Memancing merupakan salah satu aktivitas liburan yang cukup populer. Entah mengunjungi lokasi pemancingan, pantai terdekat, atau bahkan pergi ke luar pulau untuk mencari danau yang masih asri, para pemancing rela menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk hobi satu ini.

Apa sih yang membuat kegiatan memancing begitu disenangi? Yuk kita cari tahu! Mungkin setelah membaca artikel ini, kamu juga perlu mencoba memancing!

1. Mendekatkan Diri dengan Alam

mendekatkan-diri-dengan-alam

Hal ini 100% berlaku bagi pemancing yang rela pergi jauh-jauh ke laut ataupun sungai yang jarang dijamah manusia. Alasan mereka harus pergi ke tempat yang terpencil adalah untuk menemukan ikan-ikan yang besar dan terkenal ganas.

Biasanya pemancing model ini tidak memanfaatkan berbagai perlengkapan canggih. Mereka hanya mengandalkan keahlian, daya tahan fisik, dan semangat saja untuk menaklukkan target mereka.

Selain itu, mereka juga tidak akan membawa pulang ikan yang mereka tangkap. Umumnya mereka akan bersikap sportif dan mengembalikan ikan tersebut ke habitatnya.

Sebagai ganti segala usaha dan kegigihan yang dikeluarkan, rasa kebanggaan bila dapat menangkap ikan besar secara ‘adil’ juga amat berkesan.

2. Menaruh makanan di atas piring, sepenuhnya dengan usaha sendiri

makan-dengan-usaha-sendiri

Sekarang ini kita sudah biasa membayar untuk makanan sehari-hari. Namun, ada beberapa orang yang ingin merasakan bagaimana letihnya mencari makanan sendiri. Lebih memuaskan mana? Makan hasil tangkapan sendiri atau membeli di pasar?

Untuk merasakah hal tersebut secara lengkap, mereka tidak hanya memancing sendiri, tetapi juga memproses ikan tangkapan sendirian. Mulai dari membersihkan sisik, mengawetkan daging, hingga memasaknya.

Hasilnya, pemancing jenis ini dapat menghargai makanan secara utuh. Mereka tidak akan membiarkan sisa makanan menodai piring mereka. Mereka juga tidak akan segan-segan memberikan pujian pada koki bila hidangannya memuaskan.

3. Pelarian sempurna dari kesibukan modern

pelarian-dari-kesibukan

Alasan ketiga kenapa memancing itu bisa jadi aktivitas weekend yang adiktif adalah sensasi relaksasinya. Ini adalah aktivitas untuk kamu yang sudah lelah dengan segala kesibukan modern.

Terkadang, untuk bisa melepaskan penat, kamu harus sepenuhnya meninggalkan teknologi. Tidak ada lagi kemacetan, dering telepon genggam, ataupun sinar layar yang membuat mata letih. Hanya ada dirimu, alat pancing, dan danau penuh ikan.

Sama seperti leluhurmu yang mencari ikan untuk dapat makan, sekarang kamu juga melakukan hal yang sama. Kamu bisa menikmati kegiatan memancing secara penuh, memperhatikan pergerakan ikan di bawah permukaan sungai dan melambungkan umpan sesuai dengan pergerakan targetmu. Ini dia pelarian yang sempurna dari kesibukan modern.


BACA JUGA Ternyata Manfaat Sepeda Bukan Hanya Untuk Kesehatan!


4. Membuktikan nilai-nilai tangguh pemancing sejati

membuktikan-nilai-tangguh

Meskipun dapat terkesan mudah, sesungguhnya memancing itu memerlukan berbagai keahlian dan nilai-nilai.

Tidak hanya sekadar melempar umpan dan menunggu keberuntungan, seorang pemancing sejati harus bisa mengawasi lokasi dan kebiasaan satwa air. Dengan pengetahuan dan observasi, barulah ia menentukan tempat menaruh umpan.

Meskipun demikian, hasil juga tidak akan langsung didapat. Harus ada kesabaran dalam menunggu ikan yang tepat dan keahlian untuk mendapatkan ikan tanpa harus merusak peralatan pancing.

Terkadang memancing itu tidak hanya soal mendapatkan ikan, namun juga soal proses pembelajaran menjadi seorang pemancing sejati.

5. Kompetisi antar sahabat

kompetisi-antar-sahabat

Apapun yang kamu lakukan, pasti akan lebih seru bila dijalankan bersama teman dan sahabat. Hal ini hampir berlaku untuk semua aktivitas weekend, termasuk memancing.

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan ketika sekelompok sahabat memancing. Mereka bisa saling berkompetisi. Siapa yang menangkap paling banyak ikan? Siapa yang menangkap ikan paling besar?

Sebaliknya, mereka juga bisa saling bahu membahu dan mencari sebanyak-banyaknya ikan untuk dibakar ramai-ramai nantinya. Apapun acaranya, kegiatan memancing yang sudah penuh dengan sensasi ini jadi lebih menarik lagi karena dijalankan bersama-sama.

 

Ternyata, ada banyak hal menarik yang membuat orang-orang jadi ketagihan dan menggeluti aktivitas satu ini dengan sungguh-sungguh. Bagaimana denganmu? Apa kamu juga ingin mencoba aktivitas trending satu ini?

Kamu bisa memulai pengalamanmu dengan mulai membeli berbagai perlengkapan memancing di Blibli.com. Dengan harga terjangkau, kamu sudah mendapatkan alat pancing portable dengan umpannya. Cocok untuk jadi rekan pertamamu dalam memancing!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY