Coba ambil waktu sedikit dan pikirkan manfaat memiliki sebuah sepeda. Mungkin yang terpikirkan hanya dua, yaitu sarana transportasi dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tapi, kalau ditinjau lebih dalam, kita bisa menemukan banyak lagi manfaat jika memiliki sepeda! Tahukah kamu, kalau sebenarnya memiliki sepeda juga mendatangkan 10 manfaat ini?

Apa saja? Yuk, lihat!

 1. Macet? Siapa takut?macet

Via The Positive Edge

Kamu nggak akan lagi keki karena terjebak macet. Nggak ada lagi keki sama pengendara sontoloyo yang membuat mood kamu naik turun.

Kamu bakalan melewati jalan yang dilewati kendaraan, tapi minus kena macet. Karena kamu lebih jago nyelip dari motor. Seru, kan?

2. Keliatan lebih sportysporty

Via treehugger

Kalaupun kamu nggak menggunakan sepeda buat pergi kerja lantaran jaraknya yang memungkinkan, sepeda bisa jadi pajangan yang asik di rumah.

Orang yang datang ke rumah kamu akan berpikir kalau kamu itu sporty dan peduli dengan kesehatan. Nilai plus terutama bila kamu mengundang gebetanmu.

Kuncinya, jangan sampai keliatan berdebu, ya. Nanti ketahuan dong kalau jarang disentuh?

3. Kebal peraturan lalu lintas!peraturan

Via coveringkaty

Kalau ini kayaknya bakal jadi poin favoritmu. Di kota-kota besar Indonesia, banyak sekali peraturan dan lampu lalu lintas yang perlu ditaati. Namun jarang banget pengguna sepeda menjadi ‘korban’.

Mungkin ini bisa jadi satu kelebihan kalau kamu bersepeda di kota yang nggak buat peraturan yang melindungi hak pengendara sepeda.

Di satu sisi, pengendara sepeda nggak punya jaminan keselamatan yang pasti. Tapi, pesepeda punya kekebalan akan banyak peraturan lalu lintas.

On a serious note, tentu sebagai pengguna jalan kita juga perlu menaati peraturan. Jangan karena diberi kelonggaran, bisa bertindak semena-mena. Jangan sampai hak dan keselamatan orang lain dikorbankan, ya!

4. Hemat, hemat, dan hemathemat

Via Shutter Stock

Tentunya ini hal paling menyenangkan buat kamu yang mengganti ongkos berkendara buat disalurkan ke hal yang lain. Dengan pakai sepeda ke kantor, kamu bukan hanya sehat secara jasmani, tapi juga sehat secara finansial.

Satu-satunya kendaraan yang menguruskan perut dan menjaga dompet tetap gemuk.

Kamu juga nggak perlu bayar parkir yang sekarang tarifnya makin gila-gilaan per jam nya. Kini, kamu mulai bisa memikirkan benda-benda kesayangan yang belum sempat dibeli. Mungkin sepeda satu lagi?

5. Tubuh kencang bukan lagi impiankencang

Via Playbuzz

Sehat biasanya memang identik dengan badan yang menawan. Ini adalah sebuah fakta yang nggak perlu dibantah lagi. Dengan olahraga barumu itu yang rutin, badan kencang anti-kendor nggak akan jadi mitos dan impianmu lagi.

Bentuk badanmu akan sesuai dengan ekspektasimu. Kamu nggak perlu lagi malu dengan pakaian yang kamu pakai karena segalanya tampak sempurna di badanmu!

6. Nggak lagi khawatir makan enakmakan-enak

Via Pinterest

Olahraga setiap pagi membuatmu nggak cemas dengan menu makan siang. Junk food? Boleh. Seafood? Ayo aja. Buffet? Ide bagus! Pilihan makananmu lebih bervariasi karena semuanya akan terbakar saat kamu bersepeda di esok harinya. Menarik juga, kan?

Bahkan, bersepeda kadang bisa membuat pola makanmu lebih baik. Kamu jadi lebih selektif memilih makanan yang kamu konsumsi karena mulai merasa tubuh adalah sesuatu yang pantas dijaga dan dihargai. Alhasil, kamu akan mengurangi makanan-makanan tinggi kalori dan hanya makan di saat-saat tertentu.


BACA JUGA Mengenal 4 Jenis Olahraga Sepeda


7. Membuatmu lebih menghargai mobil dan motormobil

Via  Family Deal Blog

Setelah berlelah-lelah setiap hari naik sepeda dan terkena polusi yang berlebihan (ini memang poin yang kurang enak dibayangkan), kamu jadi lebih sayang sama kendaraan bermotormu karena tahu betapa menyenangkan bisa memiliki mereka. Tapi hati-hati saja, kalau sudah ketagihan dengan sepeda pasti sulit berpindah hati.

8. Parkir yang fleksibel

parkir

Via I Stock Photo

Kalau sudah hampir terlambat, rasanya ada saja hal yang sengaja menghambat laju kita. Lampu lalu lintas. Kendaraan lain. Dan tempat parkir. Ini dia yang membuat bete di pagi hari. Kalau telat sedikit, biasanya tempat parkir sudah penuh.

Ketika kamu bingung dan konsentrasimu buyar, ingatlah bahwa parkir sepeda itu fleksibel. Ada tempat khususnya sendiri! Nggak perlu nyempil bersama motor dan mobil.

Bila kamu membawa rantai sepeda, lebih enak lagi! Cari saja tiang, pagar, atau sejenisnya. Kalau benar-benar nggak ada tempat, bawa ke kelas atau kantor dan lipat di bawah meja.

9. Hawa positif selalu berada di sekitarmupositif

Via Pure Thoughts

Berbagai studi mengatakan olahraga membuat orang menjadi lebih senang. Selain karena hormon endorfin, bersepeda bisa membuat senang karena kita merasa tubuh segar dan tahu bahwa tubuh kita dalam kondisi paling prima.

Hal ini juga memengaruhi suasana hatimu, loh. Keringat dan pegal-pegal yang kamu rasakan setiap sampai di lokasi menandakan bahwa sudah beratus-ratus kalori yang terbakar. Achievement!

10. Menetralisir bahaya duduk terlalu lamaduduk

Via ABC News

Orang zaman sekarang terbiasa untuk bekerja di tempat duduk. Lalu, kapan memiliki waktu untuk tubuhmu merasa relaks? Akhir pekan? Itu pun kalau nggak ada agenda nongkrong bersama teman atau jalan sama pacar.

Gym bisa jadi tempat olahraga yang pas buat orang kota. Tapi, nggak semua orang kuat meluangkan waktunya yang sudah terkuras habis di jalan raya untuk berolahraga setelah lelah beraktivitas.

Makanya, bersepeda pulang-pergi ke kantor adalah aktivitas yang tepat untuk membuat tubuh kita relaks tanpa perlu mengurangi waktu istirahatmu di rumah.

Ternyata, banyak ya keuntungan yang bisa didapat dari memiliki sepeda? Kalau sekarang kamu sudah punya niat untuk bersepeda, jangan sampai niat itu hilang karena kamu belum punya sepeda yang keren buat dibawa pergi bertualang di kota.

brompton-bike

Kalau kamu adalah manusia urban dengan mobilitas tinggi, sepeda lipat Brompton mungkin cocok dipilih. Kenapa? Brompton adalah salah satu merek sepeda yang punya fitur ringan, aman, dan mudah dilipat sehingga bisa mengurangi risiko pencurian sepeda. Pas banget buat kamu warga urban yang punya prinsip bersepeda ke kantor.

Brompton kini hadir di Blibli.com jadi kamu gak perlu lagi ribet kalau mau tau nyari di mana. Manfaatkan fasilitas yang dimiliki Blibli.com mulai dari cicilan 0%, beragam cara pembayaran, gratis pengiriman, hingga kualitasnya yang terjamin.

Yakin masih belum tertarik naik sepeda?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY