. Tunggu apalagi? Yuk cek Blibli sekarang juga!