me

Daftar Siaran TV Digital 2022

Apr 06, 2022.By
Bagikan

image source: mashtips.com

Siaran TV Digital- Transisi saluran TV analog ke digital ternyata semakin dekat. Nah, ada banyak orang yang udah mulai mempersiapkan diri untuk hal ini. Misalnya seperti membeli TV digital atau bahkan memilih untuk menggunakan set top box sebagai perangkat penunjangnya. Maka dari itu, nggak sedikit juga orang yang ingin mengetahui berbagai frekuensi TV digital yang nantinya tetap bisa ditemukan.

Apakah kamu termasuk orang yang penasaran dengan apa aja frekuensi TV digital nantinya? Nah, nggak usah bingung lagi. Kamu bisa mengetahui berbagai siaran TV digital yang nantinya bisa ditemukan dan dinikmati. Dengan begitu, berbagai acara TV favoritmu tetap bakal bisa dinikmati, atau bahkan ada semakin banyak saluran yang bakal memberi informasi sekaligus hiburan untukmu.

BACA JUGA: Apa Itu Analog Switch Off? Temukan Jawabannya, Yuk!


Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Dalam waktu dekat ini, penerapan siaran TV digital di Indonesia bakal diberlakukan. Nah, kabarnya, suara yang dihadirkan lebih jernih dan jelas, menyerupai kualitas pada Netflix, Youtube, dan sebagainya. tentunya hal ini lebih modern dari TV analog yang bergantung dengan frekuensi sinyal dari pemancar. Makin jauh posisi antenna dari lokasi pemancar, maka gambarnya semakin buruk.

Kalau melihat dari bagaimana gambaran TV digital dan analog, tentu keduanya jelas berbeda. maka dari itu, sebelum memilih, nggak ada salahnya kamu mengetahui apa aja yang menjadi perbedaan TV analog dan TV digital. Kalau udah, kamu pun bakal lebih mudah untuk mengenal dan mengetahuinya. Dengan begitu, pemilihan TV digital terbaik pun bisa dilakukan untuk merasakan kualitas memuaskannya.

1. Pemancar TV

Ternyata, TV analog bergantung dengan jarak stasiun pemancar televisi, lho! semakin jauh jarak stasiun pemancar televisi dari antena penangkap, maka sinyal yang ditangkap pun semakin lemah. Hal ini menjadikan gambar bersemut, berbayang, bahkan buram. Sementara itu, TV digital nggak bergantung dengan jauh atau dekatnya jarak dengan pemancar, sehingga bakal bisa memberi gambar bagus.

Samsung UA32T4003AKXXD LED TV (32 Inch) - Digital TV Seluruh Indonesia

Di pasaran udah ada Samsung UA32T4003AKXXD LED TV [32 Inch] – Digital TV Seluruh Indonesia yang bisa kamu temukan. Harganya Rp 2,4 jutaan. Ukuran layar TV ini adalah 32 inci, dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Ada juga dolby digital plus yang dihadirkan. Konektivitasnya adalah USB 1 buah dan HDMI 2 buah. Daya listrik yang dibutuhkan dalam pemakainnya hanya 48 Watt.

Kamu bisa menikmati kualitas gambarHD dengan TV ini. Lalu, warna yang dihadirkan juga tajam serta luas, sehingga akan memberikan sensasi menonton TV yang begitu menyenangkan. Dengan gambar jernih, kamu pun bisa merasakan kepuasan tersendiri dalam menikmati berbagai tayangan untuk pengalaman menyenangkan.

2. Sinyal

Kalau berbicara tentang sinyal, tentu ada perbedaan antara TV analog dan TV digital. TV analog menerima sinyal yang terbatas dari antena UHF dengan bentuk analog. Maka, hal ini pun membuatnya rentan mengalami distorsi, gangguan, serta noise. Sementara itu, TV digital bisa memproses sinyal digital maupun analog. Maka, hal ini jelas membuatnya lebih fleksibel dan bisa memberi kualitas terbaik.

Aqua Japan LED TV LE32AQT9200M (32 Inch / HD / Digital / USB movie / Miracast)

Kalau kamu ingin mencari pilihan TV digital, nggak usah bingung. Dengan harga Rp 1,9 jutaan kamu bisa mendapatkan Aqua Japan LED TV LE32AQT9200M [32 Inch / HD / Digital / USB movie / Miracast]. TV ini juga bisa digunakan untuk dihubungkan dengan smartphone, lho! ada juga USB movie yang bisa kamu nikmati dalam pemakaiannya.

Ukuran layarnya 32 inci, sehingga akan memberikan tampilan gambar melegakan. Resolusi yang dimiliki adalah HD ready dengan ukuran 1366 x 768 piksel. Kualitas gambarnya tajam dan jernih. Ada juga port USB yang bisa kamu gunakan untuk memutar video, musik, dan gambit melalui flashdisk. Kamu cukup mencolokkan flashdisk pada port USB.

3. Kualitas Gambar

TV analog mempunyai ukuran terbatas yang kualitas visualnya standar. Hal ini dikarenakan keterbatasan bandwith yang dimiliki. Maka, hal ini berdampak pada suara dan kualitas gambar yang nggak bisa ditingkatkan. Sementara itu, TV digital memberi kualitas gambar lebih jernih sebab mempunyai bandwith luas serta didukung format siaran 16:9 dengan kualitas gambar tinggi.

POLYTRON DIGITAL LED TV 24

Di pasaran kamu udah bisa menemukan POLYTRON DIGITAL LED TV 24″ PLD 24V0853 sebagai salah satu produknya. Gambar yang dihadirkan lebih jernih dan nggak berbayang. Ada juga DIPE engine yang bisa memberi ketajaman dan detail gambar sebenarnya. Kamu bisa memutar lagu, film, dan gambar dari USB flash drive juga.

4. Fitur

Kalau membahas tentang fitur, tentu hal ini bisa menjadi bagian menonjol sebagai perbedaan TV analog dan TV digital. TV analog nggak mempunyai fitur canggih apa pun. Sementara itu, TV digital ada layanan interaktif serta jadwal acara yang udah maupun akan ditayangkan. Hal ini bakal membantu kamu merasa lebih nyaman untuk menyaksikan tayangan TV yang disukai.

POLYTRON Cinemax Digital LED TV 32

Salah satu pilihan TV digital yang bisa kamu pilih adalah POLYTRON Cinemax Digital LED TV 32″ PLD 32TV1855. Kamu bisa memutar beraneka lagu, film, serta gambar langsung dari USB flash drive. Resolusi TV ini adalah 1366 x 768 dengan kualitas HD ready. Ada juga tower speaker yang dihadirkan untuk kepuasan audio saat kamu menyaksikan tayangan apa pun.

5. Pemakaian

TV analog memang identik dengan bentuk yang bongsor atau umumnya dikenal sebagai TV tabung. Meskipun begitu, ternyata TV analog nggak melulu TV tabung, lho! Pasalnya, ada banyak TV layar datar (LED/LCD) yang hanya bisa menangkap siaran analog. TV analog bakal membutuhkan bantuan STB supaya bisa menangkap siaran digital.

Nah, smart TV bisa menjadi kelompok TV digital, dengan catatan memiliki pilihan DTV waktu aka mencari saluran TV. Ciri utama TV digital yang ada di Indonesia ialah mempunyai sistem pemancar DVB-T/T2.

Coocaa LED Digital TV 24 Inch 24CTD2000 USB Movie HDMI DVB-T2

Keberadaan TV digital bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Kini ada Coocaa LED Digital TV 24 Inch 24CTD2000 USB Movie HDMI DVB-T2. TV ini ditawarkan dengan harga Rp 1,5 jutaan, dimana, daya yang dibutuhkan oleh Cooca LED Digital TV ini hanya sekitar 40 Watt, aja, nih  Ada juga dolby audio yang dihadirkan sehingga efek suara TV ini memuaskan. Ada juga resolusi HD ready 1366 x 768 pada TV 24 inci ini untuk memanjakanmu.


BACA JUGA: 7 Rekomendasi TV yang Sudah Digital

Blibli Friends, itu dia beberapa perbedaan TV analog dan TV digital. Kamu bisa banget beli TV digital dengan mudah melalui toko online Blibli. Di sini banyak pilihan promo seperti diskon, bebas ongkos kirim, dan cashback yang bisa kamu dapatkan.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan pilihan fitur pengiriman instan, lho. Kamu bisa juga belanja dari mana pun dan kapan pun. Jadi, banyak keuntungan bisa kamu dapat dalam satu waktu.

Tag: